Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Cara Hidup Sehat yang Mudah dan Sederhana

Myles Bannister

Setiap orang ingin hidup sehat, namun tidak tahu cara melakukannya. Pertama, yakini bahwa perubahan kecil pun dapat berdampak besar pada tubuh. Berikut adalah beberapa tips hidup sehat yang dapat Anda terapkan.

Cara Hidup Sehat yang Sederhana dan Mudah

Hidup sehat melibatkan kebiasaan pola hidup dan makanan yang sehat. Ini termasuk makanan, mengelola stres, olahraga, mengurangi kebiasaan buruk, dan kualitas tidur yang baik.

Meski hidup sehat tidak mudah, hal ini memiliki banyak manfaat seperti menjaga berat badan dan meningkatkan energi. Selain itu, gaya hidup sehat juga dapat mencegah penyakit serius.

Berikut adalah beberapa tips hidup sehat yang dapat Anda ikuti:

1. Makan Sehat dan Diet Seimbang

Kunci utama hidup sehat adalah memenuhi kebutuhan gizi harian. Nutrisi penting bagi tubuh agar dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik. Pastikan tubuh mendapatkan 40 nutrisi yang berbeda melalui kombinasi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3.

Batasi makanan tidak sehat seperti makanan olahan, junk food, makanan berlemak, daging merah, minuman manis, lemak trans, dan natrium berlebihan.

2. Mengatur Jadwal dan Porsi Makan

Kontrol porsi makan dan jadwal makan Anda. Mengatur porsi makan membantu membatasi asupan kalori harian. Gunakan piring kecil, hitung kalori makanan sebelum mengonsumsinya, dan bagi porsi dengan teman saat makan di luar.

Atur jadwal makan, termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan cemilan sehat jika masih lapar.

3. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur untuk meningkatkan peredaran darah, menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, dan meningkatkan energi. Lakukan latihan minimal 150 menit per minggu seperti jalan kaki, joging, lari santai, atau naik tangga. Selanjutnya, tambahkan latihan lain seperti squat, lunge, push-up, dan plank.

4. Kelola Stres

Stres dapat memicu gangguan kesehatan. Atur stres dengan melakukan aktivitas koping seperti yoga, meditasi, jalan-jalan, atau menghabiskan waktu bersama teman. Jika stres memicu depresi, segera hubungi psikolog.

5. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup penting untuk kesehatan. Tidur dengan teratur dan cukup, mandi air hangat, membaca, atau mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu tubuh beristirahat.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan

Minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Disarankan untuk minum setidaknya 1,5-2 liter per hari.

7. Kurangi Asupan Garam dan Gula

Batasi asupan garam dan gula. Garam berlebihan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, sedangkan gula berlebihan dapat menyebabkan diabetes dan gangguan kesehatan lainnya.

8. Jaga Tekanan Darah Normal

Jaga tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah normal. Pastikan tekanan darah kurang dari 120/80, total kolesterol kurang dari 200 mg/dL, dan gula darah kurang dari 100 mg/dL.

9. Jaga Berat Badan

Maintain a healthy weight to reduce the risk of heart disease, cancer, diabetes, and other illnesses. Follow the normal BMI (Body Mass Index) range of 18.5-24.9.

10. Jangan Merokok

Jangan merokok, karena tidak ada manfaat kesehatan yang didapat dan menyebabkan risiko berbagai penyakit serius.

Mulailah dengan perubahan kecil dalam gaya hidup Anda seperti konsumsi sayuran dan olahraga ringan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sumber

  1. Eufic. 2017. 10 Cara Hidup Sehat yang Mudah dan Sederhana. [Link]. (Diakses pada 29 April 2020).
  2. Tello, Monique MD, MPH. 2020. 10 Healthy Lifestyle Tips for Adults. [Link]. (Diakses pada 29 April 2020).
  3. WebMD. 2019. Healthy Living: Steps to Take Stock of Your Health. [Link]. (Diakses pada 29 April 2020).

About The Author

7 Khasiat Makan Kurma Muda untuk Berbuka Puasa

Benarkah Daun Sirih Berbahaya untuk Miss V?