Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Jenis Salad Dressing Sehat dan Enak, Wajib Coba!

Myles Bannister

Salad adalah sajian yang sehat. Namun sayangnya, banyak orang yang salah memilih dressing salad hingga manfaatnya justru berkurang. Jenis salad dressing berikut diracik dengan bahan yang lebih sehat namun tetap lezat.

Berbagai Jenis Salad Dressing yang Sehat

Salad dressing yang tepat akan menjadikan salad lebih lezat. Ada banyak saus salad yang dijual di pasaran, tetapi umumnya tidak sesehat saus buatan rumah.

Di bawah ini adalah 9 jenis salad dressing yang lezat dan sehat sehingga Anda tidak perlu membeli salad dressing dari toko lagi:

1. Saus zaitun dan cuka

Saus salad ini termasuk jenis klasik yang dapat disimpan dalam waktu lama. Cocok untuk hampir semua jenis salad.

Sesuai namanya, bahan utamanya adalah minyak zaitun, cuka, garam dan merica. Aduk rata semua bahan dan simpan di dalam tople kedap udara. Tambahan rasa seperti bawang putih, mustard, madu atau gula merah juga bisa digunakan.

2. Ranch dressing

Saus ini adalah versi lebih sehat dari mayonaise. Terbuat dari mayonaise, krim susu, daun bawang kering, peterseli kering, dan bubuk bawang merah dan putih.

Ranch dressing juga dapat ditambahkan garam dan merica untuk rasa yang lebih kuat. Campurkan semua bahan di dalam mangkuk dan kocok hingga rata. Dinginkan di dalam lemari es sebelum disajikan.

3. Saus madu dan mustard

Saus ini cocok untuk salad sayuran, rebusan, salad dengan daging ayam, ikan, dan daging sapi. Campuran mustard, madu, cuka, minyak sayur, dan garam memberikan rasa manis asam yang segar. Simpan di dalam kulkas, saus ini bisa bertahan hingga 3 hari.

4. Salad krim kelapa

Saus krim kelapa memiliki rasa manis yang ringan dan lezat seperti krim kue. Terbuat dari krim kelapa, cuka, dan saus salad Italia, cocok untuk campuran salad buah. Saus ini juga lebih lezat saat disajikan dingin.

5. Saus salad Italia

Saus salad ini terbuat dari minyak zaitun, cuka anggur putih, peterseli cincang, jus lemon, basil, cengkeh, oregano, dan merica.

Selain untuk salad sayuran, saus Italia juga bisa dicampurkan dengan saus salad lain untuk memperkaya rasa. Saat disimpan di lemari es, saus ini bisa bertahan selama 24 jam.

6. Saus lemon

Saus ini menggunakan minyak kanola, jus lemon, dan parutan kulit lemon yang memberikan rasa segar. Cocok dicampurkan dengan salad sayuran maupun buah-buahan.

7. Saus agrodolce

Saus ini terbuat dari cuka, anggur merah, gula, rosemary cincang, air lemon, minyak zaitun, garam, dan bawang putih. Saus ini memiliki rasa manis pahit yang unik.

Saus agrodolce harus dimasak terlebih dahulu. Minyak zaitun dan air lemon ditambahkan belakangan.

8. Saus cuka apel

Saus ini terasa segar dan cocok digunakan untuk semua jenis salad. Terbuat dari cuka apel, zaitun, mustard, bawang putih, garam, dan merica.

9. Saus jahe dan kunyit

Saus jahe dan kunyit cocok untuk salad sayuran dan campuran sayur dengan kacang. Terbuat dari jahe, kunyit, cuka apel, dan madu. Sajikan dingin untuk rasa lebih segar.

10. Saus alpukat dan ketumbar

Saus ini cocok untuk semua jenis salad, bahkan sebagai cocolan. Terbuat dari alpukat, ketumbar, yoghurt, susu almond, bawang putih, dan air lemon.

Tips Sehat Mengkonsumsi Salad

Selain memilih saus yang tepat, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar salad tetap sehat. Salah satunya adalah memilih bahan yang sehat dan segar.

Tambahan gula atau keju dalam salad sebaiknya tidak berlebihan. Pilih saus salad dengan rasa asam manis atau segar untuk menemani salad buah, tanpa tambahan gula terlalu banyak. Penggunaan keju juga sebaiknya tidak berlebihan.

Selain itu, gunakan sayuran dan buah yang masih segar. Jika tidak bisa mendapatkan bahan fresh, gunakan sayur atau buah yang tersimpan dengan baik di dalam kulkas.

Dengan memperhatikan bahan yang sehat, tanpa tambahan gula atau lemak berlebih, serta menggunakan jenis salad dressing yang sehat, konsumsi salad akan memberikan manfaat maksimal.

Referensi

  1. Anonim. 2020. 10 Different Types Of Salad Dressings That Go Beyond Mayo. https://allabouteve.co.in/good-taste-not-always-fashion-salad-dressings-beyond-mayo/. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  2. Cameron, Meaghan. 2021. 10 Healthy Salad Dressing Recipes You Can Make in Minutes. https://www.eatthis.com/healthy-salad-dressing-recipes/. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  3. Link, Rachael. 2020. 8 Simple and Healthy Salad Dressings. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-salad-dressing. (Diakses pada 21 Februari 2022).

About The Author

Kopi Lucinta Luna Mengandung Kolagen, Berbahayakah?

Suka Makan Durian? Pantangan yang Wajib Diketahui