Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Batuk Parah, Pria Ini Muntahkan Darah dengan Bentuk Aneh

Myles Bannister

Kondisi kesehatan yang dialami sang pria

Dilansir dari Health, pria ini sedang dirawat di rumah sakit karena palpitasi jantung. Kasus pria ini dilaporkan dalam New England Journal of Medicine karena sangat aneh. Sang pria memiliki kondisi kesehatan kardiovaskular yang jelek dan harus menggunakan alat pacu jantung.

Dirawat di bagian ICU rumah sakit, sang pria terus-menerus batuk dan mengeluarkan darah serta lendir yang tebal, tapi kemudian mengeluarkan gumpalan darah yang membentuk pohon bronkial dari paru-paru bagian kanan. Dokter yang merawat pria ini terkejut dan mencatat bahwa darah ini bisa keluar dalam bentuk yang utuh dan membentuk pohon bronkial paru-paru.

“Kami sangat terkejut. Kasus ini sangat langka,” ungkap dr. George Wieselthaler, ahli bedah dari rumah sakit yang merawat pria ini.

Meski sudah berusaha untuk menolong pria ini dengan memasang tabung pernapasan di tenggorokannya, seminggu kemudian sang pria meninggal karena mengalami komplikasi gagal jantung.

Muntah darah menandakan bahaya kesehatan

Muntah darah termasuk kondisi kesehatan yang serius. Dalam dunia medis, kondisi ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan di bagian lambung, kerongkongan, atau usus.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang ditandai dengan muntah darah.

GERD

Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) lebih sering dianggap sebagai masalah kenaikan asam lambung ke kerongkongan. Jika kondisi ini sudah sering terjadi atau sangat parah, kerongkongan bisa mengalami peradangan yang memicu perdarahan dan menyebabkan muntah darah.

Mimisan

Jika darah masuk ke saluran pernapasan bagian dalam, kita bisa mengeluarkan muntah darah di lain waktu.

Peradangan dinding lambung

Jika lambung mengalami peradangan parah, bisa menyebabkan perdarahan dengan sensasi perih atau nyeri pada lambung. Kondisi ini juga bisa menyebabkan muntah darah.

Varises pada kerongkongan

Varises kerongkongan adalah kondisi di mana pembuluh darah kerongkongan bagian dalam mengalami pembesaran yang bisa menyebabkan muntah darah. Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang hobi minum alkohol.

Keracunan

Jika tanpa sengaja menelan racun, termasuk racun berbahaya seperti arsenik, bisa menyebabkan muntah darah.

Gejala kanker

Beberapa jenis kanker seperti kanker lambung atau kanker kerongkongan menimbulkan gejala muntah darah yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Intususepsi

Intususepsi adalah kondisi masuknya bagian usus ke bagian lain yang bisa berbahaya dan harus ditangani oleh dokter. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gejala muntah darah.

Kelainan darah

Beberapa jenis kelainan darah seperti leukemia, trombositopenia, dan hemophilia juga bisa menyebabkan muntah darah.

Jika mengalami muntah darah, segeralah memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi tanda kondisi kesehatan yang serius.

Jika mengalami muntah darah, segeralah memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi tanda kondisi kesehatan yang serius.

About The Author

6 Sayuran Penurun Asam Urat dan Tips Menurunkan Asam Urat

ISPA: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan