Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengukur Mr. P dengan Jari Tangan, Bisakah?

Myles Bannister

Anggapan bahwa melihat ukuran jari telunjuk bisa mengukur panjang penis pada pria banyak dipercaya. Namun, apakah hal tersebut benar? Berikut ini fakta-faktanya.

Benarkah Mengukur Penis Bisa dengan Jari Tangan?

Selain menggunakan hidung atau jari kaki, jari tangan juga dianggap bisa digunakan untuk mengukur ukuran penis pria.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2011, panjang jari telunjuk dapat menjadi indikator kuat ukuran penis.

Penelitian di Korea Selatan yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrology menunjukkan bahwa memiliki jari telunjuk yang lebih pendek daripada jari manis dapat menunjukkan bahwa pria memiliki penis yang lebih besar. Metode ini dikenal dengan sebutan second to fourth digit ratio atau rasio 2D-4D.

Anda dapat menghitungnya dengan membagi panjang jari telunjuk dengan panjang jari manis. Semakin pendek jari telunjuk, semakin rendah rasio 2D-4D. Perbedaan panjang rata-rata antara jari telunjuk dan jari manis adalah 3 hingga 12 milimeter (mm).

Perlu diketahui, rata-rata ukuran penis orang Indonesia saat ereksi adalah sekitar 11,67 sentimeter.

Rasio yang lebih kecil umumnya menunjukkan paparan hormon testosteron yang lebih tinggi sejak dalam kandungan. Testosteron adalah hormon reproduksi yang penting untuk kesehatan seksual dan perkembangan tubuh pria.

Menurut penelitian, testosteron tidak hanya mempengaruhi ukuran penis di masa depan, tetapi juga mempengaruhi ukuran jari di masa depan. Hal ini menarik, tetapi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keakuratannya.

Kaitan Ukuran Jari dengan Kondisi Kesehatan Tubuh

Rasio panjang jari juga memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan pada pria, di antaranya:

1. Kardiovaskular

Rasio panjang jari yang mempengaruhi hormon testosteron pria juga dapat menunjukkan risiko penyakit kardiovaskular.

Peningkatan hormon testosteron dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Osteoarthritis Lutut

Jari telunjuk yang lebih pendek dari jari manis dapat menjadi tanda risiko osteoarthritis lutut dibandingkan dengan orang yang jari-jarinya sepanjang atau jari telunjuknya lebih panjang.

3. Gangguan Mental

Rasio antara ukuran jari telunjuk dengan jari manis juga terkait dengan kesehatan mental. Pria dengan gangguan mental seperti depresi cenderung memiliki rasio jari telunjuk yang lebih tinggi. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hal ini.

4. Kanker Prostat

Penelitian menemukan bahwa pria dengan jari telunjuk lebih panjang dari jari manis memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan dengan pria dengan panjang jari sebaliknya.

Kanker prostat ditandai dengan buang air kecil yang frekuensinya meningkat, aliran urin yang berkurang, sensasi tidak terkosongkan setelah buang air kecil, serta bau tidak sedap dan luka pada penis akibat infeksi.

5. Kanker Mulut

Perbedaan yang sangat kecil antara jari telunjuk dan jari manis atau memiliki jari telunjuk yang lebih panjang dapat meningkatkan risiko terkena kanker mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan kanker mulut cenderung memiliki jari telunjuk yang lebih panjang dibandingkan dengan pria dengan lesi mulut pra-kanker atau tanpa lesi.

Demikian penjelasan mengenai kaitan antara ukuran jari dengan panjang penis pada pria. Meskipun begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

Referensi

  1. Anonim. 2011. Finger length may have link to penis length: study. [https://www.reuters.com/article/us-science-penis-fingers-idUSTRE7631GI20110704](https://www.reuters.com/article/us-science-penis-fingers-idUSTRE7631GI20110704) (Diakses pada 11 Januari 2024)
  2. Cassity, Jessica. 2020. Finger Length Predicts Health and Behavior. [https://www.discovermagazine.com/health/finger-length-predicts-health-and-behavior](https://www.discovermagazine.com/health/finger-length-predicts-health-and-behavior) (Diakses pada 11 Januari 2024)
  3. Pappas, Stephanie. 2011. Finger Length Linked to Penis Size. [https://www.livescience.com/14891-finger-length-ratio-penis-size.html](https://www.livescience.com/14891-finger-length-ratio-penis-size.html) (Diakses pada 11 Januari 2024)
  4. Washington-Harmon, Taylyn. 2021. Scientists Think Your Fingers Can Predict Your Penis Size. [https://www.menshealth.com/health/a38123633/index-finger-penis-size-ratio-tiktok/](https://www.menshealth.com/health/a38123633/index-finger-penis-size-ratio-tiktok/) (Diakses pada 11 Januari 2024)

About The Author

10 Makanan Tinggi Antioksidan untuk Mencegah Sakit

Baby Boomer: Karakteristik, Penyakit yang Sering Menyertai, dll