Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Diminum?

Myles Bannister

Apakah minyak kayu putih bisa diminum?

Minyak kayu putih bisa diminum, tetapi perlu diperhatikan bahwa ada efek samping yang bisa dihindari dengan sedikit meminumnya. Minyak kayu putih yang boleh diminum adalah yang masih murni. Jika tidak mengikutinya, ada risiko seperti keringat berlebihan atau peningkatan denyut jantung.

Pakar kesehatan menyebut minyak kayu putih sebagai hidrokarbon karena mengandung zat minyak di dalamnya.

Jika minyak kayu putih tertelan dalam jumlah banyak, berisiko mengalami keracunan dengan efek-efek berikut:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Kepala pusing
  • Gangguan pernapasan
  • Gangguan aliran darah
  • Alergi dermatitis kontak udara

Manfaat Minum Minyak Kayu Putih

Minum minyak kayu putih harus dicampurkan dengan air minum, bukan diminum begitu saja. Biasanya, hanya beberapa tetes minyak kayu putih yang dimasukkan ke dalam air minum. Larutan ini bisa mengatasi pilek, infeksi pada tenggorokan, dan digunakan sebagai obat kumur yang dapat mengatasi sariawan atau masalah gusi bengkak.

Jika setelah minum minyak kayu putih terjadi gejala keracunan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya segera minum susu untuk menetralisir kondisi di dalam perut. Jika gejalanya cukup parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang tepat.

Walaupun banyak orang telah membuktikan khasiat minum minyak kayu putih, pakar kesehatan sebenarnya tidak merekomendasikan minum minyak kayu putih karena risiko keracunan.

Manfaat Lain Minyak Kayu Putih

Selain sebagai obat penyembuh, minyak kayu putih juga memiliki fungsi lain, yaitu:

1. Pengharum ruangan

Minyak kayu putih dapat digunakan sebagai penyegar ruangan untuk rumah sakit karena sifatnya yang antiseptik dan deodoran. Minyak kayu putih membantu menghilangkan bau dan menjaga kebersihan dan kesterilan lingkungan ruangan.

2. Sabun mandi

Minyak kayu putih sering digunakan dalam sabun dan deterjen karena aroma yang menyenangkan dan sifat obatnya.

3. Pengusir nyamuk

Minyak kayu putih lemon digunakan sebagai pengusir nyamuk alami yang terkenal. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), campuran 32% minyak kayu putih lemon memberikan lebih dari 95% perlindungan terhadap nyamuk selama tiga jam.

4. Pembersih rumah tangga

Minyak kayu putih dapat digunakan sebagai pembersih rumah tangga, seperti membersihkan permukaan dapur, countertops kamar mandi, dan wastafel. Caranya campurkan 1 cangkir air, ½ gelas cuka, dan 1 sendok makan minyak kayu putih dalam botol semprot bersih.

5. Penghilang noda

Tambahkan minyak kayu putih ke dalam air hangat dan rendam pakaian bernoda minyak selama beberapa jam sebelum mencuci untuk menghilangkan noda.

6. Pembersih tangan

Jika bekerja dengan minyak atau cat, Anda dapat menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan tangan. Campurkan minyak kayu putih dengan garam dan gunakan campuran ini untuk mencuci tangan.

7. Aromaterapi dan diffuser

Banyak orang menambahkan minyak kayu putih ke dalam mandi, spa, dan sauna karena sifatnya yang menyegarkan dan antiseptik. Oleh karena itu, minyak kayu putih sering digunakan dalam aromaterapi dan ditambahkan pada diffusers, yang sering digunakan dalam paket perawatan spa.

Demikianlah, sekarang Anda sudah mengetahui jawabannya, Teman Sehat.

Demikianlah, sekarang Anda sudah mengetahui jawabannya, Teman Sehat.

About The Author

Punggung Bungkuk: Penyebab, Gejala, dan Terapi

8 Cara Menjaga Berat Badan saat Hamil