Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Masturbasi Saat Haid Berbahaya? Ini Manfaat dan Risikonya!

Myles Bannister

Masturbasi pada Wanita

Memenuhi hasrat seksual merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Selain hubungan seksual, beberapa orang juga melakukan masturbasi untuk mendapatkan kepuasan seksual.

Masturbasi adalah aktivitas untuk mendapatkan kepuasan seksual dengan merangsang diri sendiri. Aktivitas ini normal dilakukan oleh pria maupun wanita, termasuk mereka yang sudah memiliki pasangan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Superdrug menunjukkan bahwa 88% wanita dan 96% pria melakukan masturbasi. Rata-rata, wanita melakukannya dua kali seminggu, sedangkan pria melakukannya rata-rata empat kali seminggu.

Walaupun intensitas dan jumlah pria yang melakukan masturbasi lebih tinggi, fakta bahwa 88% wanita juga melakukannya dua kali seminggu menunjukkan bahwa masturbasi juga menjadi kebutuhan yang tak jauh berbeda untuk pria maupun wanita.

Manfaat Masturbasi bagi Wanita

Masturbasi bagi wanita juga memberikan beberapa manfaat yang tak terduga. Berikut adalah beberapa manfaat masturbasi bagi wanita secara umum:

  • Wanita lebih nyaman dan mengenal tubuhnya sendiri
  • Meningkatkan mood, membuat lebih rileks dan bahagia
  • Menurunkan stres
  • Membantu tidur lebih nyenyak
  • Mendapatkan orgasme berkali-kali yang mungkin tidak dapat dicapai saat berhubungan seks
  • Memperkuat otot panggul
  • Mencegah infeksi serviks dan saluran kemih

Masturbasi Saat Haid, Bolehkah?

Jika masturbasi adalah aktivitas rutin bagi wanita, muncul pertanyaan apakah masturbasi juga aman dilakukan saat haid. Beberapa wanita mungkin merasakan peningkatan gairah seksual saat menstruasi.

Sama seperti berhubungan seks saat haid, masturbasi saat haid juga masih dipertanyakan keamanannya. Sebelumnya, ketahui risiko dan manfaatnya.

Manfaat masturbasi saat haid

Manfaat masturbasi saat haid tidak jauh berbeda dengan manfaat masturbasi bagi wanita secara umum. Namun, sebagian ahli berpendapat bahwa masturbasi adalah salah satu aktivitas yang dianjurkan saat haid.

Masturbasi dipercaya dapat membantu meredakan nyeri haid. Ketika mencapai orgasme, tingkat toleransi terhadap rasa sakit meningkat sehingga nyeri dapat berkurang. Kontraksi pada rahim ketika orgasme juga membantu mengurangi ketegangan pada rahim yang menyebabkan nyeri perut saat haid.

Beberapa wanita juga mengalami migrain selama menstruasi, yang dapat berkurang setelah mencapai orgasme melalui masturbasi.

Risiko masturbasi saat haid

Risiko masturbasi saat haid sama dengan risiko berhubungan seks saat haid. Salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah infeksi.

Area kewanitaan lebih sensitif saat menstruasi. Kondisi mulut rahim yang sedikit terbuka membuatnya lebih rentan terhadap virus dan bakteri. Oleh karena itu, masturbasi saat haid harus dilakukan dengan hati-hati.

Risiko lain yang mungkin terjadi adalah peningkatan risiko endometriosis. Darah haid yang tertahan dalam rahim saat masturbasi atau berhubungan seks dapat memicu terbentuknya jaringan baru yang dapat menyebabkan endometriosis.

Cara Masturbasi Saat Haid yang Benar

Melihat manfaat dan risiko masturbasi saat haid, aktivitas ini harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan masturbasi saat haid:

1. Pastikan Anda benar-benar ingin melakukannya

Masturbasi saat haid dapat meredakan nyeri dan migrain, namun bukan solusi satu-satunya untuk mengatasi gejala menstruasi. Beberapa wanita mungkin merasakan peningkatan libido saat menstruasi, namun beberapa lainnya mungkin tidak tertarik pada aktivitas seksual. Jika Anda ingin melakukannya, lakukan dengan hati-hati. Jika tidak, cari cara lain untuk mengatasi nyeri saat menstruasi seperti minum banyak air dan istirahat yang cukup.

2. Pilih cara masturbasi saat haid yang minim risiko

Carilah cara masturbasi saat haid yang minim risiko. Anda dapat merangsang klitoris dengan mempertemukan paha dan melakukan gerakan berirama. Cara lainnya adalah dengan merangsang area sensitif lain seperti payudara.

3. Jaga kebersihan area kewanitaan dan tubuh

Jaga kebersihan saat melakukan masturbasi saat haid. Pastikan mainan seks atau jari Anda bersih sebelum digunakan. Gunakan handuk untuk membersihkan darah haid setelah masturbasi. Bersihkan area kewanitaan dan tubuh setelah selesai.

4. Jangan melakukannya terlalu sering

Melakukan masturbasi dua kali seminggu adalah hal yang normal. Melakukannya setiap hari dapat meningkatkan risiko infeksi dan iritasi pada vagina. Meskipun masturbasi saat haid aman dilakukan, jangan melakukannya secara berlebihan.

About The Author

17 Cara Mengecilkan Payudara (Cepat, Alami, dan Aman)

Torsio Testis: Penyebab, Tanda, Diagnosis, dan Komplikasi