Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Bahaya Tindik Hidung bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu!

Myles Bannister

Terdapat tiga spot pada hidung yang umumnya ditindik yaitu pada cuping hidung, dinding hidung atau septum, atau kulit atas hidung di antara kedua mata. Proses penyembuhan dari ketiga spot tersebut berbeda.

Penyembuhan tindik bagian nostril membutuhkan waktu 8 hingga 18 minggu, sedangkan pada septum membutuhkan waktu 6 hingga 12 minggu. Penyembuhan tindik di hidung bagian atas tidak membutuhkan waktu lama, karena pada bagian tersebut tindik hanya menembus kulit dan tidak tulang rawan.

Bahaya Tindik Hidung

Tindik hidung memiliki risiko yang perlu Anda waspadai. Meskipun mempercantik penampilan, tindik hidung bisa berbahaya bagi kesehatan karena syaraf dan tulang rawan pada hidung.

Berikut adalah bahaya tindik hidung yang perlu Anda ketahui sebelum menindik hidung!

1. Pendarahan dan Pembengkakan

Tindik hidung pertama-tama dapat menyebabkan pendarahan dan pembengkakan. Hal ini biasanya terjadi ketika baru saja ditindik dan hidung akan kembali normal dalam hitungan hari. Namun jika terjadi berulang beberapa waktu setelah tindik, hal ini perlu diwaspadai.

2. Timbul Luka dan Infeksi

Tindik hidung juga membuat hidung lebih rentan terhadap gesekan dan infeksi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan area hidung yang sudah ditindik sangat penting.

3. Matinya Jaringan pada hidung

Tindik hidung berpotensi merusak jaringan yang ditindik sehingga menimbulkan nekrosis atau matinya jaringan. Kondisi ini dapat memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius. Selain merusak jaringan hidung, tindik hidung juga bisa merusak syaraf.

4. Alergi

Tindik hidung dapat menyebabkan reaksi alergi. Ini bisa terjadi karena ketidakcocokan terhadap alat yang digunakan atau anting/cincin yang dipasang di hidung.

5. Infeksi Penyakit Berbahaya

Tindik hidung dapat menyebabkan penularan penyakit seperti Hepatitis B, Hepatitis C, Tetanus, dan HIV. Hal ini bisa terjadi jika alat tindik digunakan bergantian tanpa sterilisasi.

6. Abses

Abses atau bisul adalah efek samping umum setelah tindik hidung. Bisul di dalam hidung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit saat menyentuh hidung.

7. Nasal Trauma

Tindik hidung dapat menyebabkan cedera hidung akibat trauma eksternal maupun internal. Gejala nasal trauma bervariasi, mulai dari ringan hingga parah, seperti mimisan, nyeri di sekitar hidung, keluarnya cairan bening dari hidung, memar di sekitar mata, bengkak di area hidung, hilangnya penciuman, dan kesulitan bernapas melalui hidung.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Tindik Hidung

Tindik hidung memiliki risiko terhadap kesehatan, namun banyak juga yang berhasil tanpa efek samping. Sebelum menindik hidung, perhatikan hal berikut:

  • Pahami bahaya dan efek samping yang mungkin terjadi serta penanganannya.
  • Letakkan tindik hidung pada ahli yang menggunakan alat yang steril.
  • Pahami cara merawat hidung yang sudah ditindik untuk mencegah infeksi.
  • Hindari penggunaan perhiasan yang dapat menyebabkan infeksi pada area tindik.
  • Jangan gunakan produk wajah yang bisa masuk ke lubang tindik dan menyebabkan infeksi, terutama saat luka tindik belum sembuh sempurna.

About The Author

Hemokromatosis: Penyebab, Gejala, Diagnosis, & Pengobatan

Burning Mouth Syndrome: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan