Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

9 Tips Budaya Hidup Sehat dan Manfaatnya untuk Tubuh

Myles Bannister

Budaya hidup sehat merupakan konsep hidup untuk mencapai kesehatan fisik, mental, dan sosial. Simak penjelasan selengkapnya mulai dari definisi, cara menerapkan, hingga manfaat dari hidup sehat!

Apa yang Dimaksud dengan Budaya Hidup Sehat?

Budaya hidup sehat adalah perencanaan hidup untuk menjadikan tubuh lebih sehat, baik secara fisik, mental, dan sosial. Ini dengan melakukan perubahan pola hidup yang tadinya buruk menjadi lebih baik, misalnya mulai makan makanan sehat, rajin olahraga, dan berfikir positif.

Hidup sehat bagi kebanyakan orang berarti kesehatan fisik dan mental seimbang atau berfungsi bersama dengan baik. Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya, sehingga perubahan salah satu dapat memengaruhi yang lain. Oleh karenanya, fisik dan mental harus seimbang agar hidup tetap sehat.

Cara Menerapkan Budaya Hidup Sehat

Jika ingin mempertahankan gaya hidup sehat, Anda perlu melakukan beberapa perubahan. Awalnya mungkin terasa sulit untuk beradaptasi, tetapi ketika merasakan perbedaannya, Anda akan yakin bahwa itu sangat bermanfaat.

Berikut ini cara menerapkan budaya hidup sehat:

1. Minum Air yang Cukup

Cukup minum air sangat baik untuk tubuh, karenanya pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Dehidrasi adalah faktor utama yang berdampak negatif pada kesehatan secara umum. Ketika tidak minum air yang cukup, ini akan menghambat organ dan sistem tubuh berfungsi sebagaimana mestinya.

Jumlah air minimum yang disarankan per hari adalah delapan gelas. Cukup minum air dan hindari minuman yang dapat memperburuk dehidrasi. Minuman dengan kandungan gula dapat meningkatkan risiko hiperglikemia dan diabetes.

2. Makan Makanan Bergizi

Makanan sehat adalah makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makan makanan sehat mencakup buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian.

Makanlah berbagai makanan dari semua kelompok makanan untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dapat memberi energi sepanjang hari.

3. Rajin Olahraga

Olahraga secara teratur membuat tubuh lebih kuat dan berenergi, dan dapat membantu pikiran tetap fokus. Meningkatkan semangat dan membuat suasana hati lebih baik secara keseluruhan, merupakan hasil dari bahan kimia perasaan-nyaman alami yang diproduksi otak setelah olahraga secara teratur.

Selain pergi ke gym, Anda juga bisa melakukan latihan di rumah, jogging, atau yoga.

4. Mempertahankan Postur Tubuh dengan Baik

Postur tubuh yang buruk dapat merusak tulang belakang, ligamen, dan otot. Fokus dalam postur tubuh dan bagaimana berjalan, duduk, membawa barang sangat penting dalam menjaga tubuh.

Mempertahankan postur tubuh yang baik akan sangat membantu dalam menjaga tubuh. Hal ini sangat penting bagi lansia untuk mencegah kyphosis, kelengkungan tulang belakang akibat osteoporosis.

5. Tidur yang Cukup

Manfaat tidur yang cukup dapat membantu mengatasi stres, lebih fokus, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Kurang tidur dapat memperburuk kondisi kesehatan dan berdampak negatif pada suasana hati, motivasi, dan tingkat energi.

Perlu diingat, tidur yang cukup adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan agar tubuh terasa segar, berenergi, dan semangat saat bangun pagi.

6. Meditasi atau Beribadah

Luangkan waktu untuk meditasi atau beribadah setiap hari. Meditasi baik untuk jiwa, mengatasi tuntutan kehidupan sehari-hari, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Bekerja dengan Cerdas

Demi kesehatan mental dan perasaan sebagai individu, memiliki tujuan dan berusaha keras untuk mencapainya akan memberi hasil yang baik. Bekerja cerdas berarti mengoptimalkan waktu, melakukan pekerjaan dengan kreativitas, dan terus belajar serta meningkatkan metode kerja yang baik dan efisien.

8. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kandungan nikotin dan tar sangat berbahaya pada tubuh. Sebaiknya berhenti merokok atau hindari lingkungan perokok.

9. Hindari Minuman Beralkohol

Minum minuman beralkohol dapat merusak organ hati dan memicu gangguan pada jantung. Kurangi minum minuman beralkohol dan gantikan dengan minuman sehat.

Manfaat Budaya Hidup Sehat untuk Tubuh

Manfaat menerapkan gaya hidup sehat antara lain terhindar dari penyakit, tubuh dan kulit menjadi sehat, mencegah penuaan dini, memiliki mental positif, dan terhindar dari stres berlebihan.

  • Menyehatkan jantung. Menerapkan kebiasaan makan yang sehat bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.
  • Menguatkan tulang dan gigi. Pola makan yang sehat dapat membantu menguatkan tulang dan gigi untuk sekarang dan nanti, sehingga bisa mencegah kerusakan gigi dan osteoporosis.
  • Meningkatkan energi. Makan makanan yang sehat dan seimbang akan membuat tubuh merasa lebih baik dan berenergi.
  • Meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Makan sehat bisa meningkatkan aliran darah ke otak, yang membantu mencegah penyakit otak seperti Alzheimer, demensia, dan penurunan kognitif.
  • Menjaga berat badan. Makan makanan yang sehat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan berat badan.

Referensi

  1. Anonim. 2021. 5 power tips to maintain a healthy lifestyle. https://www.psychologies.co.uk/5-power-tips-maintain-healthy-lifestyle (Diakses pada 24 Mei 2021)
  2. Anonim. 2020. 7 tips to live a happier life. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/7-tips-to-live-a-happier-life (Diakses pada 24 Mei 2021)
  3. Crichton-Stuart, Cathleen. 2020. What are the benefits of eating healthy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322268 (Diakses pada 24 Mei 2021)
  4. Wilson, James. Tanpa Tahun. 10 Ways to Maintain a Healthy Lifestyle. https://www.healthworkscollective.com/10-ways-to-maintain-a-healthy-lifestyle/ (Diakses pada 24 Mei 2021)

About The Author

Nyeri Otot: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

10 Manfaat Baking Soda (Soda Kue) untuk Kesehatan dan Kecantikan