Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

12 Cara Mencegah Penyakit Flu yang Efektif

Myles Bannister

Penyakit flu dapat terjadi pada siapa pun, dan penting untuk mengetahui cara mencegahnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghindari flu!

Cara Mencegah Flu

Flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae (virus influenza).

Gejala flu termasuk menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, batuk, kelelahan, dan rasa tidak nyaman. Dengan mengubah gaya hidup dan mengambil langkah-langkah pencegahan, Anda dapat mencegah kondisi ini.

Berikut adalah cara mencegah penyakit flu:

1. Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air dapat membantu menghilangkan kuman. Gosokkan tangan selama 20 detik dan gunakan air mengalir atau air keran. Jika tidak ada air atau sabun, gunakan hand sanitizer berbahan alkohol.

2. Membersihkan Permukaan Benda dengan Disinfektan

Bersihkan permukaan benda yang sering digunakan dengan disinfektan jika Anda atau anggota keluarga terkena flu. Ini termasuk gagang pintu, gagang telepon, pegangan tangga, sakelar lampu, keyboard, mouse komputer, dan sebagainya.

3. Hindari Menyentuh Hidung, Mulut, dan Mata

Jika tangan belum dicuci, jangan menyentuh hidung, mulut, atau mata. Ini dapat mencegah penyebaran virus flu dan pilek.

4. Tutup Mulut dan Hidung Saat Bersin atau Batuk

Gunakan tisu saat bersin atau batuk. Tutupi mulut dan hidung agar virus tidak menyebar ke orang lain. Ini juga mencegah penyebaran penyakit pernapasan lainnya.

5. Tetap di Rumah Saat Sakit

Jika Anda sakit flu, hindari pergi ke tempat keramaian. Tidak pergi bekerja, sekolah, atau beraktivitas dengan orang banyak. Jaga jarak dengan anggota keluarga atau gunakan masker jika perlu bertemu orang lain.

6. Hindari Kerumunan

Menghindari kerumunan dapat mengurangi risiko terkena flu. Jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah, gunakan masker saat di tempat umum.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat membantu melawan infeksi. Tidurlah yang cukup, lakukan aktivitas fisik, konsumsi makanan sehat, dan pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin.

8. Perbaiki Kesehatan Usus

Makan makanan yang mengandung probiotik dan menjaga kesehatan usus dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dapatkan suplemen atau berjemurlah di bawah sinar matahari pagi.

10. Imunisasi Influenza Setiap Tahun

Vaksin flu perlu diperbarui setiap tahun karena virus flu yang dominan berubah. Vaksinasi dapat mengurangi risiko penyakit dan komplikasi.

11. Berhenti Merokok

Berhenti merokok dapat membantu mencegah efek parah virus flu pada tubuh.

12. Periksa ke Dokter Jika Memiliki Gejala Flu

Jika Anda memiliki gejala flu, periksakan ke dokter. Mereka dapat memberikan obat antivirus jika diperlukan.

Referensi

  1. Anonim. 2020. 10 Tips for Preventing the Cold & Flu Naturally. https://www.amymyersmd.com/article/prevent-cold-flu-naturally/. (Diakses pada 16 Juli 2020)
  2. Anonim. 2020. Healthy Habits to Help Prevent Flu. https://www.cdc.gov/flu/prevent/actions-prevent-flu.htm#:~:text=The%20single%20best%20way%20to,to%20treat%20and%20prevent%20flu. (Diakses pada 16 Juli 2020)
  3. Higuera, Valencia. 2019. How to Prevent the Flu: Natural Ways, After Exposure, and More. https://www.healthline.com/health/flu/how-to-prevent-flu-naturally#vaccinate. (Diakses pada 16 Juli 2020)
  4. Nichols, Hannah. 2020. How to avoid catching the flu. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321005#5.-Quit-smoking. (Diakses pada 16 Juli 2020)

About The Author

Spider Vein (Pembuluh Darah Pecah) di Wajah? Ini 12 Cara Menghilangkannya

Apakah Ibu Hamil Boleh Mewarnai Rambut? Ini Dia Faktanya!