Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Kulit Pisang yang Harus Anda Tahu

Myles Bannister

Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh

Banyak orang melihat pisang bisa dimanfaatkan hanya untuk dagingnya saja, padahal kulit pisang juga memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat kulit pisang yang harus Anda tahu:

1. Memutihkan gigi

Kulit pisang mampu memutihkan gigi. Gosokan kulit pisang pada gigi selama satu menit setiap hari selama satu minggu. Setelah itu Anda bisa menggosok gigi tanpa odol. Cara ini memutihkan gigi secara alami.

2. Membersihkan jerawat

Kulit pisang membersihkan jerawat. Pijat kulit pisang pada wajah atau area berjerawat setiap hari selama lima menit. Jerawat akan hilang dalam waktu satu minggu.

3. Mengurangi keriput

Kulit pisang akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi keriput. Anda bisa membuat masker kulit pisang dengan menambahkan kuning telur pada kulit pisang yang ditumbuk. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu murni dan balurkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya hingga bersih. Lakukan secara teratur tiga kali seminggu.

4. Menurunkan kolesterol

Kulit pisang mengandung serat yang lebih larut dan tidak larut daripada buahnya. Meningkatkan asupan serat dengan mengonsumsi kulit pisang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan risiko stroke serta penyakit jantung.

5. Pembentukan otot

Kalium dalam kulit pisang berkontribusi pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan pengaturan keseimbangan asam-basa di tubuh.

6. Membuat Anda lebih bahagia

Kulit pisang memiliki tingkat serotonin yang tinggi, yang mengatur keseimbangan mood.

7. Membuat tidur lebih nyenyak

Kulit pisang mengandung tryptophan, yang digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati insomnia, kecemasan, depresi, dan sindrom premenstruasi.

8. Mengecilkan pinggang

Kulit pisang mengandung kalori rendah, serat, dan nutrisi yang memadai, menjadikannya sumber suplemen yang ideal untuk menjaga berat badan.

9. Mencegah kanker

Kulit pisang kaya antioksidan dan melindungi sel dari mutasi yang bisa menyebabkan kanker. Namun, perlu penelitian lanjutan untuk memastikan efektivitasnya.

10. Memperkuat sel darah merah

Kulit pisang mengandung nutrisi yang memperkuat sel darah merah, memastikan distribusi oksigen dan mengurangi kerusakan sel darah merah.

11. Menjaga kesehatan mata

Kulit pisang mengandung lutien, yang membantu kemampuan penglihatan pada malam hari dan mencegah katarak dan degenerasi makula.

12. Meningkatkan sistem kekebalan

Kulit pisang mengandung serat tinggi, yang membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar dan meningkatkan sistem kekebalan.

13. Membantu menyembuhkan luka

Kulit pisang dipercaya mampu mengobati luka ringan, terutama cedera. Cukup gosokkan kulit pisang ke area luka.

14. Mengatasi psoriasis

Kulit pisang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit psoriasis. Gosokkan kulit pisang merata pada area kulit yang terkena psoriasis. Kulit awalnya akan memerah namun akan memudar dengan sendirinya.

Penting untuk diperhatikan:

Pilihlah pisang organik untuk menghindari pestisida dan insektisida. Kulit pisang memiliki rasa yang berbeda dari dagingnya, jadi bisa direbus atau diblender. Hindari mengonsumsi produk olahan pisang yang digoreng karena dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Sekarang, masih ragu untuk memanfaatkan kulit pisang?

About The Author

6 Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan Paling Efektif

Mengenal Kepribadian ENFP, Si ‘Juru Kampanye’