Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Manfaat Minyak Jahe, Cara Pakai, dan Efek Sampingnya

Myles Bannister

Minyak jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi peradangan, mual, dan muntah, serta mengurangi stres, dll. Berikut adalah manfaat-minyak jahe, kandungan minyak jahe, dan cara penggunaannya.

Kandungan Minyak Jahe

Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman herbal dari keluarga Zingiberaceae. Jahe digunakan dalam berbagai bentuk, seperti susu, jamu, kapsul, dan minyak jahe, karena mengandung nutrisi dan vitamin alami.

Kandungan potensial minyak jahe antara lain:

  • Antiseptik
  • Antioksidan
  • Stimulan alami
  • Antiinflamasi
  • Terapeutik
  • Tonik alami

Tanaman herbal jahe juga mengandung:

  • Vitamin C
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Folat
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Zat besi
  • Kalium

Minyak jahe mengandung bahan bioaktif utama, gingerol, yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Minyak Jahe untuk Kesehatan

Minyak jahe didapatkan dari ekstraksi dan penyulingan. Minyak jahe memiliki konsentrasi kuat dengan aroma hangat dan menenangkan. Selain digunakan sebagai aromaterapi, minyak jahe juga memiliki berbagai manfaat, antara lain:

1. Efek Antiperadangan

Minyak jahe memiliki efek antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan, seperti rasa nyeri, demam, dan pembengkakan. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa minyak jahe melindungi fungsi ginjal terkait peradangan. Namun, belum ada penelitian medis pada manusia terkait manfaat jahe sebagai obat antiinflamasi alami.

2. Mengatasi Mual

Inhalasi minyak jahe dapat membantu mengatasi mual dan muntah. Minyak jahe juga digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, diare, dan sakit perut. Namun, penelitian menunjukkan hasil yang berbeda pada anak-anak yang menghirup minyak jahe.

3. Mengatasi Infeksi

Minyak jahe mengandung antiseptik alami yang membantu membunuh bakteri atau mikroorganisme. Penelitian menunjukkan bahwa minyak jahe dapat mengatasi infeksi bakteri Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus.

4. Melancarkan Saluran Pernapasan

Minyak jahe digunakan dalam pengobatan tradisional untuk infeksi saluran pernapasan seperti pilek, flu, batuk, asma, dan bronkitis. Minyak jahe memiliki aroma hangat dan menenangkan yang membantu menghilangkan lendir dari tenggorokan dan paru-paru.

5. Efek Antioksidan

Tanaman herbal jahe dikenal sebagai sumber antioksidan alami yang kuat. Antioksidan penting untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung antioksidan yang dapat menurunkan stres oksidatif terkait usia. Minyak jahe juga memiliki aktivitas antikanker yang potensial.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Minyak jahe digunakan dalam perawatan rambut alami dan beberapa sampo. Minyak jahe dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, meskipun penelitian menunjukkan hasil yang berbeda.

7. Menjaga Kecantikan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa minyak jahe memiliki potensi sebagai krim antikeriput. Kandungan antioksidan pada minyak jahe membantu mengatasi keriput, kerutan halus, dan kulit kasar.

8. Mengatasi Stres

Minyak jahe digunakan sebagai aromaterapi dengan aroma hangat dan menenangkan. Menghirup minyak jahe membantu menghilangkan rasa cemas, lelah, dan stres sehari-hari. Minyak jahe juga digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengatasi masalah emosional.

Cara Pakai Minyak Jahe

Berikut adalah cara penggunaan minyak jahe yang aman dan tepat:

1. Sebagai Diffuser

Gunakan diffuser untuk menyemprotkan minyak jahe ke seluruh ruangan. Anda dapat mengencerkan minyak jahe dengan air atau mencampurkannya dengan minyak esensial lainnya.

2. Inhalasi Uap

Gunakan uap jahe untuk melancarkan saluran pernapasan. Campurkan minyak jahe dengan air hangat dan hirup uapnya.

3. Semprotan

Gantikan semprotan pengharum ruangan dengan minyak jahe yang telah dicampur dengan air. Kocok dan semprotkan minyak jahe pada ruangan.

4. Minyak Oles

Gunakan minyak jahe secara tipis-tipis dan merata pada kulit.

Efek Samping Minyak Jahe

Penggunaan minyak jahe umumnya aman, tetapi berhati-hatilah jika Anda alergi terhadap jahe atau tanaman herbal dari keluarga Zingiberaceae.

Referensi:

  1. Seladi-Schulman, Jill, Ph.D. 2019. About Ginger Oil. [online] URL: https://www.healthline.com/health/ginger-oil. [Accessed 6 May 2020].
  2. Ruggeri, Christine CHHC. 2018. Gut-Friendly Ginger Essential Oil — Reduces Inflammation & Nausea. [online] URL: https://draxe.com/essential-oils/ginger-essential-oil/. [Accessed 6 May 2020].
  3. Goldman, Rena. 2019. A Detailed Guide to Ginger: What’s in It, Why It’s Good for You, and More. [online] URL: https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/ginger-nutrition-facts-health-benefits-alternative-uses-more/. [Accessed 6 May 2020].

About The Author

8 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

11 Manfaat Kacang Tanah yang Menyehatkan Tubuh