Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Pearly Penile Papules (Papula Penis Mutiara) Normalkah?

Myles Bannister

Apa Itu Pearly Penile Papules?

Pearly penile papules adalah benjolan kecil yang muncul di sekitar leher kepala penis. Ini dapat terlihat seperti jerawat atau mutiara kecil. Dalam bidang medis, kondisi ini juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti papillomatosis corona penis, corona capillitii, hirsuties coronae glandis, papillae coronis glandis, dan hirsutoid papillomas.

Prevalensi pearly penile papules berkisar antara 14-48% pada populasi pria, terutama pada remaja dan pria muda. Namun, kondisi ini jarang ditemui pada anak-anak dan prevalensinya menurun seiring bertambahnya usia. Menurut penelitian dari National Center for Biotechnology Information (NCBI), pria yang telah disunat biasanya jarang mengalami pearly penile papules.

Penyebab Pearly Penile Papules

Beberapa orang menganggap pearly penile papules sebagai tanda infeksi menular seksual atau akibat kurang menjaga kebersihan di area selangkangan. Namun, sebenarnya kondisi ini bukan disebabkan oleh infeksi atau penyakit lain yang mendasarinya.

Pearly penile papules sebenarnya adalah variasi kondisi anatomi yang normal, yang umum terjadi pada sebagian besar pria dewasa dan cenderung menghilang seiring bertambahnya usia. Benjolan ini dilaporkan lebih sering muncul pada pria berkulit gelap.

Gejala Pearly Penile Papules

Pada dasarnya, pearly penile papules tidak menyebabkan gejala khusus. Seseorang yang mengalami kondisi ini hanya akan melihat adanya benjolan-benjolan kecil seperti mutiara di leher kepala penis (corona).

Bagaimanapun, beberapa orang juga mungkin merasa tidak percaya diri atau minder dalam hal estetika dan kosmetik, yang dapat menyebabkan stres berlebih pada sebagian pria.

Jika seseorang mengalami gejala lain selain benjolan, seperti rasa gatal, rasa tidak nyaman, atau gejala lainnya, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Diagnosis Pearly Penile Papules

Pearly penile papules dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik yang melibatkan pengamatan langsung, di mana benjolan-benjolan kecil akan terlihat di sekitar leher kepala penis (corona) dengan ukuran sekitar 1-4 mm.

Benjolan pearly penile papules terlihat mirip dengan benjolan pada beberapa penyakit menular seksual lainnya, seperti kutil kelamin, moluskum kontagiosum, lichen nitidus, dan sebaceous hyperplasia. Namun, pearly penile papules tidak menyebabkan rasa nyeri, gatal, terbakar, atau gejala lainnya.

Melalui pemeriksaan dermoskopi, pearly penile papules akan terlihat seperti pola anggur dengan warna putih atau merah muda. Pada pemeriksaan mikroskopis, pearly penile papules akan terlihat seperti bintang dengan jaringan parut yang terorganisir secara konsentris.

Pengobatan Pearly Penile Papules

Karena pearly penile papules merupakan variasi kondisi anatomi yang normal dan dapat menghilang seiring bertambahnya usia, tidak diperlukan perawatan atau pengobatan khusus. Namun, dalam beberapa kasus, perawatan pearly penile papules mungkin diperlukan jika pasien merasa sangat stres dan tidak nyaman secara estetika dan kosmetik.

Berikut ini adalah beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pearly penile papules:

1. Laser

Perawatan dengan menggunakan laser karbon dioksida umumnya aman dan efektif. Metode laser ini akan melunakkan papul atau benjolan dengan menggunakan energi inframerah.

2. Radiosurgery

Radiosurgery adalah operasi yang menggunakan radiasi untuk menciptakan radikal bebas pada sel target. Namun, karena sifatnya yang menyeluruh, sel sehat di sekitar benjolan juga dapat terkena. Terapi dengan radiasi ini tidak lebih akurat atau efektif daripada operasi laser karbon dioksida.

3. Cryosurgery

Prosedur ini menggunakan suhu ekstrem yang sangat dingin untuk menghilangkan jaringan papula di penis.

4. Operasi eksisi

Operasi eksisi adalah metode konvensional di mana ahli bedah menggunakan pisau bedah untuk mengangkat benjolan satu per satu. Metode ini cenderung meninggalkan jaringan parut.

Setiap prosedur bedah memiliki risiko dan manfaat yang perlu dipertimbangkan. Sebelum menjalani operasi apa pun, pastikan Anda memahami sepenuhnya proses pemulihan dan kemungkinan masalah lain yang mungkin terjadi.

Beberapa orang mungkin mencoba menggunakan salep topikal yang dijual bebas atau obat rumahan. Namun, sebelum mencoba salah satu perawatan tersebut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Informasi ini ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim

Sumber:

  1. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1557988316654138
  2. https://www.healthline.com/health/pearly-penile-papules#causes
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK442028/

About The Author

Jet Lag: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Perdarahan Pasca Seks Anal: Apa yang Harus Dilakukan?