Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Penyebab Mulut Terasa Sabun dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Selain makanan yang dikonsumsi, ada beberapa hal yang menyebabkan mulut terasa seperti memakan sabun. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab mulut terasa seperti sabun

Mulut terasa seperti sabun disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya kondisi berikut bisa terjadi pada siapa saja sehingga perlu diwaspadai jika tiba-tiba mulut terasa seperti sabun.

Berasal dari makanan dan minuman

Beberapa jenis makanan dan minuman juga dapat memberikan rasa sabun atau agak metalik di lidah. Hal ini bisa terjadi jika makanan tidak dicuci dengan baik saat diolah. Selain itu, sayuran dan buah yang dicuci dengan sabun dan tidak dibilas dengan sempurna juga dapat menyebabkan rasa tersebut.

Jika tangan masih mengandung sabun setelah mencuci, dan digunakan untuk makan, sabun dapat masuk ke dalam mulut dan menempel di sana. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mencuci makanan dengan sabun mandi dan gunakan sabun khusus untuk sayuran dan buah.

Pengaruh obat

Beberapa jenis obat yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan rasa sabun dan logam di mulut, meskipun hanya sementara. Jika penggunaan obat dihentikan, rasa sabun yang mengganggu biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Salah satu contoh obat yang dapat memberikan rasa sabun atau logam di mulut adalah Telavancin, yang merupakan antibiotik untuk masalah pneumonia. Rasa sabun ini dapat sangat mengganggu, dan masalah ini akan muncul setelah mengonsumsi obat tersebut.

Anxiety

Mengalami stres berlebihan atau kecemasan dapat mempengaruhi rasa makanan yang dirasakan. Perubahan rasa ini terjadi karena otak terpengaruh. Kita tahu bahwa rasa yang dirasakan oleh lidah akan diteruskan oleh otak. Jika ada masalah di otak, rasa akan berubah termasuk menjadi rasa sabun di mulut.

Stroke dan gangguan otak

Rasa yang dikenali oleh lidah biasanya diterima oleh saraf dan diteruskan ke otak. Namun, jika terjadi gangguan di otak, rasa yang dirasakan akan berbeda. Seseorang dengan kondisi ini biasanya mengalami berbagai gangguan tubuh, seperti masalah bergerak dan berpikir.

Rasa sabun atau logam ini biasanya berlangsung sementara atau selamanya hingga otak sembuh. Orang dengan kondisi ini mungkin mengalami gangguan tubuh saat bergerak, gangguan berpikir, dan masalah lain yang mempengaruhi gerakan.

Keracunan

Penyebab lain mulut terasa seperti sabun adalah keracunan makanan yang mengandung bahan kimia, seperti arsenik. Selain itu, makanan atau minuman yang terkena bahan kimia berbahaya saat diproduksi atau dikemas juga dapat menyebabkan rasa sabun.

Kelebihan fluoride juga dapat menyebabkan rasa sabun. Fluoride banyak terdapat pada sikat gigi, dan kelebihannya harus diwaspadai. Kelebihan fluoride, terutama pada anak-anak, dapat menyebabkan gangguan lain seperti iritasi kulit, batuk, napas pendek, nyeri perut, dan diare jika tidak segera ditangani.

Penanganan mulut terasa seperti sabun

Rasa manis seperti makan sabun umumnya tidak membutuhkan penanganan serius. Namun, jika mengalami keracunan, disarankan untuk segera dibawa ke dokter. Beberapa langkah berikut dapat dilakukan untuk mengatasi masalah mulut terasa seperti sabun.

  • Menggosok gigi dengan bersih dan membersihkan lidah, karena rasa seperti sabun sering muncul di sana. Jangan lupa membersihkan gigi dengan dental floss. Sisa makanan di sela gigi juga dapat menyebabkan masalah ini.
  • Minum air putih yang tidak memiliki rasa. Air mineral dalam kemasan aman untuk dikonsumsi. Jika berada di rumah, pastikan air minum direbus terlebih dahulu untuk mencegah penyakit dan zat berbahaya lainnya.
  • Konsumsi makanan yang rasanya tawar, seperti singkong. Rasa yang tawar dapat menghilangkan rasa sabun di mulut. Sayuran dan buah juga dapat membantu menetralkan rasa tidak nyaman jika diperlukan.
  • Rasa ini juga dapat disebabkan oleh stres berlebihan. Meredakan stres yang dialami tubuh dapat membantu mengatasi masalah ini.

Pemeriksaan ke dokter

Rasa seperti sabun di mulut sebenarnya tidak berbahaya. Namun, penyebab dan kondisi yang menyebabkan rasa ini harus diwaspadai. Beberapa hal berikut perlu diperhatikan:

  • Rasa sabun tidak hilang setelah lebih dari 2 hari.
  • Rasa semakin intens meskipun sudah berusaha untuk menghilangkannya.
  • Rasa sabun muncul bersama masalah perut dan muntah.
  • Jika rasa sabun muncul setelah kecelakaan kepala, segera periksakan diri karena ada kemungkinan kerusakan otak.
  • Rasa sabun muncul pada anak-anak secara berulang. Ada kemungkinan keracunan.
  • Rasa sabun muncul bersama gejala stroke seperti kesulitan berpikir dan konsentrasi.

Mulut terasa seperti sabun dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk mengatasinya, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu, pengobatan dapat dilakukan sesuai dengan kondisi yang dialami. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Mulut terasa seperti sabun dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk mengatasinya, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu, pengobatan dapat dilakukan sesuai dengan kondisi yang dialami. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

About The Author

Pubertas Dini: Jenis, Penyebab, Risiko, dan Efek Samping

Gairah Seksual Wanita Meningkat saat Haid, Ini Penjelasannya