Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Double Cleansing, Metode yang Bikin Kulit Wajah Lebih Bersih dan Sehat

Myles Bannister

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah secara dua tahap yang kini semakin populer dalam dunia kecantikan. Tahapannya bisa Anda simak di bawah ini!

Apa Itu Double Cleansing?

Double cleansing adalah cara membersihkan wajah melalui dua tahap. Tahap pertama menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, kemudian diikuti pembersih berbahan air.

Membersihkan wajah secara dua tahap biasanya dilakukan pada malam hari untuk menghilangkan riasan, kotoran, sebum, dan polusi sebelum tidur.

Cara Melakukan Double Cleansing

Pembersihan wajah dua kali tidak untuk semua orang. Ini adalah cara yang bagus hanya jika sedang memakai riasan tebal atau memiliki kulit yang sangat berminyak. Jika ingin melakukannya, ada 2 tahap yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah yang bersih.

Lakukan langkah-langkah berikut:

1. Langkah Pertama

Sebagai tahap pertama, gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak atau oil based. Pijat wajah dengan lembut dan bilas dengan air hangat.

Jika tidak mendapatkan produk ini, Anda bisa menggunakan minyak alami seperti minyak jojoba, minyak zaitun, atau minyak kastor.

2. Langkah Kedua

Setelah menggunakan oil cleanser, cuci wajah dengan sabun pembersih wajah. Pijat dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air hangat.

Produk yang Digunakan Setelah Double Cleansing

Setelah membersihkan wajah secara dua tahap, gunakan toner untuk menjaga kelembapan dan menghilangkan residu dari pembersihan.

Seberapa Sering Melakukan Double Cleansing?

Membersihkan wajah secara dua tahap biasanya dilakukan pada malam hari. Namun, Anda juga bisa melakukannya pada pagi hari jika diperlukan.

Memilih Pembersih Sesuai Jenis Kulit

Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk hasil terbaik.

1. Kulit Normal

Gunakan pembersih berbahan dasar minyak dan air atau busa.

2. Kulit Kering atau Sensitif

Gunakan pembersih dengan formula hipoalergenik yang lembut dan tidak mengeringkan.

3. Kulit Berjerawat atau Berminyak

Pilih produk khusus untuk kulit berjerawat atau berminyak yang dapat mengontrol produksi minyak.

4. Kulit Kombinasi

Gunakan pembersih yang tidak mengeringkan kulit dan mengontrol sekresi minyak.

Manfaat Double Cleansing

Double cleansing memiliki beberapa manfaat untuk kulit wajah. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Memberikan pembersihan yang lebih dalam dan memastikan kulit bersih.
  • Mencegah jerawat dan mengurangi peradangan.
  • Mencegah iritasi kulit dan menjaga kelembapan alami kulit.
  • Memperlambat penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit.

Amankah Pembersihan Wajah secara Dua Tahap?

Jika menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit, double cleansing tidak akan mengiritasi kulit. Gunakan hanya sekali sehari jika kulit Anda kering dan sensitif. Periksa komposisi bahan pembersih wajah sebelum digunakan.

Referensi

  1. Cafasso, Jacquelyn. 2018. Can Olive Oil Treat Acne?. https://www.healthline.com/health/olive-oil-for-acne#Research (Diaskes pada 23 April 2021)
  2. Khona, Minal. 2020. Why Double Cleansing Your Skin Can Do Wonders + When & How To Do It. https://skinkraft.com/blogs/articles/double-cleansing (Diaskes pada 23 April 2021)
  3. Koganti, Sindhu. 2021. Double Cleansing For Clear, Glowing Skin. https://www.stylecraze.com/articles/what-is-double-cleansing/ (Diaskes pada 23 April 2021)
  4. Sharkey, Lauren. 2019. A Beginner’s Guide to Double Cleansing. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing (Diaskes pada 23 April 2021)

About The Author

8 Pertanyaan tentang KB yang Sering Diajukan

Manfaat Minyak Ikan untuk Tubuh: Apa Saja?