Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Cara Memutihkan Kuku Secara Alami (Mudah dan Cepat)

Myles Bannister

Bagaimana cara memutihkan kuku secara alami? Kuku adalah bagian tubuh yang mungkin jarang diperhatikan, namun sebenarnya warna kuku dapat menjelaskan tentang kesehatan Anda. Ketahui apa penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya.

Penyebab Kuku Kuning

Kuku kuning mungkin dianggap masalah sederhana, namun ini dapat menjadi gejala kesehatan yang serius. Berikut ini penyebab kuku kuning:

  • Salah menggunakan produk kuku
  • Kekurangan vitamin
  • Kekurangan nutrisi

Kuku kuning juga dapat menjadi gejala penyakit berbahaya, seperti:

  • Kondisi tiroid
  • Psoriasis
  • Diabetes
  • Kondisi paru-paru kronis
  • Obstruksi limfatik
  • Artritis reumatoid

Bila kondisi kuku kuning terjadi akibat kondisi umum, Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada gejala yang signifikan. Namun, jika kondisi Anda terkait dengan gejala penyakit kronis, pengobatan lebih lanjut diperlukan.

Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Anda mungkin ingin memiliki kuku-kuku yang bersih dan terlihat bagus. Berikut ini cara memutihkan kuku secara alami:

1. Jus Lemon

Anda dapat menggunakan jus lemon untuk memutihkan kuku. Caranya adalah dengan memeras lemon dan menggosok jusnya ke kuku Anda. Biarkan jus lemon meresap ke kuku selama beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menggunakan krim khusus untuk tangan dan kuku untuk hasil yang lebih cepat dan efektif.

2. Baking Soda

Baking soda (sodium bicarbonate) dapat digunakan untuk memutihkan kuku. Campurkan 2 sendok teh baking soda dengan air hangat, gosokkan pasta baking soda tersebut ke kuku, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi proses ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

3. Pasta Gigi dengan Pemutih

Gunakan pasta gigi dengan pemutih untuk menggosok kuku Anda selama sekitar 3 menit, lalu bilas. Gunakan pelembap atau losion setelahnya untuk menjaga kelembapan tangan.

4. Cuka Apel Putih

Rendam kuku Anda dalam campuran setengah gelas air hangat dengan setengah gelas cuka apel selama 20 menit, lalu bilas tangan hingga bersih. Ulangi proses ini selama 3-4 minggu. Jangan lupa gunakan pelembap untuk tangan.

5. Sabun

Cuci tangan dengan sabun secara teratur untuk membersihkan kuku dan membunuh virus dan bakteri.

6. Hidrogen Peroksida

Rendam kuku Anda dalam campuran air hangat dengan hidrogen peroksida, biarkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas sampai bersih. Tambahkan minyak almond atau minyak kelapa untuk hasil yang lebih maksimal. Pastikan tidak ada luka terbuka di sekitar kuku atau jari Anda sebelum menggunakan hidrogen peroksida.

7. Minyak Esensial

Gosokkan minyak esensial seperti lemon, almond, atau kelapa ke kuku dan punggung tangan Anda selama 10 menit, lalu bilas. Minyak esensial dapat membersihkan jamur penyebab warna kuning pada kuku.

8. Stroberi

Potong buah stroberi segar, gosokkan ke kuku Anda, diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas. Anda juga dapat membuat pasta stroberi dengan menambahkan 1 sendok teh soda kue.

9. Kulit Jeruk

Gosokkan kulit jeruk ke kuku Anda, lalu bilas sampai bersih. Ulangi proses ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

10. Tea Tree Oil

Gosokkan sedikit tea tree oil ke kuku Anda, biarkan selama sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi proses ini beberapa minggu hingga kulit kuku bening.

11. Kikir Kuku (Nail File)

Gunakan set kikir kuku untuk mengatasi warna kuning gelap pada kuku. Pastikan Anda menggunakan kikir kuku sesuai aturan untuk hasil yang terbaik.

Selain cara memutihkan kuku, penting juga untuk memperhatikan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Makanlah buah dan sayur untuk memberikan nutrisi pada kuku dan seluruh tubuh Anda. Ingatlah bahwa perawatan alami ini hanya efektif jika dilakukan secara teratur dan melibatkan perawatan tubuh secara menyeluruh.

Referensi

  1. Hosny, Dalia. 2020. How to Whiten Underneath Your Nails Naturally. https://fustany.com/en/beauty/nails/how-to-whiten-underneath-your-nails-naturally.
  2. Listotic. 2019. 6 Of The Best Ways To Whiten Your Nails. https://listotic.com/6-easy-ways-to-whiten-your-nails.
  3. Mathews, Jennifer. 2015. Whiten Yellow Nails at Home With These Amazing Hacks. https://www.healthyway.com/content/whiten-yellow-nails-at-home-with-these-amazing-hacks.
  4. Polard, Stephanie. 2019. 8 DIY WAYS TO GET RID OF YELLOW NAILS. https://helloglow.co/how-to-whiten-nails.
  5. Tschinkel, Arielle. 2018. 11 foods you should eat for stronger nails. https://www.insider.com/foods-that-are-good-for-your-nails-2018-4.
  6. Verike, Angie. 2020. Yellow Nails: 11 Easy Home Remedies To Fight Fingernail Discoloration. https://www.littlethings.com/how-to-get-rid-of-yellow-nails.
  7. Watson, Kathryn. 2017. Yellow Nails. https://www.healthline.com/health/yellow-nails.

About The Author

Vitamin B3 (Niacin): Manfaat, Sumber, Dosis, dll

Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan