Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Waspada, Kuku Bergaris Hitam Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Myles Bannister

Garis hitam pada kuku tidak boleh dianggap sepele karena bisa menandakan kanker melanoma. Memahami penyebabnya sangat penting untuk mengidentifikasi masalah ini sejak dini.

Penyebab Kuku Bergaris Hitam

Kuku bergaris hitam umumnya disebabkan oleh melanonychia linier. Garis-garis ini biasanya muncul pada keturunan Afrika-Amerika yang berusia 20-an ke atas.

Melanonychia linier adalah variasi warna kuku yang normal. Kondisi ini terjadi ketika pigmen melanosit membuat kuku menjadi hitam.

Penyebab lainnya termasuk penggunaan obat tertentu, penyakit tertentu, dan perdarahan di bawah kuku.

Gejala Kuku Bergaris Hitam

Gejala umum kuku bergaris hitam meliputi melanonychia linier, subungual melanoma, dan perdarahan splinter.

1. Melanonychia Linier

Kondisi ini ditandai dengan garis gelap melintang di kuku dengan variasi warna yang berkisar dari hitam sampai cokelat tua atau abu-abu.

2. Subungual Melanoma

Kondisi ini menyebabkan garis pada satu kuku yang melebar seiring waktu. Pigmentasi bisa meluas ke area di mana kuku bertemu dengan kulit.

3. Perdarahan Splinter

Perdarahan ini terlihat seperti garis hitam kecil atau merah tua dan disebabkan oleh luka pada pembuluh darah di dalam kuku.

Diagnosis Kuku Bergaris Hitam

Proses diagnosis dimulai dengan mengetahui riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan menanyakan tentang waktu munculnya garis hitam, perubahan terbaru pada garis kuku, dan adanya trauma pada kuku.

Cara Mengobati Kuku Bergaris Hitam

Kebanyakan penyebab garis hitam di kuku tidak memerlukan perawatan. Namun, jika terdiagnosis melanoma, dokter akan melakukan operasi pengangkatan melanoma dan kulit di bawah kuku. Pada kasus yang parah, dapat dilakukan amputasi jari.

Referensi

  1. Nall, Rachel. 2018. What to know about a black line on the nail. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320687. (Diakses pada 17 Maret 2023).
  2. Cherney, Kristeen. 2017. Subungual Melanoma. https://www.healthline.com/health/subungual-melanoma. (Diakses pada 17 Maret 2023).

About The Author

Radang Sendi: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

10 Cara Menghilangkan Racun dalam Tubuh