Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mastoidektomi: Tujuan, Fungsi, Prosedur, dan Efek Samping

Myles Bannister

Terdapat beberapa tindakan medis untuk mengatasi penyakit, salah satunya mastoidektomi. Berikut informasi mengenai tujuan, tata laksana, dan efek samping mastoidektomi.

Apa itu Mastoidektomi?

Mastoidektomi adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat sel udara mastoid yang sakit. Mastoid adalah bagian tengkorak yang terletak di belakang telinga dan berbentuk seperti sarang lebah. Mastoidektomi dilakukan untuk mengatasi infeksi telinga yang telah menyebar hingga ke tengkorak dan juga untuk mengatasi pertumbuhan abnormal pada telinga yang disebut kolesteatoma. Beberapa variasi mastoidektomi meliputi:

  • Simple mastoidectomy. Prosedur ini melibatkan pembukaan tulang mastoid, pengangkatan sel udara yang terinfeksi, dan pengeringan telinga tengah.
  • Radical mastoidectomy. Prosedur ini melibatkan pengangkatan sel udara mastoid, gendang telinga, sebagian besar struktur telinga tengah, dan saluran telinga. Biasanya dilakukan pada penyakit mastoid yang rumit.
  • Modified radical mastoidectomy. Prosedur ini mirip dengan radical mastoidectomy, namun lebih ringan.

Tujuan Mastoidektomi

Tujuan utama mastoidektomi adalah mengobati otitis media kronis atau chronic otitis media (COM), yaitu infeksi telinga yang terjadi di telinga bagian tengah. Jika COM dibiarkan, bisa berkembang menjadi kolesteatoma yang dapat menyebabkan hilangnya pendengaran dan komplikasi lainnya seperti abses otak, vertigo, kerusakan saraf wajah, meningitis, labyrint

About The Author

11 Tips Mempertahankan Keharmonisan Seks dalam Hubungan Jarak Jauh

10 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan