Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Badan Sering Lemas Usai Bercinta, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Rasa lemas setelah berhubungan intim adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Namun, lemas usai bercinta yang sering bisa saja disebabkan oleh faktor tertentu. Lebih lanjut ketahui penyebabnya di bawah ini!

Penyebab dan Perbedaan Respons Setiap Orang setelah Berhubungan Intim

Tidak hanya mampu membangkitkan gairah, aktivitas seksual dapat memberikan rasa menyenangkan secara fisik maupun batin. Tentunya, aktivitas ini akan menguras energi sehingga beberapa pasangan merasakan lemas seperti habis melakukan aktivitas seharian.

Menurut Dave Zinczenko, penulis buku Men, Love and Sex: The Complete User Guide For Women, penyebab lemas setelah berhubungan biasanya lebih banyak menimpa kaum pria dibanding wanita. Menurutnya, pria akan tidur lebih cepat ketimbang wanita usai bercinta.

Akan tetapi, wanita juga kadang-kadang merasa mengantuk setelah berhubungan seks, namun terasa lebih lemas pada pria. Dave mengungkapkan, ada beberapa alasan penyebab lemas setelah bercinta.

Pertama, aktivitas bercinta menuntut seseorang menggerakan tubuhnya pada gerakan yang sama secara berulang-ulang untuk waktu yang lama. Meski aktivitas seksual ini terjadi di tempat tidur, namun aktivitas ini lebih sering dilakukan di malam hari, sehingga wajar jika berhubungan setelahnya seseorang merasa lebih mengantuk.

Kedua, penelitian yang menggunakan positron emission tomography (PET) scan menunjukkan bahwa agar seseorang mencapai orgasme, perlu melepaskan “semua rasa takut dan kecemasan.” Alasan ini menjelaskan penyebab lemas setelah berhubungan.

Selain itu, orgasme juga memproduksi biokimia tertentu yang memengaruhi kondisi otak seperti norepinefrin, serotonin, oksitosin, vasopressin, nitrat oksida (NO), dan hormon prolaktin. Pria yang kekurangan hormon prolaktin memiliki waktu pemulihan tenaga yang lebih cepat.

Tingkat prolaktin secara alami lebih tinggi terjadi selama tidur. Hal ini menunjukkan hubungan yang kuat antara prolaktin dan waktu tidur, sehingga kemungkinan pelepasan hormon selama orgasme menyebabkan pria merasa mengantuk.

Selain prolaktin, oksitosin dan vasopressin – dua bahan kimia lain yang dilepaskan selama orgasme, juga dikaitkan dengan tidur. Oksitosin juga mengurangi tingkat stres yang dapat memberikan relaksasi dan kantuk.

Saat tubuh memproduksi kedua bahan kimia tersebut, hal lain yang menyertainya adalah melatonin, hormon utama yang mengatur jam tubuh. Pada akhirnya, penyebab lelah usai bercinta disebabkan oleh banyak faktor, namun hingga kini belum ada penyebab pasti yang bisa menjelaskan fenomena tersebut.

Penyebab Lain Lemas setelah Berhubungan Intim

Selain penyebab lemas setelah berhubungan seperti yang dijelaskan di atas, terdapat beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan hal ini, di antaranya:

1. Mengonsumsi Alkohol

Jika Anda menghabiskan beberapa hari terakhir dengan mabuk karena minuman alkohol, hal itu bisa memengaruhi gairah seksual Anda.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya apa penyebab lemas setelah berhubungan, sepertinya kebiasaan meminum alkohol berkaitan dengan hal tersebut.

2. Berhubungan Larut Malam

Meskipun aktivitas seksual di malam hari adalah kunci istirahat yang baik, namun jika berhubungan seks dilakukan larut malam, Anda akan terbangun esok paginya dengan perasaan lemas.

Menariknya, seks di pagi hari tidak terlalu melelahkan karena tubuh sudah tidur nyenyak selama beberapa jam sebelumnya. Tubuh manusia dan otak membutuhkan minimal 8 jam tidur nyenyak untuk bangun dengan santai dan segar.

Melakukan hubungan seksual di larut malam membuat energi Anda terkuras habis dan membuat kualitas tidur yang kurang baik. Hasilnya, Anda merasa lemas dan menjalani aktivitas sehari-hari kurang bersemangat. Badan lemas ini akan semakin parah apabila sebelumnya Anda mengonsumsi alkohol hingga mabuk.

