Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari dan Efek Sampingnya

Myles Bannister

Manfaat minum kopi di pagi hari tidak hanya membuat Anda merasa segar dan bersemangat, lho! Memulai hari dengan secangkir kopi juga memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya!

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Kopi adalah minuman populer yang memiliki manfaat banyak, mulai dari menjaga kesehatan hingga menurunkan risiko penyakit serius. Manfaat ini didapatkan dari kandungan yang terdapat di dalam kopi.

Apa saja manfaat minum kopi di pagi hari? Berikut ini:

1. Meningkatkan energi

Minum kopi dapat membuat Anda merasa lebih berenergi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi membantu meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat.

Tidak heran banyak orang mengonsumsi kopi di pagi hari untuk memulai harinya.

2. Meningkatkan penurunan berat badan

Kopi mengandung kafein yang dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi saat diet mengalami peningkatan energi dan penurunan nafsu makan.

Namun, kafein juga bisa menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi berlebihan oleh orang yang kelebihan berat badan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi yang dapat meningkatkan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi setiap hari dapat melindungi otak dari penurunan fungsi terkait usia.

Kafein dalam kopi juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memori jangka pendek.

4. Menjaga kesehatan hati

Minum kopi di pagi hari dapat melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah. Penelitian menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki tekanan darah lebih rendah.

Kopi juga dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit arteri koroner.

5. Menurunkan risiko diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kopi mengandung zat yang dapat mengurangi konsentrasi gula darah.

6. Menurunkan risiko depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko depresi. Minum empat cangkir kopi per hari terkait dengan risiko depresi yang lebih rendah.

7. Mencegah batu ginjal

Minum kopi dapat mengurangi risiko batu ginjal. Kopi dapat meningkatkan buang air kecil dan mengeluarkan kelebihan kalsium dan natrium yang dapat menyebabkan batu ginjal.

8. Menurunkan risiko Parkinson

Minum kopi rutin dapat membantu mengurangi risiko perkembangan penyakit Parkinson. Kafein dalam kopi dapat membantu mengontrol gejala motorik pada penderita Parkinson.

9. Mencegah kanker

Minum kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal dan melanoma.

10. Memperpanjang usia

Minum kopi secara teratur dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Efek Samping Minum Kopi di Pagi Hari

Minum kopi juga dapat menyebabkan efek samping pada tubuh, terutama jika dikonsumsi sebelum sarapan. Beberapa efek sampingnya antara lain:

  • Kecemasan
  • Sakit perut
  • Jantung berdebar-debar
  • Diare

Pastikan untuk mengurangi konsumsi kopi jika mengalami efek samping yang tidak menyenangkan. Tetaplah mengikuti proses pengolahan yang benar dan jika efek samping berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Referensi

  1. 5 Surprising Benefits of Your Morning Cup of Coffee. https://scitechdaily.com/5-surprising-benefits-of-your-morning-cup-of-coffee/
  2. Does coffee actually dehydrate you?. timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/does-coffee-actually-dehydrate-you/articleshow/71479020.cms
  3. 7 Health Benefits of Your Morning Coffee. https://jamaicablue.com.au/news/7-health-benefits-morning-coffee/
  4. 9 Unique Benefits of Coffee. https://www.healthline.com/nutrition/top-evidence-based-health-benefits-of-coffee#3.-Could-support-brain-health

About The Author

Amoxicillin – Efek Samping dan Mekanisme Kerja

5 Hal yang Membuat Kepala Pusing Setelah Makan