Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Waspadai Efek Kurang Tidur Bagi Kecantikan

Myles Bannister

Efek jangka panjang dari kurang tidur dapat berdampak negatif pada kecantikan. Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Kondisi kulit yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah yang juga mempengaruhi penampilan.

Berikut adalah 5 akibat kurang tidur yang dapat mengganggu penampilan:

1. Jerawat dan Infeksi Lainnya

Kurang tidur dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Selain meningkatkan tingkat stres yang dapat memicu jerawat, kurang tidur juga melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Selain jerawat, perlu waspada terhadap komedo dan beruntusan.

2. Dark Circle dan Kantung Mata

Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya dark circle dan kantung mata. Proses peremajaan kulit terganggu ketika tidur tidak mencukupi. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya dark circle dan kantung mata.

3. Penuaan Dini

Kurang tidur dapat menyebabkan penuaan dini, seperti garis halus dan kulit kendur. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berhubungan dengan gejala penuaan. Kurang tidur juga mempengaruhi proses peremajaan dan regenerasi kulit.

4. Kulit Kusam

Kurang tidur dapat membuat kulit menjadi kusam. Sistem kekebalan tubuh yang melemah mengganggu kerja kulit. Kehilangan hyaluronic acid dalam kulit menyebabkan kulit menjadi gelap, kusam, kering, dan sensitif.

5. Kenaikan Berat Badan

Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kebiasaan tidur yang tidak teratur dan hormon yang tidak stabil dapat meningkatkan nafsu makan dan mempengaruhi metabolisme tubuh.

Masalah-masalah kulit yang disebabkan oleh kurang tidur ini tidak dapat diatasi hanya dengan produk perawatan kulit atau diet. Perbaiki pola tidur Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pola tidur antara lain:

  • Jangan menggunakan gadget sebelum tidur
  • Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari
  • Hindari konsumsi kafein pada siang hingga malam hari
  • Olahraga secara rutin
  • Menciptakan suasana nyaman di kamar
  • Jangan makan atau minum sebelum tidur

Masalah-masalah kecantikan akibat kurang tidur ini dapat diatasi dengan perbaikan pola tidur dan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat.

Sumber:

  1. CARDELLINO, CARLY. 2015. 8 Ways Too Little Sleep Can Mess With Your Face. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a42908/ways-sleep-can-mess-with-your-face/. (Diakses 20 Oktober 2019).
  2. Pure Fiji. 2018. 7 Ways Lack of Beauty Sleep Affects Your Skin. https://www.purefiji.com/blog/lack-sleep-skin-beauty/. (Diakses 20 Oktober 2019).
  3. WebMD. 2019. 10 Tips to Beat Insomnia. https://www.webmd.com/women/guide/insomnia-tips. (Diakses 20 Oktober 2019).

About The Author

Disforia Gender: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Bahaya Overthinking yang Harus Diwaspadai agar Tetap Bahagia