Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tanda Wanita Kekurangan Hormon Progesteron

Myles Bannister

Tubuh wanita normalnya memproduksi hormon progesteron selama siklus ovulasi melalui ovarium dan kelenjar adrenal. Jika tubuh tidak menghasilkan hormon progesteron yang cukup, ini bisa memicu masalah lain.

Progesteron rendah bisa disebabkan oleh disfungsi hati, stres, diet, obat-obatan tertentu, dan kurangnya olahraga.

Gejala Kekurangan Hormon Progesteron

Gangguan hormon ini awalnya ditandai dengan berat badan yang tak terkendali, retensi air, dan kekeringan vagina. Namun, seiring berjalannya waktu, gejala yang lebih mengganggu muncul seperti serangan panik, depresi, migrain, masalah gula darah, dan siklus haid yang tidak normal.

Rendahnya kadar hormon progesteron meningkatkan risiko serangan kanker, tumor fibroid, osteoporosis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Kekurangan progesteron juga dapat menyebabkan infertilitas, keguguran, disfungsi tiroid, kerontokan rambut, penipisan kulit, dan kerutan pada kulit karena hilangnya hidrasi.

Gejala lainnya termasuk Alzheimer, ketidakmampuan menangani stres, nyeri tubuh, dan rasa sakit. Rasa nyeri disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang rendah yang merusak selubung myelin yang melindungi sel saraf.

Manfaat Hormon Progesteron bagi Wanita

Jika wanita memahami fungsi hormon progesteron, mereka dapat lebih memahami mekanisme tubuh mereka. Berikut adalah beberapa peran penting progesteron dalam kehidupan manusia.

Sistem reproduksi

Progesteron, yang juga disebut hormon kehamilan, memiliki peran penting dalam pertumbuhan janin, di antaranya:

  1. Selama menyusui, progesteron mempersiapkan tubuh untuk produksi ASI.
  2. Jika pembuahan tidak terjadi, menstruasi akan dimulai dengan penurunan kadar hormon progesteron.
  3. Progesteron mempersiapkan rahim untuk tumbuhnya janin. Hormon ini juga mencegah sperma masuk sebelum waktunya dengan mengubah lendir leher rahim dan sel epitel vagina.
  4. Progesteron mengurangi respons imun selama pembuahan untuk mempersiapkan kehamilan.

Sistem saraf

Hormon progesteron mendukung perkembangan neuron otak dan melindungi jaringan otak dari kerusakan. Hormon ini juga membantu pemulihan cedera otak dengan mengurangi peradangan dan mencegah kematian sel.

Selain beberapa fungsi di atas, hormon progesteron juga berperan dalam normalisasi pembekuan darah, kadar oksigen dalam sel, kadar tembaga dan seng, serta tonus pembuluh darah.

Progesteron juga dapat mencegah kanker endometrial dengan mengatur efek estrogen, serta berperan dalam fungsi pankreas dan pelepasan insulin. Pada pria, progesteron dapat mempengaruhi sikap pria terhadap bayi.

Manfaat Progesteron Buatan

Progesteron buatan dapat diberikan secara oral, suntikan, atau dalam bentuk gel. Berikut adalah beberapa fungsi progesteron buatan secara medis:

  • Sebagai gel, progesteron dapat digunakan untuk mengatasi ketiadaan menstruasi pada wanita sebelum menopause.
  • Pada wanita hamil, penggunaan gel progesteron pada vagina dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.
  • Progesteron dapat diberikan kepada wanita yang sering mengalami keguguran karena kekurangan progesteron.
  • Progesteron membantu meluruhkan lapisan endometrial yang tebal pada wanita dengan menstruasi terlambat.
  • Progesteron dapat digunakan dalam siklus menstruasi untuk mengatasi epilepsi katamenial, yaitu kondisi neurologis kronis akibat kejang yang terkait dengan siklus menstruasi.

Gunakan obat progesteron sesuai dengan petunjuk dokter atau kemasan. Periksakan diri secara berkala saat menggunakan progesteron agar kondisi dapat terkontrol.

Jika Anda ingin mengonsumsi obat hormon progesteron, berhati-hatilah terutama jika Anda memiliki gangguan ginjal, deep vein thrombosis, gangguan hati, gangguan jantung, asma, emboli paru, migrain, hipertensi, epilepsi, diabetes melitus, atau depresi.

About The Author

7 Bahaya Mencium Bayi Baru Lahir, Bisa Tularkan Banyak Penyakit!

Komorbid: Pengertian, Jenis, dan Penanganannya