Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Mual pada Tubuh: Tanda Penyakit Berbahaya?

Myles Bannister

Kenapa Timbul Rasa Mual?

Mual termasuk dalam mekanisme sistem pertahanan tubuh pada hal-hal yang dianggap tidak biasa.

Beberapa hal dianggap membahayakan tubuh sehingga memicu reaksi berlebihan dari saraf di otak. Sinyal dikirim ke bagian pencernaan untuk memicu sensasi mual. Jika hal yang dianggap berbahaya dapat dimuntahkan, gejala mual ini akan hilang.

Bukan hanya makanan atau minuman yang menyebabkan mual, tetapi juga aroma seperti sampah atau aroma wewangian yang terlalu kuat. Paparan bakteri juga dapat menyebabkan mual. Ada banyak pemicu mual yang dapat muncul sehari-hari.

Faktor Penyebab Mual

Pakar kesehatan menyebut beberapa hal yang dapat menyebabkan sensasi mual. Berikut adalah beberapa penyebab mual:

Asam Lambung Naik

Dalam dunia medis, kenaikan asam lambung disebut GERD atau maag. Penyebab masalah ini adalah melemahnya otot sfingter, yang membatasi kerongkongan dan lambung.

Otot sebagai katup tidak dapat menahan asam lambung sehingga naik hingga bagian atas tenggorokan dan menyebabkan sensasi tidak nyaman termasuk mual. Gejala sering sendawa atau batuk-batuk juga dapat dialami.

Sedang Hamil

Banyak ibu hamil mengalami gejala morning sickness yang menyebabkan mual. Mereka mungkin tidak dapat makan karena kondisi ini. Kondisi ini terkait dengan peningkatan hormon HCG atau human chorionic gonadotropin.

Ibu hamil yang kelelahan atau mengalami stres berlebihan juga rentan mengalami gejala mual dan muntah. Istirahat yang cukup diperlukan untuk menjaga kondisi ibu dan janin di dalam kandungan.

Mabuk Perjalanan

Sensasi mabuk perjalanan biasanya dialami saat menggunakan sarana transportasi seperti mobil, bus, kapal atau pesawat. Hal ini disebabkan oleh gangguan sinyal pada mata, otak, dan telinga bagian dalam. Gangguan sinyal ini dianggap sebagai tanda bahaya bagi sistem pertahanan tubuh dan menyebabkan gejala mabuk perjalanan.

Gangguan ini sering kali terjadi saat dalam kondisi tubuh yang tidak sehat. Jika dalam kondisi yang sehat, gejala mual tidak akan muncul.

Pengaruh Alkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan mabuk. Hal ini disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh yang menganggapnya sebagai racun yang membahayakan. Otak mengirimkan sinyal ke saluran pencernaan untuk mengeluarkannya sehingga memicu gejala mual dan muntah.

Kecemasan atau Kepanikan

Cemas atau panik dapat mengganggu keseimbangan hormon. Hal ini meningkatkan denyut jantung, memperpendek napas, dan meningkatkan asam lambung. Ini akan menyebabkan sensasi mual.

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti keracunan makanan, infeksi bakteri, dan muntaber dapat menyebabkan mual.

Sumber:

  1. Anonim. 2017. Physiology of Vomiting. www.vivo.colostate.edu/hbooks/pathphys/digestion/stomach/vomiting.html. (Accessed on 2 December 2019).

About The Author

Rutin Mengonsumsi Jus Seledri, Ini 12 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Inilah Manfaat BB Cream untuk Wajah!