Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

17 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami (Mudah dan Efektif)

Myles Bannister

Sebelum jerawatan, cari tahu cara mencegah jerawat. Jerawat adalah gangguan kulit akibat penumpukan kotoran, minyak, dan sel kulit mati di folikel rambut. Ketahui cara mencegah jerawat dan tips kecantikan kulit lainnya.

Cara Mencegah Jerawat dengan Mudah

Jerawat dapat mengganggu penampilan. Jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang mungkin muncul dari kebiasaan sehari-hari. Sebelum itu terjadi, lakukan cara mencegah jerawat berikut ini!

1. Cuci Muka Secara Teratur

Wajah yang kotor bukan penyebab jerawat, namun tidak ada salahnya untuk menghilangkan kotoran, sebum, keringat, sel kulit mati, dan bakteri yang menempel di kulit wajah setiap hari. Gunakan air hangat dan facial wash dengan bahan dan konsentrasi ringan. Jangan lupa mengeringkan wajah dengan benar.

2. Gunakan Pelembap

Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembap akan membantu kulit wajah tetap terhidrasi dan mencegah iritasi kulit, kemerahan, dan kulit kusam. Pilih pelembap dengan sifat noncomedogenic (tidak menyumbat pori-pori) serta bebas pewangi sintetis dan alkohol.

3. Jangan Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah secara sembarangan dapat menjadi penyebab jerawat secara tidak langsung. Tangan menjadi sarang kotoran, bakteri, virus, dan kuman lainnya yang dapat menular ke kulit wajah. Coba untuk tidak menyentuh wajah kecuali setelah mencuci tangan.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari

Kulit menghasilkan vitamin D saat terpapar sinar matahari, namun hanya pada jam 7-9 pagi. Paparan sinar matahari di luar jam tersebut dapat menyumbat pori-pori, menghasilkan sebum berlebih, dan membuat kulit dehidrasi. Hindari paparan sinar matahari di siang hari dan gunakan tabir surya minimal SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

5. Ketahui Jenis Kulit Anda

Semua orang mungkin mengalami jerawat, namun orang dengan kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat dibandingkan dengan mereka dengan kulit kering. Orang dengan kulit kombinasi juga rentan terhadap jerawat pada bagian T zone yaitu dahi, hidung, dan dagu.

6. Pilih Produk dan Alat Make Up yang Sesuai

Bersihkan produk make up dengan baik dan pilih produk micellar water yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jaga kebersihan alat makeup termasuk spons dan kuas wajah untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

7. Batasi Makanan Pemicu Jerawat

Makanan dengan indeks glikemik tinggi meningkatkan risiko jerawat. Hindari produk susu skim, kue, cookies, pie, minuman bersoda, dll.

8. Gunakan Retinoid Topikal

Retinoid mengatasi dan mencegah jerawat dengan meningkatkan kesehatan kulit, produksi kolagen, dan melembutkan kulit. Gunakan produk retinoid topikal seperti tretinoin dan tazarotene setelah berkonsultasi dengan dokter.

9. Gunakan Tree Tea Oil

Gunakan minyak esensial tree tea oil untuk mencegah peradangan dan iritasi kulit. Gunakan sebagai pembersih atau pelembap alami.

10. Perhatikan Kebersihan Rambut

Kebersihan rambut penting untuk mencegah jerawat. Rambut yang kotor dan berminyak dapat menyebabkan penumpukan bakteri di kulit wajah. Pastikan rambut Anda bersih dan sehat setiap saat.

11. Gunakan Obat Topikal

Obat topikal yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida tersedia di pasaran untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Gunakan sesuai petunjuk penggunaan dengan teliti.

12. Pilih Skin Care yang Tepat

Pilih produk perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit Anda. Konsultasikan dengan pakar kulit dan kecantikan untuk memilih produk yang cocok.

13. Jangan Eksfoliasi Kulit Berlebihan

Eksfoliasi kulit maksimal 2 kali dalam seminggu untuk mencegah kulit kering dan iritasi.

14. Konsultasi pada Dokter untuk Obat Antibiotik

Konsultasikan pada dokter untuk menggunakan obat antibiotik seperti eritromisin dan klindamisin untuk mengatasi dan mencegah jerawat.

15. Olahraga Teratur

Olahraga secara rutin baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Kenakan pakaian olahraga yang menyerap keringat dan mandi setelah berolahraga.

16. Jaga Kebersihan Sarung Bantal

Jaga kebersihan sarung bantal agar tidak menempel kotoran atau bakteri yang bisa memicu jerawat. Bersihkan juga benda-benda seperti ponsel yang sering menyentuh wajah.

17. Kelola Gejala Stres

Stres menyebabkan produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. Kelola stres dengan meditasi, yoga, atau kegiatan positif lainnya.

Itulah 17 cara mencegah jerawat secara alami. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C, D, dan kolagen untuk kesehatan kulit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Referensi

  1. McDermott, Annette. 2019. How to Prevent Pimples. https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-pimples. (Diakses pada 3 Juli 2020).
  2. Nall, Rachel RN, MSN, CRNA. 2018. How do you prevent pimples?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321411#fifteen-ways-to-prevent-pimples. (Diakses pada 3 Juli 2020).
  3. Rush.Edu. 2020. 12 Tips to Combat Acne. https://www.rush.edu/health-wellness/discover-health/12-tips-combat-acne. (Diakses pada 3 Juli 2020).
  4. WebMd. 2018. 10 Tips for Preventing Acne. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/10-tips-for-preventing-pimples#1. (Diakses pada 3 Juli 2020).

About The Author

6 Jenis Bunga Ini Ternyata Bisa Dimakan & Bermanfaat

Cendo Fenicol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping