Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Wood’s Lamp Exam: Memeriksa Kondisi Kulit dengan Efektif

Myles Bannister

Wood lamp, juga dikenal sebagai lampu wood, adalah sebuah alat yang berguna untuk mendeteksi masalah pada kulit. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai siapa yang perlu menjalani prosedur ini dan peraturan yang berlaku.

Apa itu Wood’s Lamp Test?

Wood’s lamp adalah alat yang menghasilkan sinar ultraviolet berwarna ungu. Sinar ini membantu tenaga medis dalam mendiagnosis berbagai kondisi yang memengaruhi kulit dan rambut, termasuk infeksi jamur, bakteri, kutu rambut, dan ketidakmerataan pigmen kulit.

Kulit yang sehat normal tidak akan bersinar di bawah lampu ini. Namun, jika ada masalah kulit akibat bakteri dan jamur, kulit akan menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Kondisi yang Memerlukan Wood’s Lamp Examination

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat didiagnosis menggunakan metode ini:

1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri akan terlihat sebagai cahaya hijau terang di bawah sinar lampu Wood, terutama infeksi pseudomonas. Infeksi ini umumnya terjadi pada pasien rumah sakit atau dengan luka bakar, dan dapat menyebabkan komplikasi serius yang disebut sepsis.

2. Eritrasma

Eritrasma atau erythrasma adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri bernama Corynebacterium minutissimum. Penyakit ini akan terlihat sebagai warna merah muda di bawah lampu Wood.

3. Kutu rambut

Telur kutu rambut akan terlihat sebagai cahaya warna putih di bawah pemeriksaan lampu Wood. Sedangkan telur yang telah kosong atau menetas akan terlihat sebagai warna abu-abu.

4. Ketidakmerataan pigmen kulit

Wood’s lamp test dapat mendeteksi ketidakmerataan pigmentasi kulit. Kurangnya pigmen akan terlihat sebagai cahaya biru keputihan yang terang, sedangkan kelebihan pigmen akan terlihat lebih gelap dengan garis tepi yang jelas.

5. Pityrosporum folliculitis

Kondisi ini adalah infeksi jamur yang memengaruhi folikel rambut. Jamur ini umumnya ditemukan di dada dan bagian atas punggung pasien. Karena gejalanya mirip dengan jerawat, infeksi ini sulit dideteksi. Warna yang terlihat di bawah lampu Wood adalah hijau kekuningan.

6. Porfiria

Porfiria adalah sekelompok penyakit langka yang memengaruhi kulit dan sistem saraf. Penderita porfiria sangat sensitif terhadap sinar matahari dan rentan mengalami luka bakar. Ketika menjalani wood’s lamp test, kulit penderita akan terlihat merah muda.

7. Kurap

Infeksi jamur yang umumnya menyebabkan bercak merah bulat dengan sensasi gatal. Kurap akan terlihat sebagai cahaya biru-hijau selama pemeriksaan tes ini.

8. Vitiligo

Vitiligo disebabkan oleh gangguan pada sel-sel yang memproduksi melanin, zat yang memberi warna pada kulit. Kondisi ini menyebabkan hilangnya warna kulit dalam bentuk bercak-bercak.

Pada wood’s lamp test, vitiligo akan terlihat dengan garis tepi tajam dan dalam warna biru-putih cerah atau kuning kehijauan.

Poin Penting Lainnya

Wood’s lamp examination adalah pemeriksaan yang cepat, aman, dan tidak menyakitkan.

Siapa yang Bisa Melakukan Tes Ini?

Prosedur ini umumnya dilakukan oleh dokter kulit. Namun, ahli kecantikan juga dapat menggunakan tes ini untuk mengevaluasi tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti perubahan warna, kerutan, dan bintik hitam, sebelum melakukan perawatan kosmetik.

Harap dicatat bahwa ahli kecantikan bukanlah profesional medis yang dapat mendiagnosis kondisi medis, bahkan jika pasien memiliki kondisi tersebut.

Persiapan Sebelum Tes

Kulit pasien harus bersih dan kering sebelum pemeriksaan. Jangan menggunakan parfum, makeup, losion, atau produk perawatan kulit lainnya sebelum pemeriksaan, karena produk-produk tersebut dapat memengaruhi hasil tes.

Waktu Selama Tes

Pemeriksaan dengan lampu Wood harus dilakukan di ruangan yang gelap. Dokter akan menyalakan lampu dan membiarkannya menyala selama sekitar satu menit.

Lampu tersebut akan diarahkan ke rambut dengan jarak sekitar 10-13 cm. Pemeriksaan dilakukan di beberapa area selama beberapa detik. Selama prosedur ini, pasien akan diminta untuk menggunakan kacamata atau goggle khusus untuk melindungi kornea mata dari paparan sinar lampu.

Referensi

  1. Anonim. 2021. What Is a Wood’s Lamp Exam? Sumber: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-is-woods-lamp-exam. Diakses pada 31 Maret 2022.
  2. Etudo, Margaret. 2022. What Is a Wood’s Lamp Exam? Sumber: https://www.verywellhealth.com/what-is-woods-lamp-examination-5212402. Diakses pada 31 Maret 2022.
  3. Kinman, Tricia. 2018. Wood’s Lamp Examination. Sumber: https://www.healthline.com/health/woods-lamp-examination. Diakses pada 31 Maret 2022.

About The Author

11 Cara Move On yang Efektif, Ampuh Lupakan Mantan

6 Tips Meningkatkan Skill Futsal Dasar (Penggemar Futsal Wajib Baca)