Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

9 Gejala ISPA Paling Umum yang Perlu Diwaspadai

Myles Bannister

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi akut yang memengaruhi sistem pernapasan (saluran atas dan bawah). Apa saja gejala yang perlu dikenali? Simak di bawah ini.

Gejala ISPA yang Perlu Diwaspadai

Infeksi saluran pernapasan dapat menyerang organ atau jaringan di saluran pernapasan. Gejalanya mungkin tidak spesifik, sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

ISPA biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang mudah menular. Gejalanya perlu diwaspadai pada anak-anak, lansia, dan orang dengan sistem imun yang lemah karena infeksi dapat berdampak lebih buruk.

Berikut adalah beberapa gejala ISPA yang umum:

1. Batuk

Batuk adalah tindakan refleks untuk membersihkan lendir atau iritasi tenggorokan. Batuk yang berulang dapat menjadi gejala infeksi saluran pernapasan atas dan bawah. Jika batuk tidak membaik atau disertai darah, segera berkonsultasi ke dokter.

Batuk juga dapat menjadi cara penularan infeksi karena droplet yang terdapat saat batuk.

2. Bersin

Bersin adalah refleks untuk menghilangkan iritasi hidung atau tenggorokan. Bersin umum terjadi pada infeksi saluran pernapasan atas. Bersin juga dapat menjadi cara penularan infeksi.

3. Hidung Meler

Hidung meler sering terjadi bersamaan dengan bersin. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan seperti sinusitis akut, flu, alergi, atau kondisi lainnya.

4. Penumpukan Lendir

Penumpukan lendir adalah gejala infeksi saluran pernapasan. Terjadi di hidung atau di paru-paru. Hidung tersumbat dapat menyebabkan kesulitan bernapas, sedangkan penumpukan lendir di paru-paru dapat menyebabkan sesak dan sakit tenggorokan.

5. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas seperti flu, faringitis, atau laringitis. Sakit tenggorokan juga dapat disebabkan oleh penyebab lain seperti amandel radang.

6. Nyeri Seluruh Tubuh

Infeksi saluran pernapasan mengakibatkan peradangan dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh berusaha melawannya, sehingga dapat menyebabkan nyeri pada tubuh.

7. Kesulitan Bernapas

Kesulitan bernapas dapat terjadi pada anak dan dewasa. Jika kesulitan bernapas terjadi secara intens, segera konsultasikan ke dokter karena dapat menjadi tanda masalah paru-paru atau jantung.

8. Demam

Demam merupakan gejala umum dari infeksi, termasuk ISPA. Demam membantu tubuh melawan infeksi, namun dapat menyebabkan komplikasi jika terlalu tinggi. Jika demam di atas 39°C, segera konsultasikan ke dokter.

9. Sakit Kepala

Sakit kepala dapat menjadi gejala infeksi saluran pernapasan akut. Biasanya, sakit kepala akan muncul bersama dengan gejala lain seperti hidung tersumbat dan demam.

Jika gejala tidak hilang dalam 2-3 hari, segera dapatkan penanganan medis.

Referensi

  1. Anonim. 2019. Acute Respiratory Infection. https://www.healthline.com/health/acute-respiratory-disease. (Diakses 9 Maret 2020).
  2. Badii, Chitra dan Marijane Leonard. 2018. Why Am I Having Trouble Breathing?. https://www.healthline.com/health/breathing-difficulties. (Diakses 9 Maret 2020).
  3. Blake, Kati. 2017. Why Am I Coughing?. https://www.healthline.com/health/cough. (Diakses 9 Maret 2020).
  4. Brazier, Yvette. 2017. Fever: What you need to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/168266. (Diakses 9 Maret 2020).
  5. Fletcher, Jenna. 2019. Lower respiratory tract infections: What to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324413. (Diakses 9 Maret 2020).
  6. Jewell, Tim. 2017. Why Does My Body Ache?. https://www.healthline.com/health/body-aches. (Diakses 9 Maret 2020).
  7. Leonard, Jayne. 2020. What causes mucus in the chest?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321549. (Diakses 9 Maret 2020).
  8. Watson, Stephanie. 2017. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/sore-throat. (Diakses 9 Maret 2020).
  9. Wint, Carmella. 2019. Everything You Need to Know About Sneezing. https://www.healthline.com/health/sneezing. (Diakses 9 Maret 2020).

About The Author

Duphaston: Komposisi, Indikasi, Dosis, Aturan Pakai, Harga, dll

Arthritis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Lainnya