Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Manfaat Masker Charcoal (Arang) untuk Wajah Cantik Alami

Myles Bannister

Manfaat Masker Charcoal

Masker yang terbuat dari arang bambu ini mengandung karbon aktif yang memiliki banyak manfaat. Bahan aktif tersebut mampu menyerap racun, bakteri, bahan kimia, dan partikel mikro yang menempel di kulit, sehingga kulit menjadi bersih.

Masker arang di pasaran memiliki bentuk bubuk, krim atau gel, peel off mask, dan sheet mask. Apa saja manfaat masker charcoal atau arang ini bagi kulit? Berikut adalah 7 di antaranya!

1. Menghilangkan Komedo

Manfaat masker arang yang pertama adalah menghilangkan komedo dan jerawat.

Produk masker arang yang terkenal sebagai masker pengangkat komedo hadir dalam bentuk peel off mask. Masker arang peel off langsung dapat mengangkat komedo, sedangkan masker arang bentuk lainnya membuat komedo lebih mudah dikeluarkan.

2. Menghilangkan Jerawat

Selain menghilangkan komedo, masker arang juga ampuh mengatasi masalah jerawat.

Kandungan antiinflamasi dalam masker arang membuat jerawat lebih cepat kering. Masker arang charcoal powder yang dicampur dengan air mawar direkomendasikan untuk menghilangkan jerawat.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat masker charcoal selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori.

Pori-pori yang besar dapat memicu masalah kulit karena kotoran, debu, dan sisa make up mudah masuk ke dalam pori-pori. Penyumbatan pori-pori menyebabkan masalah kulit lain seperti jerawat dan komedo.

4. Mengontrol Produksi Sebum

Masker arang tidak hanya mengurangi produksi sebum berlebih di wajah tetapi juga bisa mengontrolnya.

Jadi, meskipun masker arang menghentikan produksi minyak berlebih, masker arang tidak membuat wajah menjadi kering. Beberapa produk masker arang bahkan boleh digunakan oleh pemilik wajah kering.

5. Mencegah dan Mengatasi Penuaan

Gejala penuaan bukan hanya dipengaruhi oleh umur, tetapi juga pola hidup dan faktor lingkungan. Kulit yang sering terpapar polusi dan radikal bebas dapat memicu gejala penuaan lebih cepat.

Kandungan dalam masker arang mampu mendetoksifikasi kulit sehingga gejala penuaan dini dapat dicegah. Pemakaian masker arang secara rutin juga menyamarkan garis halus pada wajah.

6. Menghilangkan Kulit Kusam

Penumpukan kotoran di wajah membuat kulit menjadi kusam. Penggunaan masker arang membuat kulit yang kusam menjadi lebih cerah dan bercahaya.

7. Exfoliator Alami

Proses exfoliating harus dilakukan secara rutin.

Selain mengangkat kotoran, proses exfoliating juga mengangkat sel kulit mati. Manfaat masker charcoal sebagai exfoliator alami membuat kulit menjadi lebih bersih, cerah, dan sehat.

Tips Memilih Masker Arang

Masker arang bambu memiliki klaim aman, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk masker arang.

  • Masker arang bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Sebaiknya mencoba produk masker arang langsung pada wajah untuk mengetahui adanya reaksi alergi.
  • Gunakan jenis masker arang peel off hanya pada area yang berkomedo seperti hidung dan dagu. Cara pengangkatan masker yang lengket di kulit dapat ikut tertariknya jaringan kulit terluar.
  • Jika tidak untuk mengangkat komedo, pilih masker yang dibilas dengan air.
  • Perhatikan kandungan lain dalam produk masker arang. Hindari produk yang mengandung bahan yang tidak cocok di kulit.

Itu dia berbagai manfaat masker arang untuk kecantikan wajah. Tertarik untuk mencoba? Jangan lupa perhatikan tips penggunaannya juga, ya!

Sumber:

  1. Anonim. Yep, You Can Detox and Purify Your Skin and Hair with Activated Charcoal. https://www.besthealthmag.ca/best-looks/beauty/detox-and-beautify-your-skin-and-hair-with-activated-charcoal/. (Diakses 28 Desember 2019).
  2. Higuera, Valencia. 2019. What Are the Benefits of a Charcoal Face Mask?. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/charcoal-mask-benefits. (Diakses 28 Desember 2019).

About The Author

Bahaya Ngelem bagi Kesehatan, Dampaknya pada Sistem Pernapasan dan Otak

Anatomi Jantung: Struktur, Fungsi, Cara Kerja, Penyakit