Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Kulit Kaki Berubah Warna Menjadi Kekuningan

Myles Bannister

Tubuh memberikan tanda-tanda jika kondisinya tidak baik atau sedang mengalami masalah. Tanda-tanda tersebut bisa berupa nyeri, gatal, atau perubahan warna kulit yang kontras dengan kondisi normal. Misalnya, orang dengan kulit kecokelatan tiba-tiba berubah menjadi lebih kuning. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan warna kuning pada kaki.

Penyebab Kulit Kaki Kekuningan

Perubahan warna kulit kuning pada tubuh tidak sama dengan warna kuning alami. Warna yang muncul bisa lebih kuat dan memberikan perbedaan yang signifikan. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kulit kaki berwarna kuning.

Jaundice (Penyakit Kuning)

Jaundice adalah kondisi tubuh saat tingkat bilirubin meningkat. Bilirubin adalah produk sisa dari pemecahan sel darah merah. Orang yang mengalami jaundice akan memiliki warna merah di kaki dan seluruh tubuh, termasuk tangan dan mata. Beberapa orang juga mengalami gatal pada tubuh mereka.

Jaundice biasanya disebabkan oleh hepatitis, penggunaan obat tertentu, masalah dengan kantung empedu, atau kerusakan hati. Gejala lainnya termasuk gatal, sakit perut, dan kelelahan.

Anemia

Anemia bisa membuat kulit pucat dan sedikit kuning. Selain perubahan warna kulit, anemia juga bisa menyebabkan lelah, sakit kepala, rambut rontok, detak jantung yang intens, lidah sakit, dan sesak napas. Anemia biasanya diobati dengan suplemen zat besi dan makan makanan yang kaya zat besi.

Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah kondisi di mana jari-jari kaki berubah menjadi kuning ketika terpapar udara dingin atau merespons stres emosional. Seseorang dengan penyakit Raynaud bisa mengalami sakit dan nyeri. Perawatan meliputi penggunaan kaus kaki untuk menjaga kaki tetap hangat dan pengobatan dengan obat-obatan.

Overdosis Kunyit

Mengonsumsi kunyit secara berlebihan dapat menyebabkan kulit berwarna kuning. Disarankan untuk tidak mengonsumsi kunyit setiap hari, terutama kunyit instan yang diolah menjadi produk tertentu.

Kapalan

Kulit kaki yang terpapar tekanan yang kuat, misalnya karena pemakaian sepatu yang tidak nyaman, dapat berubah warna menjadi kuning. Kapalan yang cukup besar dapat diatasi dengan menggunakan krim pengikis lapisan kulit yang tebal.

Carotenemia

Carotenemia adalah kondisi ketika zat carotenoid menumpuk di dalam tubuh dan memberikan warna kuning pada kulit. Zat carotenoid umumnya terdapat dalam buah dan sayuran berwarna oranye. Carotenemia juga dapat terjadi karena beberapa kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipogonadisme, masalah ginjal, dan masalah hati.

Kapan Perlu Memeriksakan Diri ke Dokter?

Jika perubahan warna kulit terjadi pada banyak bagian tubuh, bukan hanya pada kaki, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Anda juga perlu memeriksakan diri jika mengalami gejala seperti feses berwarna gelap, terdapat darah dalam feses atau muntahan, nyeri dada, pusing dan mual yang intens, kelelahan yang parah, sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, nyeri perut, napas pendek, dan memar atau perdarahan yang tidak diketahui penyebabnya.

  1. Leonard, Jayne. 2019. Causes of yellow feet. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325874.php. (Diakses pada 21 Januari 20202)
  2. Osborn, Corinne O’Keefe. 2018. Why Are My Feet Yellow?. https://www.healthline.com/health/yellow-feet. (Diakses pada 21 Januari 20202)

About The Author

Mengapa Bulu Kemaluan Keriting, Kusut, dan Hitam?

8 Efek Samping Green Coffee (Kopi Hijau), Ternyata Berbahaya!