Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Ciri-ciri Orang Temperamental, Adakah di Sekitar Anda?

Myles Bannister

Mengenali ciri-ciri orang yang temperamental adalah penting karena mereka mudah marah karena hal-hal sepele. Apa ciri orang temperamental? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenali Ciri-ciri Orang Temperamental

Temperamental adalah gaya perilaku di mana seseorang tidak dapat mengendalikan emosinya. Sifat ini umumnya bawaan sejak lahir dan memiliki tanda khas. Berikut adalah ciri-ciri orang temperamental:

1. Mudah Marah

Marah adalah respons normal, tetapi menjadi masalah jika sering marah di hadapan orang lain dan terjadi setiap hari.

Jika Anda khawatir memiliki masalah ini, segera konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan bantuan.

2. Menyakiti Diri Sendiri

Saat menghadapi masalah, orang yang temperamental bisa menyakiti diri sendiri secara fisik atau mental. Misalnya, mereka bisa memukul atau membenturkan kepala dengan benda keras.

Selain itu, mereka juga bisa menyakiti diri sendiri secara mental dengan merasa tidak pantas mendapatkan peluang, terlalu kritis pada diri sendiri, atau berselisih dengan orang yang ingin membantu.

Tetapi, menyakiti diri sendiri atau orang lain tidak dapat diterima. Jika kemarahan membuat Anda berpikir untuk melakukan hal-hal tersebut, sebaiknya Anda mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.

3. Bersikap Defensif

Orang yang temperamental selalu waspada dan berusaha melindungi diri mereka sendiri dengan menunjukkan sikap dan amarah.

Ketika mereka merasa dikecewakan, dikhianati, atau tidak mau disalahkan, mereka merasa perlu melakukan perlawanan. Hal ini bisa dilakukan dengan memukul atau berteriak untuk menjadi yang paling keras dan paling agresif.

4. Dijauhi Orang di Sekitarnya

Ciri-ciri orang temperamental yang mudah dikenali adalah memiliki hubungan sosial yang buruk karena sifat mereka membuat orang di sekitarnya menjauh.

Orang dengan sifat ini mungkin memiliki masa lalu yang tidak sehat atau tidak mendukung, baik dengan teman atau keluarga.

5. Bermasalah di Tempat Kerja

Ketidakmampuan orang temperamental dalam mengendalikan emosi dapat menyebabkan perilaku buruk dan ketidakpatuhan dalam lingkungan kerja.

Selain itu, ciri-ciri orang temperamental cenderung lebih mudah tersulut emosi dalam menanggapi tugas-tugas di tempat kerja.

6. Gemar Merusak Barang

Jika seseorang sering merusak barang setiap kali marah atau karena masalah kecil, hal ini bisa dikatakan sebagai ciri orang yang temperamental karena mereka tidak dapat mengontrol emosi mereka.

Orang temperamental yang gemar merusak barang bisa memecahkan gelas, menghancurkan barang milik orang lain, menendang barang di rumah, atau meninju dinding.

7. Memiliki Gangguan Kesehatan Mental atau Fisik

Sifat temperamental pada seseorang bisa muncul akibat masalah kesehatan fisik. Ketidakmampuan untuk mengontrol emosi yang terus-menerus juga dapat berdampak buruk pada tubuh.

Orang yang temperamental rentan mengembangkan berbagai masalah kesehatan baik pada otak maupun pada tubuh, termasuk risiko serangan jantung, kecemasan, stroke, penyakit paru-paru, depresi, dan tekanan darah tinggi.

8. Ketidakmampuan Menyelesaikan Masalah

Saat orang temperamental menghadapi masalah, mereka biasanya kesulitan mengontrol emosi dan sulit beradaptasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Menghadapi masalah dengan amarah yang terus-menerus hanya akan membuat sistem saraf stres daripada rileks. Akibatnya, sulit untuk menjalin hubungan sosial dan tidak mau mendengar saran dari orang lain.

9. Penyalahgunaan Obat

Orang yang temperamental biasanya mudah marah dan sulit mengendalikan emosi mereka. Mereka memiliki kemungkinan untuk menyalahgunakan zat atau obat-obatan tertentu untuk merasa lebih tenang meski hanya sesaat.

Namun, sayangnya, obat-obatan tersebut dapat memberikan efek sebaliknya dalam beberapa kasus. Hal ini karena penggunaan obat-obatan secara berlebihan dapat memengaruhi fungsi otak.

10. Sarkasme

Jika seseorang sering melontarkan sindiran dengan kalimat sarkasme, hal ini bisa menandakan bahwa orang tersebut memiliki sifat temperamental. Sarkasme adalah gaya bahasa yang mengandung sindiran dengan kata-kata kasar dan tajam.

Orang yang terbiasa dengan sarkasme sering kali dilandaskan pada kebencian dan memiliki masalah yang belum terselesaikan.

11. Mudah Berkelahi

Ketika seseorang memendam amarah yang belum terselesaikan dari luka atau trauma masa lalunya, kemungkinan besar mereka akan melampiaskannya pada orang lain.

Orang dengan sifat ini biasanya mudah merasa terancam oleh komentar yang sepele dan menggunakan hal tersebut sebagai alasan untuk melampiaskan emosi mereka dengan berkelahi.

Nah, itulah sederet ciri-ciri orang dengan sifat temperemantal yang mungkin jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

Referensi

  1. Anonim. 2020. Signs You May Need Anger Management. https://www.fifthstreetcounseling.org/signs-you-may-need-anger-management/. (Diakses pada 26 Oktober 2022)
  2. Anonim. Temperament – What is it?. https://extension.psu.edu/programs/betterkidcare/early-care/tip-pages/all/temperament-2013-what-is-it. (Diakses pada 26 Oktober 2022)
  3. Anonim. Do I Have Anger Issues? 5 Signs to Look for. https://reallifecounseling.us/do-i-have-anger-issues/. (Diakses pada 26 Oktober 2022)
  4. Stevenson, Oscar dan Renée S. 20 Deadly Signs A Man Has Anger Issues + How To Resolve Them. https://ncrw.org/signs-man-anger-issues/. (Diakses pada 26 Oktober 2022)

About The Author

8 Bahaya Bubble Tea yang Harus Diwaspadai

Gangguan Kecemasan: Penyebab, Gejala, Penanganan