Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Kesalahan Latihan Kardio yang Bikin Susah Kurus

Myles Bannister

Apakah Anda merasa seperti itu? Mungkin Anda melakukan kesalahan yang membuat latihan kardio Anda kurang efektif. Sebelumnya, ketahui tentang latihan kardio berikut ini.

Latihan Kardio

Latihan kardio mungkin terdengar akrab, tapi apakah Anda sudah cukup memahaminya? Pada dasarnya, kardio adalah latihan untuk meningkatkan detak jantung. Otot-otot jantung harus bekerja terus menerus untuk menjadi lebih kuat. Semakin kuat otot jantung, pembuluh darah akan mengalirkan lebih banyak oksigen ke sel-sel otot.

Sel-sel dalam tubuh juga mampu membakar lebih banyak lemak saat melakukan olahraga kardio. Ini adalah alasan mengapa latihan kardio dikaitkan dengan penurunan berat badan. Selain manfaat tersebut, latihan kardio juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti meningkatkan kekuatan tulang, menghilangkan stres, memperkuat paru-paru dan jantung, serta meningkatkan kualitas tidur.

Beberapa olahraga kardio yang sering dilakukan antara lain berlari, berenang, power walking, bersepeda, aerobik, treadmill, dan lain-lain.

Kesalahan Latihan Kardio

Jika Anda sudah melakukan latihan kardio secara rutin namun belum mendapatkan hasil, berikut adalah 5 kesalahan kardio yang harus dihindari!

1. Asupan Kalori Tidak Seimbang

Prinsip dari latihan kardio adalah membakar lemak di tubuh. Namun, perhatikan juga asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda. Jika kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang dibakar, Anda tidak akan mengalami penurunan berat badan.

Selain itu, beberapa orang memilih untuk berlatih kardio dengan perut kosong. Hal ini tidak tepat. Saat berlatih, tubuh membutuhkan energi untuk menjalankan latihan secara efektif. Perhatikan asupan kalori Anda agar tidak berlebihan namun tetap cukup untuk dibakar sebagai energi. Konsumsi makanan tinggi protein sangat dianjurkan.

2. Fokus pada Latihan Kardio Saja

Kesalahan lainnya adalah terlalu fokus pada latihan kardio dan mengabaikan latihan angkat beban. Latihan kardio dan angkat beban harus dilakukan secara bersamaan untuk mencapai berat badan ideal dengan lebih cepat dan efektif.

Latihan angkat beban tidak hanya membantu mengencangkan otot tubuh, tetapi juga meningkatkan metabolisme dan kemampuan tubuh membakar lemak.

3. Berlatih Lebih Lama dengan Intensitas Rendah

Kesalahan lainnya adalah berpikir bahwa semakin lama Anda berlatih, semakin baik hasilnya. Namun, berlatih lebih lama cenderung mengurangi intensitas latihan kardio. Mungkin Anda berpikir bahwa berjalan dengan kecepatan rendah selama waktu yang lebih lama lebih baik daripada berjalan dengan kecepatan tinggi dalam waktu yang lebih singkat.

Faktanya, latihan kardio untuk membakar lemak lebih efektif jika dilakukan dengan intensitas yang tinggi. Waktu yang lebih singkat akan lebih bermanfaat jika Anda berlatih dengan intensitas tinggi. Namun, disarankan untuk memadukan latihan dengan intensitas tinggi dan intensitas rendah untuk menghindari overtraining.

4. Terlalu Keras Latihan Kardio

Latihan kardio yang terlalu keras juga dapat menghambat penurunan berat badan. Melakukan latihan kardio dengan cara yang salah dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan penumpukan lemak terutama di bagian perut.

5. Salah Memadukan Latihan Kardio dan Kekuatan

Latihan kardio dan kekuatan harus dilakukan bersamaan untuk menurunkan berat badan secara efektif. Namun, masih banyak pendapat yang berbeda tentang cara yang baik untuk memadukan kedua latihan ini.

Tidak ada salahnya memadukan keduanya dalam satu sesi latihan, tetapi perhatikan kapasitas tubuh Anda. Jika sudah melakukan latihan kardio dengan intensitas tinggi, Anda mungkin tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan angkat beban.

Jadi, apakah Anda sering melakukan salah satu dari 5 kesalahan tersebut? Mulailah memperbaiki pola latihan kardio Anda untuk hasil yang lebih maksimal.

Sumber:

  1. COSGROVE, RACHEL. 2012. The 4 Most Common Cardio Mistakes—and How to Fix Them. https://www.womenshealthmag.com/fitness/a19932843/the-4-most-common-cardio-mistakes-and-how-to-fix-them/. (Diakses 14 Oktober 2019).
  2. Penner, Hayler. 2012. Top five cardio mistakes. https://www.chatelaine.com/health/fitness/top-five-cardio-mistakes/. (Diakses 14 Oktober 2019).

About The Author

Waspada Penis yang Selalu Sakit Saat Ereksi

Nipe Drop – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping