Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Bahaya Air Garam untuk Kulit Wajah Sensitif!

Myles Bannister

Bahaya air garam untuk kulit wajah ini biasanya dirasakan oleh pemilik kulit sensitif. Kulit sensitif tidak cocok dengan semua jenis perawatan dan membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, berhati-hatilah dalam memilih perawatan kulit wajah, meskipun yang berbahan alami.

Bahaya Air Garam untuk Kulit Sensitif

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, namun tidak semua jenis kulit dapat merasakan manfaat dari air garam. Berikut adalah 5 bahaya air garam untuk kulit sensitif yang harus Anda ketahui!

1. Membuat Kulit Kering dan Kusam

Bahaya air garam yang pertama adalah dapat membuat kulit Anda kering. Efek ini tidak hanya terjadi ketika menggunakan air garam langsung untuk membasuh wajah, tetapi juga saat berenang di laut.

Air garam yang menempel di kulit tidak mudah hilang ketika dibilas. Jadi efek kulit kering akibat air garam mungkin akan bertahan lama di wajah. Kulit kering dapat membuat kulit kasar, kusam, dan semakin sensitif.

2. Jerawat dan Bruntusan

Bahaya air garam untuk kulit sensitif selanjutnya adalah timbulnya jerawat dan bruntusan. Meskipun air garam dapat menghilangkan jerawat, tetapi pada kulit sensitif justru terjadi hal sebaliknya. Hal ini mungkin terjadi karena garam sulit dibersihkan dari wajah.

Sisa air garam yang menempel di kulit sensitif dapat menyumbat pori-pori, yang pada akhirnya menyebabkan jerawat dan bruntusan.

3. Kulit Gatal dan Terasa Panas

Bahaya air garam untuk kulit wajah selanjutnya adalah timbulnya rasa gatal dan panas pada wajah. Banyak orang meremehkan gejala ini dan berpikir bahwa itu adalah efek penggunaan air garam pada wajah. Jangan meremehkan gejala seperti ini karena gatal yang sangat mengganggu dapat membuat Anda tidak sengaja menggaruk wajah dan menyebabkan luka.

4. Kulit Iritasi

Rasa gatal dan panas pada kulit wajah dapat menyebabkan iritasi. Kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa nyeri dan perih pada kulit wajah. Jika gejalanya semakin parah, iritasi pada kulit wajah dapat menyebabkan pembengkakan. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini sangat tidak nyaman karena wajah terasa sakit.

5. Infeksi Mata

Selain menyebabkan masalah pada wajah, bahaya air garam pada kulit sensitif juga dapat menyebabkan iritasi mata. Gejala iritasi mata termasuk mata gatal, perih, dan berair.

Tips Menggunakan Air Garam

Orang yang mengetahui memiliki kulit sensitif seharusnya menghindari penggunaan air garam untuk perawatan kulit. Namun, tidak berarti orang dengan kulit normal dapat lengah dan tidak berhati-hati terhadap air garam. Tingkat sensitivitas kulit setiap orang berbeda-beda dan kondisi kulit dapat berubah sewaktu-waktu.

Jadi tetap berhati-hatilah saat menggunakan air garam untuk perawatan kulit. Coba terlebih dahulu pada area kulit lain untuk memeriksa reaksi. Jika terasa gatal, artinya Anda tidak cocok dengan perawatan ini.

Jangan sembarangan menggunakan garam untuk membuat larutan garam yang digunakan untuk perawatan kulit. Garam laut atau sea salt adalah yang terbaik untuk perawatan kulit wajah, bukan garam dapur atau garam meja. Jika menggunakan air garam untuk berendam, sebaiknya jangan terlalu lama agar kulit tidak menjadi kering.

Konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum menggunakan air garam agar Anda tahu apakah perawatan ini cocok untuk Anda. Juga, jika timbul gejala yang tidak diinginkan setelah menggunakan air garam, segera konsultasikan ke dokter.

Konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum menggunakan air garam agar Anda tahu apakah perawatan ini cocok untuk Anda. Juga, jika timbul gejala yang tidak diinginkan setelah menggunakan air garam, segera konsultasikan ke dokter.

About The Author

Manfaat Rebung bagi Kesehatan Tubuh

15 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami (No. 2 Paling Mudah)