Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat dan Cara Melakukan Power Nap

Myles Bannister

Power nap adalah istilah yang digunakan untuk tidur sejenak ditengah aktivitas yang sedang dilakukan. Apa manfaat dan cara melakukannya? Berikut penjelasannya.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Power Nap

Waktu yang ideal untuk power nap tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Misalnya, untuk orang dengan jam kerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, waktu terbaik adalah sebelum atau sesudah makan siang, biasanya antara pukul 12:30 sampai 14.00. Tidur singkat setelah jam 4 sore bukanlah waktu yang ideal karena dapat mengganggu kualitas tidur malam hari. Sementara untuk pekerja shift malam, waktu yang ideal mungkin tengah malam atau dini hari.

Lama Seharusnya Power Nap Dilakukan

Power nap sebaiknya hanya dilakukan selama 10 sampai 20 menit. Tidur singkat ini hanya memasuki tahap tidur ringan di mana otot-otot rileks dan detak jantung melambat. Jika tidur terlalu lama, Anda berisiko memasuki tahap tidur yang lebih dalam dan sulit untuk bangun. Jika Anda terbangun dalam tahap tidur yang lebih dalam, Anda mungkin akan merasa pusing dan lelah.

Manfaat Power Nap

Jika Anda memiliki tidur malam yang buruk, power nap bisa membantu mengatasi rasa kantuk di siang hari. Beberapa manfaat lain power nap adalah:

  • Memperbaiki suasana hati.
  • Meningkatkan kewaspadaan.
  • Memperbaiki ingatan jangka pendek.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Jika Anda memiliki insomnia kronis atau masalah medis seperti sleep apnea, power nap bukanlah solusinya.

Cara Melakukan Power Nap

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari power nap:

Temukan Lingkungan Tidur yang Baik

Kondisi lingkungan sangat penting saat melakukan power nap. Pilih lingkungan tidur yang gelap, tenang, dan sejuk. Gunakan kamar tidur saat bekerja di rumah atau ruang istirahat saat bekerja di kantor. Jika tidak tersedia, ciptakan suasana tidur yang nyaman.

Menyiapkan Perlengkapan Tidur

Sesuaikan perlengkapan tidur dengan lingkungan Anda. Gunakan bantal kecil dan selimut jika perlu. Gunakan penyumbat telinga atau headphone peredam untuk mengurangi kebisingan. Gunakan eye mask sleep untuk mengurangi cahaya yang mengganggu.

Hindari Menggunakan Gawai

Jauhkan ponsel atau gadget lain saat tidur. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar bisa mengganggu tidur. Jadi, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari power nap, hindari penggunaan gawai.

Konsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Jika ingin mendapatkan lebih banyak energi dari power nap, minumlah secangkir kopi sebelum tidur. Kombinasi kafein dan tidur singkat dapat menghilangkan rasa kantuk di sore hari.

Mencoba Meditasi

Tidur singkat dan meditasi memiliki efek dan manfaat yang mirip. Keduanya dapat meningkatkan kondisi mental dan mengurangi stres. Menggabungkan power nap dengan meditasi secara teratur dapat memberikan perubahan positif pada kondisi tubuh dan pikiran.

Bangun Tepat Waktu

Setel alarm dan bangun tepat waktu setelah power nap. Jangan menunda-nunda atau menggunakan fitur snooze pada alarm. Jika masih merasa mengantuk, lakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak untuk memberi sinyal bahwa tidur sejenak telah berakhir.

Referensi

  1. Anonim. 2021. What is a Power Nap?. https://www.sleep.org/what-is-a-power-nap/. (Diakses pada 24 November 2021).
  2. Anonim. 2021. Should You Take Power Naps?. https://health.clevelandclinic.org/power-naps/. (Diakses pada 24 November 2021).
  3. Todd, Lindsey. 2021. What to know about power naps. https://www.medicalnewstoday.com/articles/power-naps. (Diakses pada 24 November 2021).

About The Author

Ascardia – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Gaslighting: Definisi, Ciri-Ciri, Penyebab, Cara Mengatasi, dll