Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

9 Manfaat Konsumsi Ikan Secara Rutin!

Myles Bannister

Kandungan Ikan

Untuk mengetahui manfaat ikan laut, Anda perlu mengenal kandungannya. Manfaat ikan laut bergantung pada kandungan nutrisinya. Salah satu kandungan yang sangat baik untuk tubuh adalah asam lemak omega-3. Ikan laut mengandung omega-3 dalam bentuk EPA dan DHA, yang penting untuk otak.

Ikan laut juga mengandung protein tinggi dan mudah dicerna, serta mengandung asam amino yang baik untuk tubuh.

Ikan juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, B6, B12, dan D, serta mineral seperti zat besi, selenium, zinc, yodium, dan fluor.

Manfaat Ikan Laut untuk Kesehatan

Ikan memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat ikan laut yang penting.

1. Baik untuk pertumbuhan

Ikan laut mengandung DHA dan EPA yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata. Oleh karena itu, konsumsi ikan laut selama kehamilan sangat disarankan untuk membantu perkembangan anak.

2. Mencegah asma pada anak

Konsumsi ikan laut yang tinggi dapat mengurangi risiko asma pada anak. Namun, pengaruhnya pada orang dewasa belum signifikan.

3. Menjaga kesehatan jantung

Ikan laut membantu menjaga kesehatan jantung karena mengandung omega-3. Omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

4. Menjaga fungsi otak

Menyantap ikan secara rutin dapat memperlambat penurunan kemampuan kognitif. Ikan kaya akan grey matter di otak, yang mengatur emosi dan memori.

5. Mengatasi depresi

Konsumsi ikan laut dapat mencegah dan membantu mengobati depresi. Ikan kaya akan omega-3 yang dapat meningkatkan efek antidepresan.

6. Menurunkan risiko diabetes tipe 1

Ikan laut membantu menurunkan risiko diabetes tipe 1 dan penyakit autoimun lainnya karena mengandung omega-3 dan vitamin D.

7. Menjaga kesehatan mata

Ikan laut dapat menurunkan risiko degenerasi makula pada orang tua. Wanita yang mengonsumsi ikan laut memiliki risiko lebih rendah untuk terkena degenerasi makula.

8. Sumber vitamin D

Ikan laut adalah sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin D. Vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang dan tidur yang baik.

9. Menurunkan kolesterol

Ikan laut dengan kandungan asam lemak omega-3 dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Konsumsi Ikan yang Baik

Jika Anda alergi terhadap ikan laut, Anda masih dapat mengonsumsi ikan air tawar seperti ikan nila, mujair, lele, patin, dan gabus. Perhatikan juga cara pengolahan ikan, sebaiknya ikan dikukus atau dipanggang daripada digoreng. Hindari konsumsi ikan mentah terlalu sering terutama jika Anda sedang hamil. Mengonsumsi ikan laut atau ikan air tawar secara rutin akan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan Anda. Yuk, mulai konsumsi ikan secara rutin sekarang!

About The Author

Pahami Stadium Kanker Otak dari Awal hingga Akhir

Hernia Epigastrik: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan