Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Banyak Makan Pisang Bisa Bikin Sakit Kepala?

Myles Bannister

Kaitan Antara Makan Pisang dengan Sakit Kepala

Pisang dikenal luas sebagai salah satu buah yang baik bagi kesehatan. Kandungan serat yang tinggi menjaga porsi makan agar tidak berlebihan, sekaligus menjadi camilan sehat yang membantu menjaga berat badan. Namun, tidak boleh mengonsumsi pisang secara berlebihan.

Sebagian orang mengalami sakit kepala atau migrain setelah makan pisang dalam jumlah banyak karena adanya kandungan asam amino tirosin di dalam buah ini.

Asam amino tirosin menjadi tyramine setelah masuk ke dalam tubuh. Terlalu banyak tyramine meningkatkan risiko sakit kepala atau migrain. Pisang yang sangat matang memiliki kandungan tyramine yang tinggi. Meskipun rasanya sangat manis, mengonsumsinya secara berlebihan akan memiliki dampak ini.

Selain pisang, beberapa makanan sehat lain seperti cokelat dan alpukat juga memiliki kandungan tyramine yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Kandungan ini juga bisa ditemukan di dalam minuman beralkohol.

Mengonsumsi pisang dengan berlebihan juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal pada mulut. Dampak lain yang mungkin terjadi adalah diare atau perut kembung.

Batasan Makan Pisang

Meski masih menjadi perdebatan pakar kesehatan, disarankan untuk membatasi konsumsi pisang maksimal dua buah setiap hari. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan efek buruk seperti sakit kepala dan peningkatan denyut jantung.

Beberapa Dampak Lain yang Bisa Didapatkan Jika Terlalu Banyak Makan Pisang

Pisang mengandung kalium dan potasium yang tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa memiliki dampak kesehatan berikut:

Membuat Kita Mudah Mengantuk

Kandungan tritofan dan magnesium di dalam pisang membuat kita lebih mudah mengantuk dan tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak setiap hari, tubuh akan mudah mengantuk sepanjang hari.

Bisa Mengacaukan Kadar Gula Darah

Kandungan gula alami yang tinggi di dalam pisang bisa mengacaukan kadar gula darah bagi orang dengan diabetes atau pre-diabetes.

Bisa Menyebabkan Hiperkalemia

Mengonsumsi pisang dengan berlebihan bisa menyebabkan asupan kalium yang berlebihan atau hiperkalemia. Hal ini bisa menyebabkan denyut jantung tidak beraturan, lemah otot, dan tekanan darah yang tidak normal.

Sumber:

  1. Blumberg, Perry. 2016. Banana Hangovers? Surprising Headache Triggers You Didn’t Know About.com/headaches/banana-hangovers-the-surprising-headache-trigger-you-dont-know-about/. (Diakses pada 5 November 2019).

About The Author

11 Penyebab Bayi Menangis Terus dan Cara Menenangkannya

6 Latihan Full Body untuk Kesehatan Tubuh