Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bahaya yang Mengancam Berhubungan Intim saat Haid

Myles Bannister

Bahaya Berhubungan Saat Haid

Menurut pakar seksualitas, berhubungan seks saat haid bisa merugikan kesehatan, baik wanita maupun pria. Berikut beberapa akibat berhubungan saat haid bagi pria dan wanita:

1. Penyakit Menular Seksual

Risiko tertular penyakit menular seksual meningkat saat berhubungan saat haid karena leher rahim terbuka, memudahkan masuknya kuman dan bakteri. Hubungan saat menstruasi berisiko tertular hepatitis dan HIV.

2. Infeksi

Normalnya, dinding vagina membengkak saat menstruasi, yang berpotensi menyebabkan infeksi saluran kencing, sperma, dan prostat pada pria. Berhubungan saat haid juga memperburuk gejala infeksi jamur.

Aliran darah haid membawa virus dan patogen, meningkatkan kerentanan perempuan terhadap infeksi. Darah haid juga meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Bahaya berhubungan saat haid juga meningkatkan risiko infeksi serviks dan uterus.

3. Endometriosis

Berhubungan saat haid bisa menyebabkan aliran balik darah haid ke saluran indung telur dan dinding perut, yang dapat menyebabkan endometriosis pada pria dan wanita.

4. Sudden death

Gerakan penis saat berhubungan seks dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan kematian mendadak akibat gelembung udara yang masuk ke dalam pembuluh darah.

5. Iritasi kulit

Hubungan saat haid juga bisa menyebabkan iritasi kulit dan peradangan, meningkatkan risiko infeksi. Darah haid juga dapat mengurangi efek pelumas alami dan buatan, meningkatkan risiko kulit robek dan penyakit kelamin.

Tips Berhubungan Intim saat Haid

Jika terlanjur ingin berhubungan saat haid, beberapa hal yang harus diperhatikan:

Tunda saat darah haid mengalir deras

Tunda berhubungan saat darah haid mengalir deras seperti hari pertama atau kedua, atau gunakan alas handuk.

Gunakan kondom wanita

Selain menunda saat haid deras, gunakan kondom wanita untuk mengurangi aliran darah saat berhubungan.

Bercinta di bawah pancuran air

Bercinta di bawah pancuran air adalah pilihan yang tepat, tetapi cermati darah agar tidak mengganggu aktivitas bercinta.

Akibat berhubungan saat haid harus dipertimbangkan karena risiko infeksi yang tinggi. Banyak pakar menyarankan menunda hubungan saat haid hingga kondisi organ intim benar-benar bersih.

About The Author

Penyebab dan Cara Mengatasi Kista Ateroma

3 Resep Es Krim Buah yang Sehat dan Enak