Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Cara Menyusui Bayi Kembar yang Benar, Nyaman, dan Aman

Myles Bannister

Ketahui beberapa tips menyusui bayi kembar yang akan mempermudah proses menyusui bayi kembar Anda. Impian Anda untuk memberikan ASI penuh kepada bayi kembar pun bisa diwujudkan dan penuh suka ria.

Cara menyusui bayi kembar yang benar dan nyaman

Kesulitan dalam menyusui bayi kembar biasanya dikarenakan ibu belum mengetahui dan menerapkan cara menyusui bayi kembar yang benar. Para ibu yang melahirkan bayi kembar perlu mengetahui hal ini sehingga bisa menyusui bayi kembar tanpa kesulitan.

Berikut ini adalah beberapa cara menyusui bayi kembar yang benar dan mudah:

1. Perbaiki kondisi ibu

Kondisi ibu yang baru melahirkan biasanya kurang baik. Kondisi tersebut meliputi kondisi fisik, jiwa, dan mental. Terutama jika ibu tersebut baru menjalani melahirkan pertama kali dan memiliki bayi kembar sebagai anak pertama.

Kondisi jiwa ibu yang stres, banyak pikiran, frustasi, atau depresi bisa menghambat proses menyusui bayi kembar. Oleh karena itu, Anda harus memperbaiki kondisi pikiran, mental, dan fisik. Menerapkan pola hidup sehat bisa membantu menjaga kondisi fisik ibu tetap baik.

2. Menjaga produksi ASI cukup untuk bayi kembar

Jaga produksi ASI agar cukup untuk bayi kembar Anda. Produksi ASI yang kurang bisa menghambat kelancaran menyusui bayi kembar.

Jika produksi ASI Anda cukup untuk bayi kembar, menyusui pun akan berjalan lancar. Salah satu kesulitan dalam menyusui bayi kembar adalah ketika bayi masih lapar setelah payudara terasa kosong, hal ini bisa dihindari.

3. Menggunakan bantal menyusui

Pemakaian bantal menyusui adalah salah satu cara menyusui bayi kembar dengan benar dan mudah. Dengan menggunakan bantal menyusui, posisi ibu ketika menyusui bayi menjadi lebih tepat. Perlekatan antara bibir bayi dan puting pun lebih baik.

Banyak ibu yang menggunakan bantal menyusui terutama ibu dari bayi kembar. Pastikan Anda telah memiliki bantal ini.

4. Mengatur beberapa persiapan

Lakukan beberapa persiapan sebelum menyusui bayi kembar. Pertama, cuci tangan dengan bersih sebelum menyusui. Pastikan barang yang Anda butuhkan saat menyusui sudah dekat Anda.

Beberapa barang yang biasanya dibutuhkan saat menyusui adalah kain bersih untuk bayi, kain bersih untuk puting Anda, jam untuk melihat durasi menyusui bayi, dan air minum untuk ibu jika mendadak haus.

Cara menyusui bayi kembar agar nyaman adalah dengan mengatur lokasi menyusui sehingga mendukung untuk menyusui bayi kembar. Pilih tempat menyusui yang tenang, pencahayaan baik, ventilasi udara bagus, dan udara sejuk.

5. Menyusui secara tandem

Umumnya, bayi baru lahir akan menyusui sekitar 2 jam sekali. Akan tetapi, tidak ada yang bisa memprediksi kapan bayi Anda ingin menyusu. Ada saatnya bayi menyusu tidak bersamaan dengan saudara kembarnya dan ada saatnya mereka ingin menyusu secara bersamaan.

Jika bayi kembar Anda ingin menyusu dan waktunya bersamaan, Anda bisa menerapkan cara menyusui bayi kembar secara tandem. Menyusui secara tandem bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa posisi.

6. Memilih posisi menyusui bayi kembar

Anda bisa menyusui bayi kembar secara tandem dengan memilih posisi menyusui yang tepat. Dilansir dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), ada tiga pilihan posisi menyusui bayi kembar.

Double Football

Posisi yang umum digunakan untuk menyusui bayi kembar adalah double football. Posisi ini dilakukan dengan menempatkan dan memegang bayi kembar pada kedua sisi payudara ibu yang sedang menyusu.

Bayi kembar diposisikan berbaring di bawah tangan ibu dan kepala mereka ditopang di tangan ibu. Awalnya, posisi ini mungkin sulit bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya, namun akan menjadi lebih mudah jika dilakukan secara teratur.

Double Cradle

Anda juga bisa menyusui bayi kembar dengan menggunakan posisi double cradle. Pada posisi ini, bayi akan dipegang seperti saat menyusui bayi tunggal dan badannya diletakkan di atas perut ibu. Badan kedua bayi kembar saling bersilangan.

Kombinasi football dan cradle

Anda bisa menyusui bayi kembar dengan mengombinasikan kedua posisi sebelumnya, yakni football dan cradle. Pada bayi pertama, gunakan posisi football, sementara untuk bayi kedua, gunakan posisi cradle.

7. Menyusui bayi dengan payudara yang bergantian

Menyusui bayi kembar ketika waktunya tidak bersamaan dapat dilakukan dengan mengingat bahwa penggunaan payudara harus seimbang. Jika bayi pertama telah menyusu di payudara kanan, maka ketika bayi kedua ingin menyusu, gunakan payudara kiri.

Hal tersebut bertujuan agar kedua payudara bisa seimbang dalam produksi dan pengeluaran ASI sehingga ukuran keduanya tetap sama. Penggunaan payudara yang tidak seimbang pada satu sisi saja dapat membuat payudara di satu sisi lebih besar.

Tips menyusui bayi kembar

Kesulitan dalam menyusui bayi sering terjadi dan sulit dihindari. Namun, ada beberapa tips yang bisa mengurangi kesulitan dalam menyusui bayi kembar.

Berikut ini beberapa tips menyusui bayi kembar:

  • Jaga kesehatan tubuh ibu
  • Mengonsumsi asupan yang bergizi dan booster ASI
  • Istirahat yang cukup (usahakan tidur ketika bayi tidur)
  • Aturlah waktu makan agar tidak bentrok atau terhambat karena harus menyusui
  • Susuilah bayi kembar hingga kenyang atau payudara terasa kosong
  • Pilihlah bantal menyusui dengan ukuran dan bahan yang nyaman dan pas
  • Tingkatkan pengetahuan laktasi melalui berbagai media
  • Konsultasikan dengan konsultan laktasi

Sumber:

  1. IDAI: Menyusui Bayi Kembar. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/menyusui-bayi-kembar [diakses pada 25 April 2019]

About The Author

7 Penyebab Mengantuk Meskipun Sudah Tidur Cukup

10 Manfaat Ikan Bandeng bagi Kesehatan