Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mentimun: Obat yang Ampuh untuk Asam Urat?

Myles Bannister

Dampak Mentimun pada Penderita Asam Urat

Penderita asam urat harus memilih makanan dengan hati-hati, terutama yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, makanan laut, atau daging merah. Bahkan, beberapa jenis sayuran yang memiliki kadar purin sedang juga perlu dihindari untuk mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh. Untungnya, penderita asam urat masih bisa mengonsumsi mentimun dengan tenang.

Anakbuah ini memiliki beberapa manfaat penting bagi penderita asam urat.

Kandungan purin yang rendah

Mentimun termasuk sayuran dengan kadar purin yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dalam 100 gram mentimun hanya terdapat 7,3 miligram purin. Mengonsumsinya setiap hari tidak akan berdampak pada risiko serangan asam urat pada persendian.

Mencegah dehidrasi

Salah satu penyebab utama serangan asam urat pada persendian adalah dehidrasi atau kurangnya asupan air putih harian. Dengan rajin mengonsumsi mentimun, penderita asam urat dapat meningkatkan asupan cairan dalam tubuh karena mentimun memiliki kandungan air yang tinggi.

Mengatasi peradangan

Penyebab utama serangan asam urat adalah peradangan pada persendian akibat kristal asam urat yang terus menumpuk. Beruntung, kandungan mentimun dapat mengatasi peradangan ini, sehingga membantu mencegah dan mengurangi serangan asam urat dengan efektif.

Membantu menurunkan kadar asam urat

Mentimun adalah sayuran kaya vitamin C. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh secara efektif, sehingga mencegah serangan asam urat.

Membantu mengendalikan berat badan

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko serangan asam urat. Menjaga berat badan tetap ideal dapat menurunkan risiko ini. Mentimun mengandung serat sebanyak 0,65 gram dalam setiap 100 gramnya. Mengonsumsinya secara rutin dapat membantu mengendalikan berat badan.

Cara Mengonsumsi Mentimun bagi Penderita Asam Urat

Penderita asam urat dapat mengonsumsi mentimun dengan beberapa cara untuk mencegah serangan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Mentimun sebagai camilan

Gunakan mentimun sebagai camilan sehat dan aman untuk penderita asam urat, menggantikan camilan tidak sehat yang dapat memicu peradangan dalam tubuh.

Mentimun sebagai jus

Mentimun juga dapat dijadikan jus yang menyegarkan. Jus mentimun bisa memberikan sensasi dingin yang menyegarkan tanpa harus ditambahkan es batu. Anda juga dapat menambahkan perasan air lemon untuk meningkatkan kesegaran dan kadar vitamin C.

Mentimun sebagai lauk

Mentimun juga dapat dijadikan lauk saat makan besar, terutama ketika mengonsumsi makanan pedas. Potongan mentimun dapat membantu mengatasi rasa pedas di mulut dengan cepat.

Melihat fakta-fakta ini, penderita asam urat tidak perlu ragu untuk mengonsumsi mentimun.

About The Author

5 Fakta Tentang Penyakit PCOS yang Harus Wanita Pahami

Yakult – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping