Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bahaya Sinusitis Jika Dibiarkan! Apakah Bisa Jadi Tumor Sinusitis?

Myles Bannister

Membaca terus untuk informasi penting seputar sinusitus, bahaya sinusitis jika dibiarkan, dan informasi terkait.

Apa itu sinusitis?

Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada rongga sinus hidung. Rongga sinus ini terletak di antara sinus maximalis dan sinus frontalis.

Sinusitis terjadi pada bagian hidung dekat pipi dan hidung dekat dahi. Bagian ini mengalami infeksi karena beberapa faktor. Ini adalah bagian hidung yang perlu diwaspadai saat bahaya sinusitis semakin parah.

Apa penyebab sinusitis?

Sinusitis sebenarnya adalah kelanjutan dari infeksi yang terjadi di hidung akibat beberapa faktor. Infeksi hidung yang pada akhirnya menyebabkan sinusitis biasanya disebabkan oleh alergi, virus, dan bakteri.

Orang-orang tertentu memiliki alergi terhadap berbagai faktor seperti debu, cuaca, bulu hewan, serbuk bunga, dan lainnya. Alergen ini menyebabkan reaksi alergi pada orang tersebut.

Reaksi alergi ini pada akhirnya menyebabkan infeksi pada rongga sinus. Jika Anda memiliki alergi tertentu, tidak perlu terlalu khawatir karena penyebab sinusitis yang umum biasanya bukan alergi. Namun, penderita alergi harus tetap waspada terhadap bahaya sinusitis.

Banyak kasus sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri seperti Streptococcus pneumoniae dan Haemophillus influenzae sering menyebabkan infeksi sinusitis. Ada juga jamur seperti Aspergillus yang menginfeksi hidung.

Proses terjadinya sinusitis

Sinusitis dimulai ketika daya tahan tubuh tidak mampu melawan virus penyebab pilek atau virus lainnya. Hal ini menyebabkan aliran cairan hidung di sinus terhambat.

Bakteri tertentu yang ada dalam hidung berkembang biak dan masuk ke dalam sinus, menyebabkan peradangan yang disebut sinusitis akut. Sinusitis akut ini dapat berkembang menjadi jenis sinusitis lainnya.

Tipe sinusitis

Sinusitis umumnya dimulai dengan tipe sinusitis akut. Namun, ada tipe sinusitis lainnya seperti sinusitis subakut, sinusitis kronis, dan sinusitis alergis atau hiperplastik.

Gejala sinusitis

Sinusitis dapat dikenali melalui beberapa gejala yang sering terjadi. Beberapa gejala sinusitis yang umum meliputi:

  1. Hidung tersumbat
  2. Mengalirnya cairan hidung ke kerongkongan
  3. Produksi cairan hidung atau ingus berlebihan
  4. Nanah di rongga sinus, menyebabkan ingus nanah
  5. Mata merah dan berair
  6. Sering bersin
  7. Sakit kepala atau pusing
  8. Nyeri pada area sinus
  9. Nafas berbau tidak sedap
  10. Penurunan indra penciuman

Tidak semua gejala ini akan terjadi. Gejala sinusitis bervariasi tergantung pada jenis infeksinya. Tidak semua gejala perlu Anda alami, tetapi beberapa gejala tersebut dapat menjadi tanda adanya sinusitis.

Bahaya sinusitis jika dibiarkan

Sinusitis yang tidak diobati dapat berkembang menjadi tipe sinusitis subakut. Jika dibiarkan terus-menerus, tipe ini dapat meningkat menjadi sinusitis kronis yang lebih berbahaya.

Sinusitis kronis terjadi ketika sinusitis berlangsung selama 3 bulan. Bahaya sinusitis kronis yang tidak segera diobati dapat menyebabkan masalah medis yang melibatkan hidung, mata, kepala, dan otak.

Sinusitis yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi mata, yang dapat menyebabkan mata merah, bengkak, gangguan koordinasi bola mata, dan masalah penglihatan.

Bahaya sinusitis juga dapat mempengaruhi kelopak mata, yang dapat menyebabkan kelopak mata turun akibat infeksi pembuluh darah di sekitar mata.

Jika sinusitis tidak diobati, tulang di dahi dapat terinfeksi, menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, demam, dan sensitivitas terhadap cahaya.

Bahaya lainnya adalah terjadinya meningitis ketika infeksi sinusitis menyebar ke selaput yang melindungi otak.

Selain itu, sinusitis yang tidak diobati dapat berkembang menjadi kanker sinus atau tumor sinusitis ganas.

Bahaya ini sangat serius dan dapat mengancam nyawa. Oleh karena itu, segera obati sinusitis jika Anda mengalaminya. Jangan mengabaikan dan menunggu kondisi menjadi parah.

Cara mengatasi sinusitis rumahan

Jika Anda curiga mengalami infeksi sinus, segera konsultasikan dengan dokter. Namun, jika Anda tidak ingin segera pergi ke dokter, ada beberapa cara mengatasi sinusitis yang dapat dilakukan di rumah.

Berikut adalah dua cara mengatasi sinusitis dengan bahan herbal:

1. Ramuan herbal (diminum)

Bahan:

  • 10 gram sambiloto kering
  • 20 gram kunyit
  • 20 gram jahe
  • 90 gram daun lidah buaya, dikupas

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Rebus bahan dengan 700 cc air sampai terdapat 300 cc air yang tersisa
  3. Saring air yang tersisa
  4. Minum air ramuan ini 2 kali sehari

2. Ramuan herbal (tetes hidung)

Bahan:

  • Daun sambiloto kering (secukupnya)

Cara membuat:

  1. Cuci bersih daun sambiloto kering
  2. Haluskan atau peras dengan air matang
  3. Saring airnya
  4. Teteskan 2-3 tetes ke lubang hidung

Sumber:

  1. Ni Luh Indrawati, S.Farm., Apt & Razimin, S.Si. Apt. 2013. Bawang Dayak: Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit. Jakarta: AgroMedia
  2. Prof H. Hembing W. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit. Jakarta: Pustaka Bunda
  3. Redaksi AgroMedia. 2008. 273 Ramuan Tradisional. Jakarta: AgroMedia

About The Author

Sebelum Sedot Lemak (Liposuction), Ketahui 13 Efek Sampingnya!

Penyebab Kulit di Tangan Mengelupas dan Terasa Tidak Nyaman