Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Obat Herbal untuk Membantu Meredakan Glaukoma

Myles Bannister

Kerusakan saraf mata akibat tekanan berlebih di dalam mata atau glaukoma umumnya diobati dengan obat tetes atau operasi. Namun, beberapa orang mencoba mengatasinya dengan obat herbal glaukoma. Apakah obat mata glaukoma herbal ampuh? Simak penjelasannya di bawah ini.

Obat Herbal Glaukoma

Glaukoma adalah kondisi mata yang merusak saraf optik oleh peningkatan tekanan bola mata. Saraf ini penting untuk penglihatan yang baik dan berada di retina mata.

Kerusakan saraf optik sering disebabkan oleh tekanan tinggi yang tidak normal di mata. Jika tidak diobati, glaukoma dapat menyebabkan kebutaan, terutama pada penderita di atas 60 tahun.

Glaukoma juga dapat menyerang usia di bawah 60 tahun jika ada masalah myopia yang tidak ditangani dengan baik.

Cara mengobati glaukoma adalah dengan obat herbal. Berikut beberapa obat herbal untuk glaukoma:

1. Bilberry

Ekstrak bilberry dapat membantu mengatasi glaukoma. Bilberry bisa meningkatkan penglihatan pada malam hari dan mengatasi mata silau, tetapi tidak ada bukti ilmiah efektif dalam pengobatan atau pencegahan glaukoma.

Ekstrak bilberry segar dapat digunakan dalam suplemen herbal. Buah ini memiliki khasiat obat dan aman dikonsumsi. Maka itu, Anda bisa menggunakan ekstrak bilberry sebagai obat alami untuk glaukoma.

2. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba memiliki manfaat untuk glaukoma karena sifat antioksidan dan antiinflamasi, serta kemampuannya meningkatkan aliran darah ke saraf optik. Ginkgo biloba khususnya efektif dalam mengurangi tingkat kehilangan bidang pada glaukoma tekanan rendah.

Risiko utama ginkgo biloba adalah potensi peningkatan risiko perdarahan. Namun, bukti ilmiah mengenai hal ini belum sepenuhnya konsisten. Sementara itu, dokter mungkin merekomendasikan ginkgo biloba kepada pasien yang tidak menggunakan obat pengencer darah.

3. Forskolin (coleus)

Forskolin adalah ekstrak dari akar tanaman Plectranthus barbatus (Coleus forskohlii) yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional India. Forskolin telah diteliti dan ditemukan dapat mengurangi tekanan mata dan meningkatkan fungsi visual dengan penggunaan suplemen rutin.

Forskolin tersedia dalam bentuk tetes mata dan suplemen oral.

Meskipun forskolin memiliki manfaat untuk glaukoma, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji klaim ini.

4. Sayuran berdaun hijau tua

Konsumsi sayuran berdaun hijau gelap telah dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan glaukoma. Sayuran ini mengandung vitamin A, C, K, dan nitrat yang mungkin berkontribusi terhadap manfaatnya.

Nitrat berperan dalam regulasi tekanan intraokular dan masalah pada jalur ini dapat berperan dalam perkembangan glaukoma. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap sebagai bagian dari diet sehat dapat memberikan potensi manfaat untuk glaukoma.

5. Meningkatkan asupan omega-3

Mengonsumsi asam lemak esensial seperti omega-3 terbukti berperan dalam banyak penyakit. Mengonsumsi lebih banyak omega-3 dibandingkan dengan omega-6 dapat memberikan perlindungan dari stres oksidatif pada glaukoma.

Omega-3 juga berperan dalam regenerasi rhodopsin dan mencegah disfungsi sel fotoreseptor. Dengan demikian, meningkatkan asupan omega-3 dapat memberikan efek perlindungan pada glaukoma.

6. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antitumor. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kunyit dapat melindungi retina dari cedera yang disebabkan oleh tekanan intraokular yang tinggi pada glaukoma.

Itulah beberapa obat herbal untuk glaukoma. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Ahmad A. A. 2021. Alternative Treatments for Glaucoma. https://eyewiki.aao.org/Alternative_Treatments_for_Glaucoma (Diakses pada 23 Juni 2022)
  2. Anonim. 2022. Natural glaucoma remedies: 7 natural remedies to treat and prevent glaucoma blindness. https://www.vision-and-eye-health.com/natural-glaucoma-remedies.html (Diakses pada 23 Juni 2022)
  3. Anonim. 2020. Glaucoma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/glaucoma/symptoms-causes/syc-20372839 (Diakses pada 23 Juni 2022)
  4. Barden, Anna. 2020. What are the most common natural remedies for glaucoma?. https://www.allaboutvision.com/conditions/glaucoma-natural-remedies/ (Diakses pada 23 Juni 2022)
  5. Igea, Maryam dan Ji L. 2020. Herbal Medicines in Glaucoma Treatment. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7309662/. (Diakses pada 23 Juni 2022)
  6. Kharbanda, Navya. 2021. World Glaucoma Week 2021: 8 Simple Natural Remedies To Prevent Glaucoma. https://www.onlymyhealth.com/world-glaucoma-week-2021-8-simple-natural-remedies-to-prevent-glaucoma-1614928738 (Diakses pada 23 Juni 2022)

About The Author

6 Penyebab Flek Coklat Sebelum Haid, Apakah Berbahaya?

Kuku Palsu: Jenis, Bahaya, Cara Mencegah & Mengatasinya