Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Cordyceps adalah jamur parasit yang menempel pada jenis ulat tertentu yang kemudian memakan inangnya sendiri. Jamur cordyceps telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit. Apa saja manfaat cordyceps?

Kandungan Jamur Cordyceps

Jamur ini mengandung antioksidan, enzim, dan vitamin. Beberapa senyawa lain yang teridentifikasi meliputi:

  • Cordycepin.
  • Cordycepic acid.
  • N-acetylgalactosamine.
  • Adenosine.
  • Ergosterol dan ergosteryl esters.
  • Bioxanthracenes.
  • Hypoxanthine.
  • Acid deoxyribonuclease.
  • Superoxide dismutase.
  • Protease.
  • Dipicolinic acid.
  • Lectin.

Terdapat sekitar 400 spesies cordyceps, yang sebagian besar berasal dari Bhutan, Cina, Korea, Nepal, Thailand, dan Vietnam. Spesies yang paling terkenal adalah Cordyceps sinensis (sekarang dikenal sebagai Ophiocordyceps sinensis).

Manfaat Cordyceps bagi Tubuh

Berikut ini adalah manfaat cordyceps:

1. Meningkatkan Performa dalam Berolahraga

Cordyceps meningkatkan produksi molecule adenosine triphosphate (ATP) tubuh, yang penting untuk energi otot dan penggunaan oksigen selama berolahraga. Namun, manfaat ini tidak efektif pada atlet terlatih.

2. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Seksual

Antioksidan dalam cordyceps membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi seksual. Antioksidan melawan kerusakan sel dan dapat menurunkan risiko penyakit terkait penuaan. Namun, belum ada bukti pada manusia.

3. Mencegah Perkembangan Kanker

Cordyceps dapat mencegah pertumbuhan beberapa jenis sel kanker. Studi pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan efek anti tumor dan mengurangi komplikasi perawatan kanker. Namun, penelitian pada manusia masih diperlukan.

4. Membantu Mengelola Diabetes Tipe 2

Cordyceps mengandung gula khusus yang dapat membantu mengobati diabetes. Jamur ini menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat dan melindungi dari penyakit ginjal. Namun, klaim ini masih perlu lebih banyak penelitian pada manusia.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Cordyceps mengurangi cedera jantung pada hewan dengan penyakit ginjal kronis dan menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida pada tikus. Namun, belum ada cukup bukti pada manusia.

6. Membantu Melawan Peradangan

Cordyceps memiliki efek antiinflamasi dan dapat mengurangi peradangan pada saluran udara tikus. Namun, tidak efektif menggantikan obat antiinflamasi.

7. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Cordyceps bermanfaat bagi fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan sistem kardiovaskular, pernapasan, endokrin, serta reproduksi. Ini disebabkan oleh senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam jamur tersebut.

8. Mengurangi Stres

Cordyceps dapat melawan stres lingkungan dan stres oksidatif dalam tubuh, sehingga dapat mendukung kesehatan mental.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Cordycepin pada cordyceps dapat membantu meningkatkan tidur alami pada tikus. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk menegakkan bukti pada manusia.

Referensi

  1. De Walle, Gavin Van. 2018. 6 Benefits of Cordyceps, All Backed by Science. [URL]. (Diakses pada 28 Mei 2021).
  2. Link, Rachael. 2021. Cordyceps Benefits for Anti-Aging, Sleep, Exercise Performance & More. [URL]. (Diakses pada 28 Mei 2021).

About The Author

17 Tanda Pacaran Sehat dan Tips yang Harus Diketahui

Hepatitis B: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan