Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengenal Spooning dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Keintiman

Myles Bannister

Spooning dilakukan sebagai posisi seks, tetapi gaya ini juga bisa digunakan untuk tidur dengan pasangan. Spooning memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Spooning?

Spooning adalah posisi tidur di mana dua orang berbaring miring menghadap ke arah yang sama, dengan satu orang menempelkan punggung pada badan pasangan. Posisi ini mirip dengan sendok yang rapi. Dinamakan spooning karena kemiripannya tersebut.

Posisi spooning memiliki peran sebagai “big spoon” (sendok besar) yang memeluk dan “little spoon” (sendok kecil) yang dipeluk. Tinggi badan, jenis kelamin, dan bentuk tubuh tidak menjadi masalah dalam posisi ini. Setiap pasangan dapat bergantian menjadi “big spoon” atau “little spoon”.

Tidur dengan posisi berpelukan seperti ini dapat menyebabkan pelepasan oksitosin (hormon perasaan nyaman) di dalam tubuh, yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Manfaat Spooning Bersama Pasangan

Spooning tidak hanya memberikan kenyamanan dan keintiman dengan pasangan selama tidur malam, tetapi juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur dengan posisi spooning:

1. Melepaskan Hormon Perasaan Senang

Tidur dengan posisi spooning dapat melepaskan oksitosin, dopamin, dan serotonin. Oksitosin meningkatkan ikatan dan memberikan manfaat lain seperti menghilangkan rasa sakit dan stres. Dopamin memberikan perasaan senang, sedangkan serotonin mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur.

2. Meningkatkan Keintiman

Tidur dengan posisi spooning meningkatkan keintiman, baik secara seksual maupun emosional, yang dirasakan dengan pasangan.

3. Menenangkan

Spooning dapat membantu sistem saraf menjadi rileks dan mengurangi tekanan darah, sehingga membuat orang merasa tenang. Ketenangan selama tidur berpelukan dapat membantu mencegah stres, gangguan mental, dan masalah kesehatan fisik lainnya.

4. Menumbuhkan Keamanan dan Perlindungan

Posisi tidur ini dapat menumbuhkan perasaan aman atau terlindungi tergantung pada posisi sebagai “big spoon” atau “little spoon”. Dengan pasangan berbaring miring di belakang, memeluk, orang merasa bersandar dan nyaman.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Pelepasan hormon-hormon yang membuat merasa baik seperti oksitosin memberikan manfaat kesehatan lainnya. Dalam posisi spooning, hormon oksitosin dapat meningkatkan sel T-regulator yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap seimbang dan kuat.

Itulah ulasan mengenai spooning dan manfaatnya bagi kesehatan fisik maupun mental Anda dan pasangan. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, cobalah tidur dengan posisi spooning bersama pasangan setiap malam. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

Referensi

  1. Anonim. 2023. What is Spooning?. https://www.webmd.com/sex/what-is-spooning (Diakses pada 7 Desember 2023)
  2. Regan, Sarah. 2022. 5 Benefits Of Spooning & Why You Should Do It More, From Relationship Experts. https://www.mindbodygreen.com/articles/spooning (Diakses pada 7 Desember 2023)
  3. Sharkey, Lauren. 2019. A Beginner’s Guide to Spooning. https://www.healthline.com/health/spooning (Diakses pada 7 Desember 2023)

About The Author

Ini Bahayanya Jika Kerap Memegang Payudara dan Organ Vital Pacar

Apakah Wanita Masih Bisa Hamil Saat Sudah Menopause?