Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Penyebab Perut Mual Mendadak

Myles Bannister

Kadang-kadang, kita merasa tidak nyaman pada perut dengan mual-mual dan ingin muntah. Hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas kita. Sebenarnya, apa penyebab sensasi mual dan muntah mendadak ini?

Penyebab Sensasi Mual yang Beragam

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai beberapa hal yang dapat menyebabkan sensasi mual. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

Asam Lambung yang Tinggi

Asam lambung yang tinggi adalah salah satu penyebab mual yang paling umum. biasanya, ini disebabkan oleh masalah seperti maag atau GERD. Penyebab kedua masalah kesehatan tersebut adalah melemahnya katup antara kerongkongan dan lambung, yang disebut otot sfingter. Ini membuat asam lambung atau makanan yang seharusnya tetap di lambung naik ke tenggorokan.

Sensasi mual yang disebabkan oleh masalah kesehatan ini biasanya disertai dengan sendawa, batuk-batuk, atau sensasi asam di mulut.

Infeksi Saluran Pencernaan

Jika kita mengalami infeksi saluran pencernaan yang menyebabkan keracunan atau diare, kita akan mengalami gejala mual. ini adalah reaksi tubuh untuk mengeluarkan kontaminan seperti bakteri, jamur, dan parasit melalui muntah dan mual.

Infeksi saluran pencernaan ini tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan keracunan, jadi sebaiknya segera hubungi dokter.

Mabuk Perjalanan

Jika kita dalam kondisi tubuh yang lemah saat melakukan perjalanan dengan mobil, pesawat, atau kapal, kita mungkin mengalami mabuk perjalanan. Hal ini disebabkan oleh sinyal yang dikirim oleh indera ke otak yang mengacau dan menyebabkan mual dan pusing.

Gejala ini bisa menjadi lebih buruk jika kita menggunakan gadget atau membaca saat dalam kendaraan. Kita disarankan untuk beristirahat untuk meredakan gejala tersebut.

Mabuk Akibat Alkohol

Meskipun kita sudah seringkali diingatkan oleh pakar kesehatan tentang bahaya minuman beralkohol, masih banyak yang mengonsumsinya karena pertemanan. Padahal, minuman ini memiliki dampak serius. Selain dapat merusak kesadaran, ini juga dapat menyebabkan mual dan muntah yang parah.

Hal ini disebabkan oleh zat dalam alkohol yang tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan, sehingga dianggap racun oleh tubuh. Otak langsung mengirim sinyal untuk mual dan muntah agar zat tersebut segera dikeluarkan.

Kepanikan

Jika kita tiba-tiba dalam keadaan panik atau stres, produksi hormon serotonin meningkat secara signifikan. Ini dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan pernapasan yang pendek. Asam lambung juga naik akibatnya dan berujung pada mual.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan gejala mual. Jika ini sering terjadi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti obat dan mencegah efek samping yang serupa.

Kehamilan

Meskipun tidak semua ibu hamil mengalami mual, seringkali ibu hamil mengalami morning sickness. Ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh ibu yang menyebabkan mual-mual.

Sumber:

  1. Roth, Erica. 2017. Asam Reflus dan Mual. healthline.com/health/gerd/nausea. (Diakses pada 19 Januari 2020)

About The Author

9 Obat Malaria Alami untuk Pengobatan di Rumah dan Tips Pencegahannya

Tidur Berjalan (Sleepwalking): Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dll