Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bactesyn – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Penjelasan ini berisi informasi tentang sediaan, kandungan, harga, manfaat, indikasi, kontraindikasi, dosis, efek samping, dan harga obat Bactesyn.

Rangkuman Informasi Obat Bactesyn

Nama Bactesyn
Golongan Obat Antibakteri » Penisilin » Penisilin Spektrum Luas
Bentuk Sediaan Tablet dan serbuk injeksi
Kandungan Sultamisilin (oral) dan Ampisilin + Sulbaktam (injeksi)
Manfaat Mengobati beberapa jenis penyakit infeksi karena bakteri tertentu
Indikasi Penggunaan Infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernapasan, dan lainnya
Kontraindikasi Hipersensitivitas terhadap penisilin
Cara pakai Diminum atau diinjeksi
Dosis 2x sehari (Bactesyn oral)
Efek samping Reaksi alergi, diare, dispnea, syok anafilaksis, dan lainnya
Harga Rp250.000/ strip dan Rp40.000-125.000 (injeksi)

Bentuk Sediaan Bactesyn

Bactesyn memiliki dua jenis bentuk sediaan, yaitu oral dan parenteral. Obat Bactesyn oral tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 375 mg per tablet.

Pada sediaan parenteral, antibiotik ini tersedia dalam bentuk serbuk injeksi. Bactesyn 750 injeksi adalah obat Bactesyn dalam bentuk injeksi dengan dosis 750 mg per vial. Ada juga Bactesyn injeksi dengan dosis 1500 mg per vial. Penyimpanan Bactesyn harus dilakukan dengan hati-hati. Simpanlah Bactesyn di dalam lemari yang terkunci dan di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Kandungan Bactesyn

Bactesyn oral mengandung bahan aktif sultamisilin, sementara Bactesyn injeksi mengandung kombinasi ampisilin dan sulbaktam.

Cara kerja ampisilin kombinasi sulbaktam adalah dengan menghambat pembentukkan enzim yang sangat diperlukan oleh bakteri untuk kelangsungan hidupnya.

Manfaat Bactesyn

Bactesyn oral digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi gonococcal, dan lainnya. Bactesyn injeksi dapat digunakan untuk mengobati eksaserbasi bronkitis kronis, infeksi telinga bagian tengah, infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernapasan atas dan bawah, infeksi mulut, listerial meningitis, dan lainnya.

Indikasi Bactesyn

Penggunaan Bactesyn hanya boleh dilakukan jika ada indikasi medis yang telah ditentukan oleh dokter. Bactesyn dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi pyelonephritis, infeksi gonococcal, eksaserbasi bronkitis kronis, infeksi telinga bagian tengah, dan infeksi lainnya.

Kontraindikasi Bactesyn

Bactesyn tidak boleh digunakan oleh penderita yang memiliki hipersensitivitas terhadap penisilin.

Peringatan Penggunaan Obat Bactesyn

Penggunaan Bactesyn perlu diperhatikan pada penderita dengan gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, diare karena Clostridium difficile, superinfeksi, ibu menyusui, dan neonatus. Penggunaan Bactesyn juga perlu diperhatikan pada penderita dengan gangguan ginjal, leukimia limfositik, ruam eritematous, pemakaian dosis tinggi, ibu menyusui, dan bayi baru lahir.

Keamanan penggunaan Bactesyn pada ibu hamil belum diketahui. Perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Bactesyn.

Dosis Bactesyn

Dosis Bactesyn oral untuk orang dewasa adalah 2 kali sehari selama 5-14 hari. Pada anak-anak dengan berat badan kurang dari 30 kg, dosisnya adalah 25 – 50 mg/kg/hari dalam 2 dosis terbagi. Pada anak-anak dengan berat badan lebih dari 30 kg, dosisnya sama dengan dosis untuk orang dewasa.

Dosis Bactesyn injeksi untuk orang dewasa adalah 500 mg setiap 4-6 jam secara injeksi intramuskular atau intravena. Pada anak-anak di bawah 10 tahun, dosisnya adalah setengah dari dosis untuk orang dewasa.

Efek Samping Bactesyn

Efek samping Bactesyn oral dapat berupa reaksi alergi, diare, dispnea, syok anafilaksis, reaksi anafilaktoid, glositis, stomatitis, dan kelainan darah. Efek samping Bactesyn injeksi dapat berupa mual, muntah, diare, ruam, dan bengkak pada area injeksi.

Harga Bactesyn

Bactesyn oral dijual dengan harga Rp250.000 per strip yang berisi 10 tablet. Harga Bactesyn 750 injeksi berkisar antara Rp40.000-75.000 per pcs, sedangkan harga Bactesyn 1500 injeksi adalah Rp125.000 per pcs.

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Penisilin Spektrum Luas. http://pionas.pom.go.id/ioni/bab-5-infeksi/51-antibakteri/511-penisilin/5113-penisilin-spektrum-luas [diakses pada 17 Mei 2019]

About The Author

Penyebab dan Cara Mengobati Rematik

7 Arti Logo Daur Ulang Plastik Makanan