Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Obat Herbal Rematik yang Mudah Ditemukan di Rumah

Myles Bannister

Umumnya, dokter akan memberikan obat antiradang dan pereda nyeri untuk menghentikan gangguan penyakit ini. Selain obat yang direkomendasikan dokter, Anda juga bisa menggunakan obat herbal rematik.

Obat rematik alami memiliki sifat anti-peradangan sehingga dapat membantu meredakan rematik. Berikut adalah obat herbal rematik yang bisa Anda gunakan:

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu kesehatan sendi. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meredam aktivitas sistem imun berlebih yang menjadi penyebab rematik.

Tetapi, teh hijau dapat berinteraksi atau mengurangi efektivitas obat-obatan tertentu. Jadi, jangan mengonsumsi teh hijau tanpa pengawasan dokter. Tetap perlu penelitian lebih lanjut mengenai khasiat teh hijau.

Lada hitam

Penelitian menunjukkan bahwa lada hitam bersifat anti-peradangan karena mengandung kapsaisin. Lada hitam sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk melawan rasa sakit dan pembengkakan.

Bawang putih

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek anti-peradangan karena menghambat zat sitokin yang memicu inflamasi. Anda dapat menambahkan bawang putih ke berbagai jenis makanan sebagai obat herbal rematik.

Kayu manis

Kayu manis dipercaya memiliki sifat anti-peradangan. Kayu manis dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya dalam makanan atau minuman. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat.

Perlu diperhatikan, mengonsumsi kayu manis dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan penggumpalan darah dan mengganggu efek obat pengencer darah.

Cara Mengobati Rematik

Selain menggunakan obat herbal rematik, Anda juga dapat mengatasi rematik melalui terapi dan operasi. Beberapa terapi untuk mengobati rematik antara lain:

Akupunktur

Akupunktur adalah terapi tradisional yang menggunakan jarum kecil untuk memperbaiki ketidakseimbangan energi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat mengurangi rasa sakit, terutama pada punggung.

Meditasi

Meditasi adalah teknik sederhana yang dapat mengatasi rematik. Dengan memusatkan perhatian pada pernapasan, meditasi membantu mengurangi nyeri. Terapi ini dapat dilakukan oleh siapa saja, tetapi harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan efek positif.

Tai chi

Tai chi adalah metode yang menggabungkan gerakan lembut, kewaspadaan, dan pernapasan dalam. Terapi ini melatih pikiran, tubuh, dan jiwa, serta membantu kelenturan dan kekuatan otot. Penelitian menunjukkan bahwa tai chi juga bermanfaat bagi penderita rematik.

Terapi relaksasi otot progresif

Terapi relaksasi otot progresif biasanya dikombinasikan dengan melatih pernapasan. Sebelum melakukan relaksasi, tarik napas dalam kemudian buang napas setelah relaksasi selesai. Latihan ini dapat dilakukan dengan mengencangkan dan melemaskan otot beberapa kali.

Kompres

Anda juga dapat mengatasi nyeri rematik dengan kompres hangat atau dingin. Cukup mengompres daerah yang sakit selama 15 menit setiap kali terapi menggunakan alat kompres atau handuk yang direndam air hangat atau dingin.

Selain menggunakan obat herbal rematik, menjalani pola hidup sehat, menjaga berat badan ideal, dan istirahat yang cukup juga sangat penting dalam mengatasi rematik.

About The Author

12 Antibiotik Alami untuk Mengatasi Infeksi Tubuh

8 Tips Menaikkan Dopamin Tubuh agar Selalu Semangat Bekerja