Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Kulit Semangka, Baik untuk Kulit hingga Ginjal

Myles Bannister

Manfaat Semangka untuk Ginjal dan Organ Tubuh Lainnya

Sebelum membahas manfaat kulit semangka untuk ginjal dan organ tubuh lainnya, perlu diketahui bahwa selain memiliki rasa manis dan menyegarkan, 98% daging semangka mengandung air. Kandungan lainnya adalah vitamin A dan C, potasium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya.

Mirip dengan mentimun, kulit semangka aman untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh membuang kulit semangka:

1. Meningkatkan libido

Kulit semangka dapat membantu pria yang mengalami disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Meningkatnya libido berasal dari asam amino citrulline yang terdapat pada kulit semangka.

2. Menjaga tekanan darah

Konsumsi semangka beserta kulitnya dapat membantu orang dewasa obesitas untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Semangka juga berpotensi menjadi diuretik dan diresepkan untuk penderita tekanan darah tinggi.

3. Membantu mengatasi prostat

Kulit semangka mengandung lycopene, antioksidan yang membantu menangkal kanker prostat. Diuretik semangka juga dapat membantu menjaga saluran kemih agar tetap berfungsi dengan baik.

4. Menangkal radikal bebas

Kulit semangka mengandung citrulline, yang memberikan efek antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Citrulline juga dikonversi menjadi arginine, asam amino yang penting bagi jantung, peredaran darah, dan kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan kebugaran

Kulit semangka mengandung citrulline yang dapat membantu sintesis nitrat oksida dan meningkatkan aliran glukosa dalam otot rangka. Ini mengurangi stres dan kelelahan otot saat berolahraga.

6. Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat kulit semangka untuk ginjal dapat diperoleh dari kandungan antioksidan di dalamnya. Potasium pada semangka dapat membersihkan ginjal dari deposit garam dan asam urat. Selain itu, kulit semangka juga dapat membantu memecah batu ginjal.

7. Mengatasi kerutan pada kulit

Kulit semangka mengandung vitamin A, C, dan lycopene yang bisa membantu mengatasi kerutan pada kulit. Penggunaannya bisa langsung diletakan di kulit atau dikonsumsi langsung.

8. Membersihkan kulit

Kulit semangka memiliki sifat astringen yang ideal digunakan untuk membersihkan kulit. Astringen dapat memerangi bakteri dan membuat kulit terlihat lebih segar dan bersih.

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Kandungan citrulline pada kulit semangka mendukung kadar arginine yang optimal. Arginine dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk masalah pembuluh darah dan penyakit jantung.

10. Mengatasi penumpukan lemak

Kandungan arginine dalam kulit semangka dapat mencegah pembentukan lemak di tubuh dan diuretiknya dapat merangsang penghapusan lemak. Menambahkan kulit semangka dalam asupan harian dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Selain itu, semangka rendah kalori dan membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Buah untuk Meningkatkan Kesehatan

Setelah mengetahui manfaat kulit semangka untuk ginjal dan organ tubuh lainnya, terdapat buah lain yang juga baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Kiwi

Kiwi kaya vitamin C dan dapat membantu penurunan berat badan.

2. Pir

Pir rendah karbohidrat tapi tinggi kalium dan serat, cocok untuk penderita diabetes.

3. Pisang

Pisang mudah didapatkan, terjangkau, membantu melancarkan BAB, dan mendetoksifikasi tubuh.

4. Jambu biji

Jambu biji kaya nutrisi dan antioksidan yang melindungi sel tubuh.

Jambu biji kaya nutrisi dan antioksidan yang melindungi sel tubuh.

About The Author

Zeigarnik Effect, Terbayang Pekerjaan yang Belum Selesai

Makan Steak dengan Kentang Goreng Bersama Bisa Berbahaya?