Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Cara Mengembangkan Kreativitas Anak

Myles Bannister

Mengasah kreativitas anak penting untuk membantu mereka berkembang secara optimal. Kreativitas adalah komponen penting dari kesehatan dan kebahagiaan anak. Bagaimana cara mengembangkan kreativitas anak? Simak penjelasan berikut ini

Cara Mengasah Kreativitas Anak yang Baik dan Benar

Cara meningkatkan kreativitas anak tidak hanya terbatas pada ekspresi seni dan musik, tetapi juga penting untuk sains, matematika, hingga kecerdasan sosial dan emosional

Orang-orang kreatif lebih fleksibel dan pemecah masalah yang baik, membuat mereka lebih mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, menghadapi perubahan, dan memanfaatkan peluang baru.

Berikut cara mengembangkan kreativitas anak:

1. Ajarkan Anak untuk Berani Mengajukan Pertanyaan

Ajari anak untuk mengajukan pertanyaan ‘bagaimana jika’. Ini dapat membantu meningkatkan kreativitasnya.

Contohnya, jika anak diajak bertanya tentang dunia dan cara kerjanya, dia cenderung menemukan jawaban uniknya sendiri.

2. Temukan Sisi Positif dalam Kesalahan

Saat anak gagal pertama kali mencoba sesuatu, bantu mereka melihat sisi positifnya. Kesalahan dapat mendorong anak untuk mencoba solusi baru yang kreatif.

Misalnya, jika anak kesulitan mempelajari kata-kata baru, coba bantu mereka dengan cara yang menarik seperti mengejanya dengan lagu favorit mereka.

3. Dorong Minat Anak

Beri waktu anak untuk mengeksplorasi dan mengejar minat mereka. Jika anak tertarik pada menggambar, luangkan waktu untuk menggambar bersama mereka dan apresiasi kemajuannya.

Bebaskan anak untuk mengeksplorasi ide dan minat mereka secara mandiri. Berikan kebebasan untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

4. Ajukan Pertanyaan Terbuka

Mengajukan pertanyaan terbuka dapat meningkatkan kreativitas anak. Pertanyaan-pertanyaan ini membutuhkan jawaban lebih dari sekadar ‘ya’ atau ‘tidak’.

Pertanyaan terbuka membantu anak belajar membentuk ide mereka sendiri dan mengembangkan pemikiran kreatif.

5. Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan

Aktivitas di alam terbuka tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tetapi juga meningkatkan kreativitas anak.

Menghabiskan waktu di luar ruangan dapat meningkatkan rasa ingin tahu, memperluas pemikiran, dan membantu merevitalisasi energi.

6. Mengajarkan Mencoba Hal Baru

Berikan anak kesempatan untuk mencoba hal baru dalam proyek kreatif mereka. Dorong mereka untuk menggambar atau mempelajari hal yang lebih rumit dari biasanya.

Mengajari anak untuk mencoba hal baru membantu mereka fokus pada proses kreatif bukan hanya hasilnya. Jika tugas tidak berjalan seperti yang diharapkan, anak akan belajar mencoba hal baru dan berpikir dari sudut pandang baru.

Tekankan pentingnya proses daripada hasil akhir.

7. Membaca Bersama

Membaca bersama dapat meningkatkan imajinasi dan kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Bacakan buku bergambar bersama setiap hari.

Mintalah anak untuk menebak halaman selanjutnya sebelum membacanya bersama. Ini membantu mereka berlatih dalam memecahkan masalah dan memahami isi bacaan. Dorong anak untuk menyenangi kegiatan membaca.

Untuk memberikan waktu bagi aktivitas kreatif lainnya seperti menggambar atau bermain drama, batasi waktu bermain gadget.

Nah, itulah beberapa cara mengembangkan kreativitas anak yang dapat Anda coba.

Referensi

  1. Anonim. 8 Ways to Teach Kids Creative Thinking. 2020. https://www.waterford.org/resources/creative-activities-for-kids/. (Diakses pada 31 Januari 2022).
  2. Carter, Christine. 2008. 7 Ways to Foster Creativity in Your Kids. https://greatergood.berkeley.edu/article/item/7_ways_to_foster_creativity_in_your_kids. (Diakses pada 31 Januari 2022).

About The Author

Ataksia: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan, dll

Kenali Tipe dan Gejala Sindrom Pra Menstruasi