Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kulit Kepala Kering: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Kulit kepala kering terjadi ketika kulit di kepala kekurangan minyak. Ini dapat menyebabkan gatal, pengelupasan, dan iritasi. Apa penyebab kondisi ini? Bagaimana cara mengatasinya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Kulit Kepala Kering dan Ketombe

Ketombe dan kulit kering di kepala memiliki gejala yang sama, yaitu munculnya serpihan putih dan gatal di kulit kepala, tetapi keduanya adalah kondisi yang berbeda. Kulit kering di kepala ditandai dengan iritasi dan pengelupasan kulit. Sementara ketombe terjadi karena produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala. Mengetahui perbedaan antara kedua kondisi ini akan membantu Anda dalam perawatan yang tepat dan efektif.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa penyebab lainnya meliputi:

1. Dermatitis Seboroik

Kulit kepala berminyak disebabkan oleh peningkatan produksi minyak dari kelenjar sebaceous di sekitar folikel rambut. Hal ini dapat menyebabkan kulit mengelupas, kemerahan, atau ketombe, yang merupakan gejala dari dermatitis seboroik. Penyebab kondisi ini dapat berupa peradangan, stres, atau kondisi medis tertentu.

2. Psoriasis Kulit Kepala

Kulit kepala kering juga dapat disebabkan oleh psoriasis. Kondisi ini membuat kulit kepala terlihat perak atau seperti ditaburi tepung. Psoriasis sering kali menyebabkan sisik tebal, serpihan putih besar, dan gatal. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi kemungkinan melibatkan kondisi autoimun.

3. Dermatitis Kontak Iritan atau Alergi

Penggunaan produk rambut seperti sampo atau gel penata yang mengandung zat iritan atau alergen dapat menyebabkan dermatitis kontak iritan atau alergi. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala. Dermatitis kontak iritan terjadi karena kontak langsung dengan zat tertentu yang merusak pelindung kulit. Sedangkan dermatitis kontak alergi terjadi akibat paparan zat alergen yang memicu reaksi sistem kekebalan tubuh.

4. Terlalu Sering Keramas

Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang diperlukan oleh kulit kepala untuk terhidrasi dengan baik. Seiring waktu, hal ini dapat mengeringkan rambut dan menyebabkan kerusakan.

5. Eksim Atopik

Eksim atopik merupakan jenis eksim yang memengaruhi orang yang memiliki alergi. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kulit kepala kering, serta dapat terjadi di tangan, siku, wajah, dan punggung lutut.

6. Asupan Makanan

Beberapa makanan yang tinggi karbohidrat dapat menyebabkan peningkatan ragi di kulit kepala, yang menghasilkan serpihan putih. Oleh karena itu, asupan makanan Anda juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kepala.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Berikut beberapa cara mengatasi kulit kepala kering:

Pilih Sampo yang Sesuai

Jika Anda memiliki ketombe ringan, keramas setiap hari dengan sampo lembut dapat membantu mengurangi minyak di kulit kepala. Untuk kasus ketombe yang lebih parah, gunakan sampo khusus ketombe. Pastikan sampo yang Anda pilih mengandung zat-zat seperti pyrithione zinc, selenium sulfide, ketoconazole, salicylic acid, atau coal tar.

Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antibiotik yang kuat, sehingga dapat membantu mengatasi kulit kepala kering. Beberapa sampo ketombe mengandung minyak pohon teh.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan dapat mengurangi iritasi kulit kepala. Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang dapat melembapkan dan melindungi kulit kepala. Anda bisa mengonsumsi buah alpukat atau mengoleskan minyak alpukat langsung ke kulit kepala yang kering. Campurkan minyak alpukat dengan pisang yang dihaluskan, oleskan ke kulit kepala dan pijat secara ringan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan jika perlu, dan gunakan sumber referensi yang terpercaya dalam mengatasi masalah kulit kepala kering.

  1. Anonim. What Causes Dry Scalp?. WebMD. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  2. Colameo, Lindsay. 2019. How to Cure a Flaky, Dry Scalp: The Treatment and Causes You Should Know. Glamour. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  3. Gotte, Ana. 2019. Home Remedies for Dry Scalp. Healthline. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  4. Rodriguez, Diana. 2010. Dry Scalp and Dandruff: What’s Causing Those Flakes?. Everyday Health. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  5. Villines, Zawn. 2018. The Difference Between Dandruff and a Dry Scalp. Medical News Today. (Diakses pada 19 Juni 2020).
  6. Watson, Stephanie. 2019. Is It Dandruff or Dry Scalp? Symptoms, Treatment, and More. Healthline. (Diakses pada 19 Juni 2020).

About The Author

Apakah Keputihan Membuat Wanita Sulit Hamil?

Daun Kelor: Kandungan Gizi yang Komplit dan Kaya