Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe, Mudah dan Aman

Myles Bannister

Pada dasarnya ada banyak cara mengatasi rambut rontok dan ketombe baik dengan obat maupun bahan alami. Bagaimana cara menghilangkan dua kondisi tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Hubungan Ketombe dengan Rambut Rontok

Ketombe adalah kondisi kulit yang menyebabkan serpihan putih atau kuning di kulit kepala. Kondisi ini tidak menyebabkan rambut rontok secara langsung.

Rasa gatal akibat ketombe dapat menyebabkan rambut rontok karena mempengaruhi folikel rambut.

Kerontokan rambut sebanyak 50-100 helai per hari dianggap normal. Namun, jika mengalami kerontokan yang berlebihan, perlu penanganan medis.

Ketombe juga dapat meningkatkan kerontokan rambut pada orang dengan androgenetic alopecia (pola kebotakan pada pria dan wanita).

Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Kiat untuk mengobati dan mencegah rambut rontok akibat ketombe adalah menghilangkan rasa gatal dan garukan yang dapat melindungi folikel rambut yang memicu rambut rontok.

Berikut ini cara mengatasi rambut rontok dan ketombe:

1. Sampo Antiketombe

Untuk mengatasi ketombe ringan, gunakan sampo obat yang mengandung pyrithione zinc, salicylic acid, ketoconazole, coal tar, atau selenium sulfide.

Ikuti instruksi pada botol saat menggunakan sampo antiketombe. Beberapa sampo mungkin perlu dibiarkan di kulit kepala selama beberapa menit agar efektif menghilangkan ketombe.

Gunakan sampo herbal yang mengandung lidah buaya, kunyit, minyak rosemary, daun mint, tea tree oil, atau ekstrak lemon jika kulit kepala alergi terhadap bahan kimia.

2. Moisturizer Rambut

Kulit kepala kering adalah penyebab rambut berketombe. Pijat kulit kepala dengan minyak kelapa untuk meningkatkan aliran darah dan gunakan kondisioner yang sesuai untuk menambah kelembapan.

Jika ketombe terjadi akibat kepala yang berminyak, hindari penggunaan minyak ke kulit kepala.

3. Hindari Perawatan Rambut yang Keras

Produk perawatan rambut yang mengandung sulfat, pengawet, pewangi, dan pewarna dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Gunakan perawatan rambut yang lembut.

4. Mengendalikan Stres

Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan ketombe. Kelola stres dengan yoga, meditasi, pernapasan dalam, pola hidup sehat, relaksasi, berpikir positif, berbagi keluhan dengan orang yang dipercaya, menghabiskan waktu dengan hobi, dan meningkatkan ibadah.

5. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya yang mengandung antiinflamasi dapat menenangkan kulit kepala dari peradangan akibat ketombe. Oleskan gel lidah buaya segar pada kulit kepala dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

6. Tea Tree Oil

Sampo dengan kandungan 5% tea tree oil dapat mengobati ketombe ringan hingga sedang. Tea tree oil memiliki khasiat antijamur, antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi. Campurkan tea tree oil dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala dan rambut.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antiseptik yang membantu mengatasi ketombe dan peradangan pada kulit kepala. Seduh teh hijau, campur dengan minyak peppermint dan cuka putih, bilas rambut dan kulit kepala dengan teh hijau, dan pijat kulit kepala selama lima menit sebelum membilas dengan sampo dan kondisioner ringan.

8. Cuka Sari Apel

Menerapkan cuka sari apel dapat membantu mendorong pelepasan sel kulit mati, melawan pertumbuhan jamur, dan menyeimbangkan pH di kulit kepala. Campurkan cuka sari apel dengan minyak atau sampo yang biasa digunakan, atau encerkan dengan air sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

9. Hindari Produk Penata Rambut secara Berlebihan

Produk penata rambut seperti gel atau semprotan dapat membuat kulit kepala berminyak dan menyebabkan ketombe berminyak. Hindari penggunaan produk pewarnaan rambut dan pengering rambut yang dapat mengeringkan kulit kepala.

10. Hindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebih

Paparan sinar matahari langsung yang lama dapat melemahkan dan mengeringkan folikel rambut. Berjemur di bawah sinar matahari beberapa menit setiap pagi dapat membantu membunuh jamur penyebab ketombe.

11. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan pedas dan berlemak dapat menyebabkan ketombe. Konsumsi makanan yang menyehatkan kulit kepala dan memperkuat folikel rambut seperti kelapa, amla, almond, walnut, kacang hijau, kacang tanah, buttermilk, kismis, delima, dan mentimun.

Jadi, itulah beragam cara mengatasi rambut rontok dan ketombe yang bisa Anda coba di rumah. Jika mengalami ketombe dan kerontokan yang parah, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya dengan tepat.

Referensi

  1. Kashyap, Tejashee. 2021. How To Reduce Dandruff And Hair Fall At Home: Natural Remedies To Try. https://swirlster.ndtv.com/beauty/how-to-reduce-dandruff-and-hair-fall-at-home-natural-remedies-to-try-2412346. (Diakses pada 20 September 2021)
  2. Soni, Akansha. 2020. Can Dandruff Cause Hair Loss? How To Treat It?. https://vedix.com/blogs/articles/does-dandruff-cause-hair-loss. (Diakses pada 20 September 2021)
  3. Tamatam, Sowmya. 2020. Dandruff & Hair Loss: How Are They Really Connected?. https://skinkraft.com/blogs/articles/can-dandruff-cause-hair-loss. (Diakses pada 20 September 2021)

About The Author

Kepribadian Ganda – Gejala, Tanda, Penyebab

Sering Merasa Lelah Saat Hamil? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!