Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makanan dan Minuman untuk Atasi Radang Tenggorokan

Myles Bannister

Jika mengalami radang tenggorokan yang berkelanjutan, selain mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter, Anda juga dapat mencoba beberapa makanan yang dapat meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan, seperti:

Pisang

Tekstur lembut pisang mudah ditelan dan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, pisang kaya akan vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang diperlukan oleh tubuh.

Madu

Madu mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Madu memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antioksidan yang bisa meredakan peradangan dan membantu menyembuhkan luka. Madu juga dapat mempercepat penyembuhan pada radang tenggorokan.

Teh

Zat antiradang, antioksidan, dan zat astringen dalam teh chamomile dapat meredakan gejala radang tenggorokan dan flu. Teh juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan. Selain teh chamomile, Anda juga dapat mengonsumsi teh hangat lainnya untuk mengobati dan memberikan kenyamanan pada tenggorokan.

Sayuran

Kandungan nutrisi yang baik pada wortel, kol, dan kentang dapat mempercepat penyembuhan. Sayuran tersebut dapat diolah dengan direbus atau dibuat menjadi kuah.

Jahe dan kunyit

Kunyit dan jahe memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang berguna untuk meredakan gejala flu, termasuk radang tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi kunyit dan jahe sebagai minuman hangat atau campuran dalam teh hangat.

Sup ayam

Penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu membersihkan saluran udara, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

Air garam

Berkumur dengan air garam tidak hanya meredakan gejala radang tenggorokan, tetapi juga membunuh bakteri, mengurangi pembengkakan dan iritasi pada tenggorokan, serta menjaga kebersihan tenggorokan. Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, lalu berkumurlah dan pastikan jangan menelan air garam. Lakukan ini sesuai kebutuhan Anda.

Telur

Anda dapat memasak telur orak-arik atau menikmati putih telur rebus. Selain kandungan protein yang tinggi, telur juga mudah ditelan dan dapat meredakan radang tenggorokan dengan cepat.

Selain makanan dan minuman tersebut, terdapat juga beberapa jenis obat-obatan dengan atau tanpa resep dokter yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan. Obat pereda sakit, seperti ibuprofen dan parasetamol, umumnya direkomendasikan untuk mengatasi sakit tenggorokan, terutama jika disertai demam dan terjadi pada anak-anak.

Makanan Yang Harus Dihindari

Setelah mengetahui makanan-makanan yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan, seperti:

  • Makanan ringan, seperti keripik kentang atau jagung.
  • Kopi, minuman bersoda, dan minuman beralkohol.
  • Makanan pedas.
  • Biskuit dan roti kering.
  • Jeruk, lemon, jeruk nipis, tomat, dan anggur.

Selain menghindari makanan dan minuman yang dapat mengiritasi tenggorokan, berhenti merokok juga dapat membantu dalam proses penyembuhan karena rokok dapat membuat tenggorokan semakin kering dan teriritasi.

Jadi, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat serta menghindari yang dapat memperburuk gejala, Anda dapat membantu mengatasi radang tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhan.

About The Author

Penyakit GBS (Guillain-Barre Syndrome): Gejala, Penyebab, Diagnosis, dll

Dampak Kekerasan pada Anak: Timbulkan Masalah Fisik hingga Mental