Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makanan untuk Penderita Alergi Gatal

Myles Bannister

Ada beberapa makanan yang bisa dijadikan alternatif konsumsi sehari-hari untuk penderita alergi gatal guna mencegah kekambuhan masalah kesehatan ini. Berikut adalah makanan tersebut dan makanan yang harus dihindari.

Makanan untuk Alergi Gatal

Sebelum menjelaskan makanan untuk penderita alergi gatal, perlu diketahui bahwa alergi makanan dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan, gatal, dan kemerahan pada kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui makanan atau minuman yang menyebabkan reaksi alergi tersebut.

Berikut adalah makanan dan minuman yang aman dikonsumsi untuk penderita alergi gatal:

1. Jahe

Selain menyebabkan gatal, alergi makanan juga dapat menyebabkan pembengkakan, iritasi pada saluran hidung, mata, dan tenggorokan akibat peradangan. Jahe dapat mengurangi gejala-gejala tersebut.

2. Bee Pollen

Bee pollen adalah gabungan serbuk sari tanaman, nektar tanaman, dan air liur lebah yang memiliki sifat anti inflamasi, antijamur, dan antimikroba. Mengonsumsi bee pollen dapat mencegah reaksi alergi.

3. Buah Citrus

Makanan alergi gatal yang baik untuk dikonsumsi adalah buah citrus karena mengandung vitamin C yang dapat mengurangi iritasi saluran pernapasan.

4. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat alergi gatal.

5. Tomat

Tomat mengandung vitamin C dan likopen yang membantu mengatasi peradangan sistemik.

6. Salmon

Salmon mengandung eicosapentaenoic acid (EPA) yang dapat mengurangi risiko alergi dan demam.

7. Bawang

Bawang mengandung kuersetin yang merupakan antihistamin alami dan juga makanan kaya prebiotik.

8. Kefir

Kefir merupakan minuman fermentasi yang dapat mengatasi inflamasi terkait alergi.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Alergi Gatal

Makanan dan minuman tertentu mengandung histamin yang dapat menyebabkan gatal dan peradangan. Beberapa makanan yang harus dihindari saat alergi gatal adalah susu sapi, telur, ikan, kerang, kedelai, gandum, dan kacang-kacangan.

Anda juga perlu berhati-hati terhadap reaktivitas silang dan alergi lintas reaktif terhadap makanan lainnya. Menggunakan krim hidrokortison dan membaca label makanan dengan teliti dapat membantu mengurangi gejala alergi gatal.

Referensi

About The Author

Olay Regenerist Micro-Sculpting Cream Night 50 Gr

Waspada! Tanda Janin Stres di Dalam Kandungan