3. Anemia

Penyebab lemas setelah berhubungan berikutnya adalah karena seseorang menderita anemia. Kekurangan zat besi pada pria adalah kondisi yang sangat langka karena lebih umum terjadi pada wanita.

Jika Anda mengalami kehilangan darah karena alasan tertentu, hal ini secara tidak langsung memengaruhi nafsu seksual Anda. Untuk mengatasi badan lemas usai berhubungan, Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk menjaga asupan zat besi tetap stabil. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan energi dan libido Anda.

4. Stres

Meski terdengar aneh, namun beberapa orang bisa mengalami stres saat melakukan hubungan seksual. Stres bisa membuat kondisi fisik dan psikologis seseorang terganggu. Hal ini pada gilirannya akan menjadi penyebab lemas setelah berhubungan dan memengaruhi gairah seksual Anda.

Cobalah mendengarkan musik yang menenangkan, temukan beberapa aktivitas rekreasi untuk menghindari jadwal sibuk Anda, atau lakukan joging rutin satu atau dua kali dalam sehari untuk menghilangkan stres.

5. Seberapa Sering Anda Berhubungan

Meski aktivitas seksual adalah sesuatu yang menyenangkan, Anda perlu mengatur seberapa sering melakukan hubungan seksual, karena hal ini juga bisa menjadi penyebab kelelahan. Namun angka pasti berapa banyak frekuensi bercinta untuk masing-masing orang berbeda.

Sementara itu, jika kondisi tubuh Anda tidak dalam kondisi fit atau usai melakukan aktivitas yang cukup berat, hal ini juga bisa menurunkan daya tahan tubuh dan menimbulkan keluhan seperti meriang.

Cara Mengatasi Rasa Lelah setelah Berhubungan Badan

Rasa lelah setelah berhubungan intim bisa diatasi dengan beberapa cara bergantung penyebabnya. Berikut ini beberapa tips untuk membantu mengatasi rasa lelah setelah berhubungan seks, antara lain:

  • Istirahat. Sempatkan waktu untuk istirahat dan bersantai setelah berhubungan intim. Perhatikan tubuh Anda dan biarkan tubuh beristirahat selama yang dibutuhkan.
  • Hidrasi. Minumlah banyak air setelah berhubungan intim untuk membantu merehidrasi tubuh dan mengisi kembali cairan yang hilang selama aktivitas seksual.
  • Konsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan bergizi setelah berhubungan seks dapat membantu meningkatkan energi dan memberikan nutrisi penting untuk pemulihan.
  • Olahraga. Melakukan aktivitas fisik secara teratur bisa membantu meningkatkan stamina dan energi secara keseluruhan, yang juga membantu melawan kelelahan usai bercinta.
  • Tidur yang cukup. Pastikan Anda cukup tidur setiap malam untuk melawan rasa lelah secara umum.
  • Mengontrol stres. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan perasaan lelah. Temukan cara untuk mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari yang membantu meningkatkan energi secara keseluruhan.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi lemas setelah berhubungan intim yang perlu Anda ketahui. Meski begitu, perlu juga diketahui bahwa hubungan seksual adalah aktivitas yang menguras energi karena membakar beberapa ratus kalori tergantung pada durasinya.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengalami kelelahan dan membutuhkan waktu untuk istirahat terlebih dahulu. Jika Anda merasa lemas setelah berhubungan dan kondisi ini berlanjut hingga beberapa hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi

  1. Lohit. 2018. What causes weakness after sex in Men?. https://drlohit.com/what-causes-weakness-after-sex-in-men/ (Diakses pada 2 Oktober 2023)
  2. Nale, Amit. 2023. A Few Tips To Overcome Tiredness After Sex. https://www.practo.com/healthfeed/a-few-tips-to-overcome-tiredness-after-sex-48174/post (Diakses pada 2 Oktober 2023)
  3. Wenner, Melinda. 2022. Why do guys get sleepy after sex?. https://www.livescience.com/32445-why-do-guys-get-sleepy-after-sex.html (Diakses pada 2 Oktober 2023)

About The Author

Cedera Meniskus

Makanan Memek Aceh: Makna dan Cara Membuatnya