Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apa Fungsi Keringat bagi Tubuh?

Myles Bannister

Meski terlihat sepele, apakah Anda tahu fungsi keringat bagi kesehatan tubuh? Manfaat berkeringat yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Keringat membuat suhu tubuh tetap dingin

Keringat penting untuk proses pendinginan tubuh secara alami. Saat suhu tubuh meningkat, tubuh mengeluarkan keringat dan panas untuk menurunkan suhu tubuh.

2. Membersihkan racun dari tubuh

Keringat membantu tubuh membuang racun. Keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk logam yang berpotensi beracun seperti kadmium, aluminium, dan mangan.

Keringat disebut sebagai detoxicant yang dapat menghilangkan zat beracun dari tubuh. Kelenjar keringat di kulit manusia berperan penting dalam mengeluarkan zat beracun.

3. Menjaga kesehatan kulit

Keringat mengandung antibiotik yang dapat melawan bakteri pada kulit. Berkeringat juga membersihkan pori-pori dan membuat kulit terlihat cerah dan halus. Berkeringat juga memperlambat penuaan dini dan mengurangi kerusakan kulit.

4. Memperlancar sirkulasi darah

Berkeringat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, sehingga jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

5. Melawan infeksi

Berkeringat dapat menangkis MRSA, bakteri jahat yang sulit diobati. Keringat mengandung nitrit dan peptida antimikroba alami yang dapat membunuh MRSA dan bakteri buruk lainnya.

6. Menurunkan stres

Fungsi keringat dapat menurunkan stres atau memperbaiki mood. Menaikkan suhu tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek positif. Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dilepaskan saat berolahraga memperbaiki mood dan menurunkan stres.

7. Mencegah asma

Berkeringat setelah berolahraga meminimalisir terjadinya asma. Penelitian mengatakan bahwa berkeringat dapat menurunkan risiko terjadinya asma.

8. Membakar kalori

Berkeringat dapat membantu menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar dari tubuh lewat keringat. Berkeringat dapat membakar 300 kalori per jam.

9. Membantu melawan penyakit

Keringat dapat mengatasi beberapa penyakit ringan. Ketika demam, tubuh mengeluarkan keringat sebagai cara untuk melawan penyakit.

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia

About The Author

Distimia: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

13 Obat Sakit Pinggang Lansia, dari Medis hingga yang Alami